Iklan

Tampung Aspirasi Masyarakat, Desa Wanakerta Gelar Musrenbang Tahun Anggaran 2023

Rabu, Januari 19, 2022 WIB Last Updated 2022-01-19T08:11:13Z
Advertisement
Foto Istimewa (Dok: Guntur S)

Tangerang - Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Desa Wanakerta, Kecamatan Sindang Jaya, Kabupaten Tangerang Banten dilaksanakan di ruang rapat/aula Kantor Desa Wanakerta pada hari Rabu (19/1/2022), 


Musrenbang merupakan forum musyawarah tahunan para pemangku kebijakan dan masyarakat desa untuk menyepakati Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKP) tahun anggaran 2023. Fokus dalam pembahasan musyawarah mengacu pada RPJM desa yang telah diamanatkan dalam dokumen rencana 5 tahunan. 


Di samping itu, dokumen rencana tahunan yaitu RKP Desa tahun sebelumnya serta arah kebijakan Pemerintah Daerah setempat sampai dengan Pemerintah Pusat juga merupakan dasar perumusan yang harus diperhatikan. 


RKP Desa sendiri merupakan program yang disusun untuk merumuskan rencana pembangunan satu tahun ke depan, yang nantinya akan dituangkan ke dalam RAPBDes (Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa). 


Musrenbang Desa kali ini adalah kelanjutan dari kegiatan Musrenbang di tingkat Dusun yang telah dilaksanakan sebelumnya oleh Pemerintah Desa, BPD dan LPM Desa di tingkat dusun .


Dalam Rencana Program Kerja Desa sebagai program kerja lanjutan dari tahun sebelumnya serta usulan-usulan dari masyarakat yang sejalan dengan arah pembangunan daerah.


Acara tersebut di hadiri oleh, Camat Sindang Jaya H Abudin, kepala Desa Wanakerta Tumpang Sugian, Sekdes Wanakerta, Ketua BPD, Ketua LPM, Bhabinkamtibmas Desa Wanakerta, Babinsa Desa Wanakerta, Ketua Karang taruna, Ketua Tem PKK, Kader Pos Yandu, beserta perangkat desa, Para Ketua RT, RW, Jaro Se Desa Wanakerta Dan Masyarakat Desa Wanakerta.


Kepala Desa Wanakerta Tumpang Sugian, dalam sambutannya mengatakan bahwa Musrembang tersebut guna menjalin tali silaturahmi dan bisa terlaksana kegitan dengan baik, agar terjadinya pembangunan yang merata sesuai harapan dan bisa dirasakan oleh masyarakat luas, khususnya masyarakat Desa Wanakerta.


"Bahwa giat musrenbang dilakukan di Aula Desa ini merupakan serap Aspirasi masyarakat/warga Desa Wanakerta bisa diberikan melalui giat ini, agar dapat diketahui bersama, hal ini demi pembangunan Desa Wanakerta," kata Sugian.


Sementara itu, Camat Sindang Jaya,  Lanjut H. Abudin, dalam sambutanya mengatakan, Desa harus dapat membaca peluang potensi desanya. Sehingga beragam usulannya dapat terakomodir di berbagai dinas yang ada.


Selain itu, Desa juga dapat mengembangkannya dengan ide-ide kreatif, seperti, budidaya ikan tawar, pengelolaan lahan tidur, hidroponik dan ide ide kreatifnya lainnya.


“Dalam rangka mengembangkan SDM, ialah bagaimana menciptakan manusianya dapat berpikir maju yang dapat berpikir wirausaha, berpikir yang dapat mengembangkan ekonomi di wilayahnya,” kata H. Abudin.


Iapun berpesan kepada RT/RW, Jaro, dan khususnya warga Desa Wanakerta untuk menjaga kerukunan demi terciptanya lingkungan yang aman, damai,  dan kondusif.


Lanjut H. Abudin, adanya acara Musrenbang Desa itu diharapkan mampu membangun kesepahaman tentang rencana program pembangunan untuk kemajuan desa dengan cara memotret potensi dan sumber-sumber pembangunan


"Dengan memaksimalkan partisipasi masyarakat serta ketersediaan anggaran yang ada, dan keselarasan rencana program kerja Pemerintah Desa dengan Rencana pembangunan jangka menengah Desa, (RPJMDes) Wanakerta maupun Program Kerja Kabupaten Tangerang. Disamping itu, keberlanjutan program pemerintah desa tahun sebelumnya juga merupakan dasar yang mesti di Sinkronisasikan bersama," tutupnya.


Liputan : Guntur S

Advertisement

  • Tampung Aspirasi Masyarakat, Desa Wanakerta Gelar Musrenbang Tahun Anggaran 2023

Berita Lainnya

- Advertisement -

Ads x