• Ikuti!

    - Advertisement -

    - Advertisement -

    Mencerahkan Informasi Anda

    Iklan

    - Advertisement -

    Ekonomi Meningkat Walau Pendemi, Batam Jadi Kota Pengamat Urban 20 (U20) Mayors Summit 2022

    Kamis, 01 September WIB Last Updated 2022-09-01T06:30:59Z
    Foto Istimewa.

    Batam, pelitatoday.com - Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Batam, Jefridin Hamid mewakili Wali Kota Batam Muhammad Rudi, hadir mengikuti rangkaian Urban 20 (U20) Mayor Summit 2022 yang rangkaian acaranya di laksanakan di Jakarta dan Bogor.


    Ia didampingi Kepala Bagian Kerja Sama Sekretariat Daerah Kota Batam dan beberapa staf lainnya.


    U20 tahun ini, mengusung tema “Pulihkan Bersama, Pulihkan  Lebih Kuat" kota pascapandemi. berfokus pada isu dan tantangan yang dihadapi oleh kota-kota akibat pandemi Covid-19 termasuk Kota Batam.  


    Jefridin mengatakan, atas nama Pemerintah Kota Batam, pihaknya mengapresiasi setinggi-tingginya, dengan masuknya Kota Batam dari 32 kota pengamat di forum U20.


    "Batam termasuk Kota yang sukses dalam penanganan Covid-19," kata Jefridin, Kamis (1/9/2022).


    Ia menyebutkan di tengah dampak pandemi Covid-19, Kota Batam di  bawah kepemimpinan Wali Kota Batam, Muhammad Rudi tetap menjalankan kebijakan pemerintah dalam pemulihan ekonomi nasional serta menjaga iklim investasi.


    Kini pembangunan infrastruktur Batam terus gencar dilakukan baik jalan, bandara, pelabuhan maupun pengembangan kawasan khusus. Bahkan, apa yang dilakukan Batam saat ini bisa menjadi inspirasi daerah lain, khususnya menggeliatnya pembangunan meski di tengah pandemi Covid-19.


    Sebelumnya, Batam mencatatkan pertumbuhan ekonomi sepanjang 2021 yang signifikan, dengan capaian pertumbuhan ekonomi 4,75 persen, bahkan lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 3,69 persen dan Kepri sebesar 3,43 persen.


    Atas pencapaian tersebut Kota Batam masuk sebagai salah satu dari 32 kota pengamat di forum Urban 20 (U-20) Mayors Summit 2022 yang dilaksanakan di Jakarta sejak 30 -31 Agustus dan 1 September di Bogor, sebagai kota yang mampu bertahan serta mencapai pertumbuhan ekonomi yang sangat baik di era pandemi.


    "U20 telah sukses dilaksanakan dan selanjutnya Mayor Summit 2023  akan dilaksanakan di Negara India yang menjadi tuan rumah,” kata Jefridin


    Selanjutnya, Ia menjelaskan dalam forum U20, ada tiga komitmen bersama yang disepakati oleh Wali Kota dan Gubernur selaku delegasin U20 yaitu : pertama, investasi kesehatan dan perumahan rakyat sebagai landasan pemulihan ekonomi dan sosial untuk semua;


    Kemudian kedua, mendorong transisi energi berkelanjutan dan akses yang adil untuk mobilitas berkelanjutan; Ketiga, memberikan edukasi dan pelatihan tentang masa depan pekerjaan demi akses pasar kerja yang merata untuk semua.


    "Rekomendasi tersebut disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto yang akan dibawa pada G20 Leaders Summit yang akan berlangsung di Bali pada tanggal 15-16 November 2022 mendatang," jelas Jefridin.


    Selama di Bogor Jefridin beserta rombongan delegasi Urban 20 mengikuti rangkaian kegiatan di Bogor antara lain  silaturahmi antara kota partisipan dan kota pengamat (observer) serta  beberapa agenda lainnya yaitu  kunjungan ke kebun raya Bogor,  Istana Bogor, Pohon serta ke Bogor creativ center.


    kegiatan tersebut diikuti 38 kota partisipan yaitu Amsterdam, Barcelona, Beijing, Bengaluru, Berlin, Buenos Aires, Chicago, Delhi, Durban, Helsinki, Houston, Istanbul, Izmir, Jakarta (U20 Chair), Lisbon, London, Los Angeles, Madrid, Mexico City, Milan, Montreal, Monterrey, Moscow, Mumbai, New York City, Osaka, Paris, Riyadh, Rio de Janeiro, Rome, Rotterdam, Sao Paulo, Seoul, Strasbourg, Sydney, Tokyo, Tshwane


    Selanjutnya ada 32 kota pengamat dari dalam negeri dan luar negeri yaitu Ambon, Balikpapan, Banjarmasin, Batam, Jambi, Jayapura, Makassar, Medan, Padang, Palembang, Palu, Surabaya, Surakarta, West Java Province, Yogyakarta, Bandar Sri Begawan, Bangkok, Copenhagen, Freetown, Glasgow, Hanoi, Kolkata, Kuala Lumpur, Lima, Manila, 

    Naypyidaw, Oslo, Phnom Penh, Quito, Singapore, Toronto dan Vientiane.


    Foto : Sekretaris Daerah Kota Batam Jefridin Hamid terlihat berbincang santai dengan delegasi Ekuador, Australia dan Los Angles. (MCB)

    Komentar
    Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
    • Ekonomi Meningkat Walau Pendemi, Batam Jadi Kota Pengamat Urban 20 (U20) Mayors Summit 2022

    Berita Lainnya

    - Advertisement -

    Ads x