Iklan

Pesan Dewan Pakar Nasdem dan Surat Pengunduran Diri Amsakar Ahmad

Selasa, Mei 14, 2024 WIB Last Updated 2024-05-14T00:17:00Z
Advertisement
Logo Partai Nasdem.

Batam, pelitatoday.com - Sekretaris Dewan Pakar DPW Partai Nasdem Kepri, Syamsul Paloh merespons polemik soal penjaringan bakal calon Wali Kota Batam 2024.


Menurut Syamsul, tim penjaringan partai dibawah kepemimpinan dan binaan Surya Paloh tersebut tidak pernah membeda-bedakan perlakuan bagi para bakal calon yang akan maju dalam Pemilihan Wali Kota (Pilwako) Batam mendatang.


Sehingga, dirinya menyayangkan apabila Tim Amsakar Achmad malah memutarbalikkan keadaan terkait proses yang berlangsung.


"Tim sudah menjelaskan bahwa sesuai ketentuan, pengambilan dan penyerahan formulir atau berkas pendaftaran harus dilakukan langsung oleh calon yang bersangkutan. Karena tidak hadir, kami minta hari Senin (13/5/2024) nanti untuk datang dan menerima pendaftarannya" jelas Syamsul, Sabtu (11/5/2024).


Di samping itu, Syamsul juga meminta agar Tim Amsakar Achmad tidak menghembuskan isu yang malah berpotensi memecah belah internal Partai Nasdem.


Sehingga, cara-cara tersebut dapat merusak elektabilitas Partai Nasdem pada Pilwako Batam nanti.


"Saya tegaskan,Tidak pernah ada kalimat penolakan. Akan tetapi, pihak mereka malah menggiring opini berlebihan ke media. Ini dapat memecah belah kader," tambahnya.


Syamsul pun mengajak kepada seluruh kader Partai dan elemen di masyarakat untuk tidak terprovokasi dengan pemberitaan yang menyudutkan Tim Penjaringan Partai Nasdem tersebut.


Mengingat, banyak oknum yang justru memanfaatkan situasi ini untuk menjatuhkan Partai Nasdem ke depannya.


"Mari kita lebih cermat lagi dalam menyerap informasi. Lebih waspada dan berhati-hati agar persatuan dan kesatuan kita tetap terjaga," pungkasnya. 


Perlu diketahui, Ketua Tim Relawan Amsakar Achmad, M. Nur bersama rombongan mendatangi kantor DPW Kepri bermaksud ingin. Mengambil formulir pendaftaran Amsakar Ahmad sebagai Calon Wali Kota Batam.


“Kami datang untuk pengambilan formulir pendaftaran pencalonan untuk Amsakar Achmad yang akan maju sebagai Walikota Batam Periode 2024 – 2029 di Pilkada mendatang, mengingat hari ini hari terakhir pembukaan pencalonan, khususnya di Partai NasDem,” kata M. Nur saat konferensi persnya seusai keluar dari kantor DPW Partai NasDem Kepri.


Menurut M. Nur, tidaklah sulit untuk pendaftaran pencalonan beliau karena masih diakui oleh Partai NasDem Kepri dan Kota bahwa Amsakar Achmad masih Ketua DPD Partai NasDem dan Anggota Partai NasDem Kota.


“Kita berharap sebenarnya, pencalonannya Bg Am (Amsakar Achmad) tidak perlu lagi mendaftar karena dialah kader internal partai yang sudah memenuhi syarat. Pendaftaran pencalonan juga tidak hanya di tingkat DPW Partai NasDem Kepri tapi bisa juga langsung ke DPP Partai NasDem,” tegasnya mengakhiri. 


Sementara itu, Ketua Penjaringan DPW Partai NasDem Kota, Suhadi menyampaikan jika pengambilan formulir pendaftaran pencalonan Amsakar Achmad harus yang bersangkutan.


“Untuk pengambilan formulir pendaftaran pencalonan untuk beliau (Amsakar Achmad) diperlakukan khusus sekalipun pendaftaran pencalonan ditutup pada hari ini Jum’at (10/05),” kata Suhadi saat menerima Tim Relawan Amsakar Achmad di Kantor DPW NasDem Kepri.


