Iklan

DPRD Kota Tangerang Gelar Rapat Paripurna Soal Pengantar LKPJ dan Pansus LKPJ Walikota Tangerang

Selasa, Maret 28, 2023 WIB Last Updated 2023-03-28T09:12:11Z
Advertisement
DPRD Kota Tangerang gelar rapat paripurna pengantar LKPJ tahun 2022. 

Kota Tangerang, pelitatoday.com - DPRD Kota Tangerang menggelar Rapat Paripurna menyampaikan pengantar LKPJ tahun 2022 oleh Walikota Tangerang, sekaligus pembentukan Pansus LKPJ Kepala Daerah Tahun 2022, Senin (27/3/2023) di ruang rapat utama Paripurna DPRD Kota Tangerang.


Dalam rapat itu, Ketua DPRD Kota Tangerang rapat, Gatot Wibowo didampingi oleh wakil-wakil ketua dan anggota DPRD Kota Tangerang, staf ahli, asisten dan dihadiri oleh pimpinan OPD di lingkungan Pemerintah Kota Tangerang dan Sekwan DPRD Kota Tangerang.


Rapat paripurna ini digelar untuk akuntabilitas dan transparansi penyelenggaraan tugas dan kewajiban Kepala Daerah, sesuai dengan amanat Pasal 69 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014.


"Kepala Daerah berkewajiban menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) kepada DPRD sebagai representatif masyarakat di daerah," kata Gatot Wibowo saat membuka rapat.


Ketua DPRD Kota Tangerang, Gotot Wibowo memimpin langsung rapat paripurna penyampaian LKPJ tahun 2022.

Menurut Gatot Wibowo, LKPJ disampaikan kepada DPRD setiap tahunnya, paling lambat 3 bulan setelah berakhirnya tahun anggaran.


“LKPJ ini digunakan sebagai bahan evaluasi atas kinerja Kepala Daerah selama satu tahun anggaran,” tambahnya.


Lebih jauh dikatakan Gatot, sesuai dengan ketentuan Pasal 15 Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2019, muatan LKPJ mencakup penyelenggaraan urusan pemerintahan menjadi kewenangan Pemerintah Daerah, pelaksanaan tugas pembantuan serta kepatuhan Kepala Daerah.


"Dalam menjalankan dan menindaklanjuti rekomendasi DPRD terhadap perbaikan dan penyelenggaraan pemerintahan daerah yang diberikan dari pembahasan LKPJ tahun sebelumnya," sambungnya.


Ketua DPRD Kota Tangerang saat melakukan konferensi pers terkait rapat paripurna penyampaian LKPJ tahun 2022.

Lanjut Gatot, LKPJ Kepala Daerah, Kota dan Kabupaten Tahun 2022, merupakan LKPJ tahun kedua dari Walikota Tangerang masa jabatan Tahun 2019-2024 dan sampai berakhirnya masa jabatannya, akan terdapat 2 (dua) LKPJ lagi yang akan disampaikan kepada DPRD.


"Sementara dikatakan Gatot, berhubung tidak adanya lagi LKPJ akhir masa jabatan sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2019, maka LKPJ tahunan ini nanti akan menjadi akumulasi penilaian kinerja Walikota dan Wakil Walikota diakhir masa jabatannya," ungkap nya.


Selain itu dikatakan Gatot, DPRD sebagai institusi melakukan pengawasan terhadap penyelenggaraan pemerintahan daerah, perlu melihat secara lebih tajam kinerja Walikota dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya sebagai Walikota Tangerang.


Gatot menyampaikan bahwa banyak indikator dan variabel digunakan untuk melihat dan mengukur kinerja Walikota dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya sebagai Kepala Daerah, diantaranya capaian makro ekonomi daerah, capaian target kinerja program dan kegiatan pada tataran output dan outcome serta kebijakan-kebijakan yang ditetapkan untuk mengoptimalkan Pelaksanaan program dan kegiatan tersebut.


"Capaian kinerja tersebut, tidak hanya dilihat dalam tataran angka-angka statistik yang dilaporkan oleh masing-masing OPD saja, akan tetapi juga perlu dilihat bagaimana kondisi rill di lapangan," tegas Gatot.


Pihaknya mengatakan sangat mungkin, secara statistik capaiannya sudah cukup bagus, tetapi rillnya masih ada yang tidak sesuai dengan angka-angka statistik tersebut.


"Adapun 11 sasaran pembangunan Pemerintah Kota Tangerang tahun 2022 tersebut, diantaranya adalah peningkatan kualitas pendidikan, kesehatan, kesempatan kerja, penyelenggaraan pemerintah daerah dan pelayanan publik, transportasi, permukiman, tata ruang, lingkungan hidup, investasi daerah, ekonomi dan penurunan angka kemiskinan," ungkapnya.


Sebelumnya, dalam kesempatan yang sama, turut dilakukan pengambilan keputusan atas satu buah Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Kota Tangerang yaitu Raperda Tentang Penyelenggaraan Kota Layak Anak,Tambah Ketua DPRD Kota Tangerang, Gatot Wibowo. (Adv)

Advertisement

  • DPRD Kota Tangerang Gelar Rapat Paripurna Soal Pengantar LKPJ dan Pansus LKPJ Walikota Tangerang

Berita Lainnya

- Advertisement -

Ads x