Ads Responsif

Iklan

Tidak Catatkan PKWT, Karyawan Link Hotel Otomatis Permanen

Rabu, 09 Desember WIB Last Updated 2020-12-09T05:20:19Z

Link Hotel yang berlokasi di Komplek Pertokoan Liminda Blok D 6-8 Batuaji, Batam. (Ist)


Batam -
Disnaker Kota Batam mengatakan Menegement Link Hotel Batuaji tidak pernah mencatatkan Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT). Padahal, pencatatan PKWT adalah wajib sesuai Pasal Kepmenaker No 100/2004. 


"Perjanjian kerja untuk Link Hotel blm dicatatkan ke disnaker demikian info," kata Tukiman, Kasi Kelembagaan Hubungan Industrial Disnaker Kota Batam kepada media ini. Selasa (8/12/2020).


Tukiman menambahkan, jika perusahan Link Hotel tidak melaporkan hal tersebut selambat-lambatnya 7 (tujuh) hari kerja sejak penandatangan, dan ada aturan yang salah. Maka, status karyawan disana otomatis menjadi Perjanjian Kerja Waktu Tidak Tertentu (PKWTTT) alias menjadi pegawai/pekerja tetap.


"Tidak ada sanksi terkait perjanjian kerja kalau kontraknya salah, sanksinya berubah status jadi permanen karyawan tsb," jelasnya.


Baca Juga : Alamak! Gegara Kamar 211, Link Hotel Batuaji Pecat dan Polisikan Karyawannya


Terkait adanya tindakan pemecatan sepihak yang dilakukan Menegement Link Hotel, bahkan melaporkan karyawannya kepada pihak kepolisian dengan dugaan penggelapan uang sebesar 200 ribu rupiah. Tukiman mengusulkan supaya karyawan melakukan langkah bipartit terlebih dahulu. 


"Laporkan secara tertulis, dan terkait PHK ajukan surat ke perusahaan permintaan berunding secara bipartit sekurang-kurangnya 2 x, apabila tidak ada kesepakatan ataupun tanggapan catatkan ke disnaker kota batam," terang Tukiman.


Merujuk pada putusan Pengadilan Hubungan Industrial Banda Aceh Nomor 08/Pdt.Sus.PHI/PLW/2014/PN Bna.


Dalam perkara tersebut, hakim tidak mempertimbangkan dalil perusahaan yang menyebut tidak adanya sanksi atau konsekuensi hukum saat PKWT tidak dicatatkan. Ditambah alasan yang lain lagi, hakim bahkan malah memutuskan bahwa status pekerja PKWT berubah menjadi PKWTT. Dan oleh karenanya hakim menghukum untuk membayarkan pesangon kepada para pekerja.


Jadi, daripada berisiko menanggung konsekuensi alangkah lebih baik bagi perusahaan untuk mencatatkan PKWT setiap pekerjanya. (R01 - SK )

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Tidak Catatkan PKWT, Karyawan Link Hotel Otomatis Permanen

Berita Lainnya

Ads Responsif

Ads x