Iklan

Ketua MPR RI Bamsoet Dukung UI Racing Team Ikut Kompetisi European Formula Student Competition 2023

Jumat, Januari 27, 2023 WIB Last Updated 2023-01-28T02:55:14Z
Advertisement
Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo menerima para mahasiswa Universitas Indonesia (UI) yang tergabung dalam UI Racing Team. (ist)
Jakarta, pelitatoday.com - Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mendukung para mahasiswa Universitas Indonesia (UI) yang tergabung dalam UI Racing Team yang akan ikut serta dalam kompetisi European Formula Student Competition 2023 yang berlangsung di Eropa pada bulan Juli 2023. Mewakili Indonesia, mereka direncanakan mengikuti race di beberapa negara seperti Spanyol, Austria, Italia, Belanda, dan Hungaria.

"Tim UI Racing Team terdiri dari 20 anggota yang terdiri dari 8 divisi. Salah satu pembalapnya yakni Riffat Mumtaz, mahasiswa Teknik Mesin UI 2020. Mereka merakit sendiri kendaraan balap Formula-nya. Dari mulai desain hingga manufaktur. Mobilnya menggunakan mesin motor 650 CC Kawasaki Ninja ER6n. Suspensi menggunakan ohlins untuk formula student edition. Selain juga ditunjang dengan penggunaan aerodinamis yang terbuat dari carbon fiber," ujar Bamsoet usai menerima UI Racing Team, di Jakarta, Senin (23/1/23).

Turut hadir antara lain, Ketua UI Racing Team Allansyah Putra Dewantoro, Finance UI Racing Team Arfadhila Pyrenadi Adam, Direktur Indonesia Tourism Watch dan Humas and Sponsorship UI Racing Team Tubagus Ryan Aqilla, serta para sponsor lainnya seperti Putri Azzahra Khairunnisa dan Queena Lastama.

Ketua DPR RI ke-20 dan mantan Ketua Komisi III DPR RI bidang Hukum, HAM, dan Keamanan ini menjelaskan, walaupun masih berstatus mahasiswa, UI Racing Team membuktikan bahwa generasi muda bangsa ternyata punya bakat luar biasa dalam melahirkan kendaraan balap bergaya formula. Karena itu keikutsertaan mereka dalam Formula Student Competition 2023 harus didukung berbagai pihak, dari mulai negara melalui BUMN hingga kalangan swasta, dengan terlibat langsung menjadi sponsor,

"Jika di support dengan baik, mereka akan memiliki pengalaman luar biasa karena bisa ikut serta dalam Formula Student Competition 2023. Sehingga kelak bisa menjadi pembalap, engineer, maupun pelaku industri olahraga balap yang membanggakan bagi Indonesia. Mengingat dalam event tersebut, tidak hanya terdapat kejuaraan balap melainkan juga ada kejuaraan lainnya, seperti business plan, cost report dan design engineering competition," jelas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila dan Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Pertahanan dan Keamanan KADIN Indonesia ini menerangkan, secara teknis, mobil balap yang dkembangkan UI Racing Team telah memasuki tahap akhir untuk peningkatan performa. Sedangkan untuk non teknikal, mereka telah memasuki tahap persiapan berkas dan pencarian sponsorship untuk mendukung keikutsertaan di ajang bergengsi tersebut.

"Para sponsor tidak akan rugi mendukung mereka. Karena sebelumnya mereka juga telah menorehkan berbagai prestasi membanggakan pernah ditorehkan UI Racing Team. Antara lain, Top 5 Formula Japan 2018, juara 3 Endurance Event dalam ajang IIMS 2029, juara 1 Business Event dalam ajang IIMS 2019, Top 5 Business Plan dalam ajang Formula Bharat 2022 dan Top 6 Engineering Design dalam ajang Formula Bharat 2022," pungkas Bamsoet. (ril)

Editor; Siburian
Advertisement

  • Ketua MPR RI Bamsoet Dukung UI Racing Team Ikut Kompetisi European Formula Student Competition 2023

Berita Lainnya

- Advertisement -

Ads x