Iklan

Berusia 27 Tahun, Ini Program Stephane Gerald Martogi Siburian Jika Terpilih Jadi Anggota DPD RI

Senin, Desember 11, 2023 WIB Last Updated 2023-12-11T02:27:04Z
Advertisement
Stephane Gerald Martogi Siburian, calon anggota DPD RI dapil Kepri. (ist)

Batam, pelitatoday.comSejatinya anak muda adalah penerus bangsa. Sehingga, anak muda harus berani unjuk diri agar perhatian terhadap generasi muda tidak tertinggal.


Dalam pesta demokrasi tahun 2024 ini, nama Stephane Gerald Martogi Siburian lolos jadi kandidat sebagai bakal calon anggota DPD RI 2024-2029 untuk daerah Kepulauan Riau (Kepri) di usianya menginjak 27 tahun. 


“Sepanjang sejarah Kepri belum ada keterwakilan anak muda dibawah 30 tahun dan baru kali ini, dan saya akan menjadi perwakilan anak muda jika nanti duduk di DPD RI”, kata Stephane kepada wartawan di Haris Hotel usai menghadiri Muscab Hipmi Batam. Sabtu (09/12/23).


Ia mengaku sebelum-sebelumnya yang duduk sebagai senator mewakili Kepri diatas umur 50 tahun. Lembaga seperti DPD saat ini harus diisi regenerasi baru yang muda, visioner, dan transformatif. Tantangan yang dihadapi oleh DPD RI sebagai kamar kedua sangat berbeda dengan 20 atau 10 tahun yang lalu.


“Tantangan beratnya para senator harus berperan untuk check and balance, mengawasi dan mengimbangi DPR RI yang kewenangan konstitusionalnya lebih besar,” pungkas Stephane yang saat ini aktif menjabat selaku Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional Kepulauan Riau ini.


Tidak dipungkiri, kebanyakan orang beranggapan remeh bahwa seseorang yang lebih tua yang patut menduduki kursi DPD RI. Namun bakal calon senator muda ini tetap optimis berkat dukungan keluarga, kerabat dan masyarakat yang dianggap solid untuk memberikan dukungan untuknya.


“Lembaga DPD RI sebenarnya lebih ke pengawasan, namun tidak ada salah nya juga kita mengayomi aspirasi-aspirasi anak muda. Berapa banyak anak muda di 7 Kabupaten/Kota se-Kepri, mau dibawa kemana anak-anak muda di Kepri ini kedepannya," jelas Stephane yang mendapat nomor urut 13 calon anggota DPD RI Dapil Kepri ini.


Infografis tim humas Stephane Gerald Martogi Siburian.

Karenanya, Stephane menyampaikan jika terpilih nanti akan membuat dua program penting, salah satunya program untuk anak muda ke depan dalam meraih cita-citanya, yaitu program pertama Training Center.


Dijelaskannya, anak muda yang masih belum mendapatkan pekerjaan mereka boleh datang ke training center yang kita buat. Misalkan mereka mau melamar kerja di beberapa perusahaan, tak perlu lagi mereka ngeluarin uang Rp. 50 ribu hingga 100 ribu untuk biaya foto copy, print, dan lain sebagainya. Mereka cukup datang ke lokasi training center mereka bisa foto copy, print dengan gratis.


“Training Center ini bersifat gratis printing, dan tidak hanya itu saja, ada pembinaan bagi mereka bagaimana cara membuat CV yang baik, bagaimana cara interview yang baik. Dan selanjutnya kita juga akan berkerja sama dengan beberapa perusahaan, bisa dibilang ini outsorcing namun tidak potong gaji. Outsorcing secara sosial untuk mereka anak muda yang belum mendapatkan pekerjaan”, tuturnya.


Sedangkan untuk program kedua kata  Stepahne Gerald, ia akan membuat sistem pengaduan masyarakat.


Dicontohkannya, apa bila ada warga yang melaporkan satu masalah di lingkungan atau komplek rumahnya, mereka bisa datang ke lokasi pengaduan masyarakat yang kita buat, selanjutnya dari tim pengaduan masyarakat yang dibentuk akan diteruskan ke Dinas-Dinas terkait.


Dan kemudian dari Dinas-Dinas tersebut dapat di tampung atau di replay dalam jangka waktu 3 hari. Jadi tak berlama-lama lagi masyarakat menunggu pengaduan nya untuk segera direalisasikan.


“Artinya dengan sistem pengaduan masyarakat ini yang kita buat, kita berharap bisa mengayomi masyarakat yang mungkin tidak bisa menjangkau lewat WA atau bertemu langsung. Dan ini butuh kerja sama yang luar biasa dengan Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Kota, enggak bisa kita sebagai DPD RI aja”, ujarnya.


Kepri ini moderen, maju, kita diapit Singapura dan Malaysia, oleh karenanya cara memandang kita ke depan harus visioner.


“Jadi kita berharap walaupun sebenarnya di Provinsi lain itu tupoksi yang diinisiasi Gubernur, namun jika nanti saya duduk di DPD RI bisa menggagas dengan tetap bekerjasama Pemprov, Pemkab dan Pemkot. Itu dua program inti yang secara umum akan dibuat jika nanti dapat duduk di DPD RI," tegasnya.


Oleh karena itu, ia berharap agar masyarakat Kepri, khususnya anak muda di Kepri agar mendukungnya.


“Satu hal yang diharapkan sebagai calon DPD, saya mohon dan dukungannya kepada masyarakat, kami anak muda inginnya bekerja untuk Kepri, dengan beberapa program yang bisa memberikan ide dan harapan untuk Provinsi Kepri” jelasnya.


Baca Juga: Mengenal Sosok Stephane Gerald Martogi Siburian, Calon Termuda DPD RI Dapil Kepri


Doa dan dukungan itu, kata Stephane Gerald, menjadi arti semangat untuk terus melakukan konsolidasi dan sosialisasi ke seluruh daerah di Provinsi Kepri.


“Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh, keluarga, teman-teman, masyarakat semua yang mendukung dan saya akan memberikan yang terbaik jika duduk di DPD RI nantinya,” tutupnya. (PS/ST)

Advertisement

  • Berusia 27 Tahun, Ini Program Stephane Gerald Martogi Siburian Jika Terpilih Jadi Anggota DPD RI

Berita Lainnya

- Advertisement -

Ads x