“Kan beliau masih bagian dari kita. Masih Ketua DPD Partai NasDem Kota, mohon maaf kami belum bisa memberikannya,” lanjutnya lagi.


Lebih lanjut, Suhadi mengatakan jika penerimaan pencalonan Amsakar Achmad sebagai Calon Walikota Batam Periode 2024 – 2029 masih ada ruang khusus dan kita tunggu itu.


“Mohon diinformasikan kepada beliau untuk datang pada Senin besok (13/05/2024). Kita masih menerima, khusus untuk beliau saja,” cetusnya.


Terpisah, Amsakar Ahmad mengaku masih menimbang kemungkinan dirinya mengambil langsung formulir pendaftaran di Kantor DPW NasDem Kepri yang terletak di kawasan Pasir Putih, Kota Batam.


Meski begitu, ia telah menginstruksikan timnya untuk mengambil formulir pendaftaran di beberapa partai politik lain.


“Saya hanya menelepon Nur (Ketua tim relawan Amsakar Achmad) untuk mengambil formulir di Nasdem, mengingat waktu yang terbatas. Karena pada saat yang bersamaan kemarin saya harus persiapan acara aqiqah cucu saya,” ujar Amsakar kepada wartawan. Sabtu (11/5/24).


Dari informasi timnya, Amsakar menyampaikan bahwa 13 Mei ini masih terbuka ruang untuknya mengambil formulir penjaringan di Partai NasDem.


“Kalau banyak kesibukan kemungkinan saya tidak bisa datang. Tapi kalau saya datang, saya berharap tidak perlu disikapi secara berlebihan soal hal tersebut,” ujarnya.


Menurutnya, hal terpenting saat ini menjaga kondusifitas, karena baginya pengambilan formulir penjaringan tersebut merupakan hal yang sederhana dan tidak perlu dipersoalkan.


“Tim saya sudah mengambil formulir di tiga partai yakni PAN, PKN dan Hanura,” kata Amsakar.


Amsakar juga menyatakan niatnya untuk berkomunikasi dengan DPP NasDem dan tim penjaringan NasDem di tingkat DPW dalam waktu dekat. Namun, jika dirinya tidak dapat hadir secara langsung, Amsakar berencana mendaftar secara langsung melalui DPP NasDem.


“Itupun kalau DPP membuka pendaftaran. Kalau sekiranya memang punya kesempatan, Insyallah saya hadir, dan kehadiran saya nanti kemungkinan yang menemani saya hanya beberapa orang saja, ini masih opsional,” ucapnya.


“Tapi saya pikir ini tidak menjadi sebuah persoalan. Barangkali kalau mencermati apa yang disampaikan Suhadi, di momentum itu yang akan dipertemukan. Saya sebagai Ketua DPD yang hari ini masih menjabat, barangkali ada perlakuan yang berbeda lah dari tim penjaringan. Masih banyak hal yang kita perbincangkan lagi soal ini,” sambungnya.


Surat pengunduran diri Amsakar Ahmad yang ditujukan kepada Ketum Partai Nasdem per-tanggal 15 April 2024 yang beredar luas.

Ditanyakan lebih lanjut soal surat pengunduran dirinya sebagai anggota dan ketua DPD Partai NasDem Kota Batam yang sempat beredar luas di aplikasi perpesanan Whatsapp, Amsakar memilih untuk irit bicara.


“Sampai hari ini saya masih anggota dan Ketua DPD Partai NasDem. Oleh sebab itu, saya tegak lurus dengan kebijakan partai,” ucapnya.


Sementara saat ditanyakan soal optimisme dirinya bisa mendapatkan dukungan dari NasDem, Amsakar hanya menjawab dinamis.


“Soal itu, waktu yang akan menjawabnya,” ucap Amsakar singkat. (Red/Dilansir dari Berbagai Sumber)

Advertisement

  • Pesan Dewan Pakar Nasdem dan Surat Pengunduran Diri Amsakar Ahmad

Berita Lainnya

- Advertisement -

Ads x