Iklan

Komisi 1 DPRD Batam Gelar RDP Soal Polemik SK RW Perumahan Graha Namarina

Kamis, Oktober 12, 2023 WIB Last Updated 2023-10-15T02:06:45Z
Advertisement
Anggota Komisi 1 DPRD Batam, Utusan Sarumaha mengeluarkan seorang Ketua RT arogan saat RDP soal polemik SK RW.

Batam, pelitatoday.com - Komisi 1 DPRD Kota Batam, menggelar rapat dengar pendapat Umum (RDPU) terkait pencabutan Surat Keputusan (SK) RW 021 Perumahan Graha Namarina, Kelurahan Tanjung Riau, Kecamatan Sekupang, Kota Batam. Kamis, (12/10/2023).


Rapat yang digelar Pukul 14.00 Wib tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Komisi 1, Lik khai didampingi anggota Fadhli, Utusan Sarumaha, Kabag Hukum Setdako Kota Batam, Kabag Tata Pemerintahan Kota Batam, Camat Sekupang, Lurah Tanjung Riau, Ketua RW. 021, RT 01 dan RT. 02 Perumahan Graha Namarina Kelurahan Tanjung Riau Kecamatan Sekupang, perwakilan warga RW. 021 dan koordinator penggalang yanda tangan warga.


Ketua RW 021, Perumahan Graha Namarina, Kelurahan Tanjung Riau, menyampaikan bahwa perangkat RW mengajukan RDP karena penyelesaian masalah antara RW dan 3 Ketua RT di perumahan Graha Namarina yang dimediasi oleh Lurah Tanjung Riau, Syamsuddin, dianggap berat sebelah, dan terkesan ada intimidasi.


“Kenapa saya sebut intimidasi, karena saya dipaksa mengundurkan diri. Kalau masalah dana kegiatan 17 Agustus 2023, yang kata mereka saya tidak transparan, itukan ada panitianya tersendiri dan saya bukan ketua panitianya,” ucap Ketua RW 021, Mardianto saat menyampaikan keterangannya kepada media di ruang rapat komisi 1 DPRD Kota Batam.


Mardianto menjelaskan mengenai permasalahan tersebut timbul akibat para ketua RT tidak sejalan dengan pihaknya. Bahkan mereka bertindak sendiri seakan-akan ia dianggap tidak ada. Dalam hal ini ia siap melakukan pemilihan ulang agar, terakomodir keinginan warga.


“Saya tadi tetap mengusulkan pemilihan RT dan RW secara serentak, para RT boleh mencalonkan diri sebagai RW. Begitu juga sebalik nya, RW boleh mencalonkan dan juga warga bebas mencalonkan RT atau RW dengan DPT semua warga baik suami istri. Bahkan keputusan ini saya serahkan kepada pak Camat dan pak Lurah dengan catatan beri saya akses untuk klarifikasi mengenai mereka yang telah memfitnah saya itu,” jelas Mardianto.


Sementara itu, Bendahara RW, 021, Anton Zagoto, mengatakan dari perangkat RW 021, mengharapkan solusi terbaik dari Lurah Tanjung Riau, dan Camat Sekupang terkait masalah antara RT dan RW 021 di perumahan Graha Namarina, dan tidak terkesan berat sebelah.

Dan mengharapkan kepada Lurah untuk mencabut omongannya, terkait pencabutan SK RW, secara lisan tersebut.


“Memang Lurah tidak mencabut secara langsung SK RW, 021 Tetapi beliau menyampaikan dihadapan warga mengatakan, saya sebagai Lurah secara sah mencabut SK RW’ di fasum perumahan. untuk itu agar tidak menjadi polemik di warga atas keabsahan RW, Lurah mencabut omongannya kembali untuk memulihkan nama baik ketua RW 021 tersebut,” kata Anton.


Hal senada diungkapkan oleh  Camat Sekupang bahwa iya akan memediasi bila Mardianto ada waktunya. “Dalam masalah ini, saya sebagai Camat siap untuk memediasi bila waktu pak Mardianto ada,” kata Camat Sekupang.


Sementara, Lurah Tanjung Riau juga menyampaikan pihaknya siap memediasi bila ada waktu pak Mardianto. Masalah pencabutan SK memang belum di cabut,” katanya.


Menanggapi hal tersebut, Utusan Sarumaha menyampaikan seharusnya ada jalan yang harus di tempuh supaya lebih menyenangkan sesama. Namun, tidak terbendung saat sedang bicara ada salah satu ketua RT yang sok arogan dalam rapat di ruang Komisi l tersebut sehingga situasi sempat memanas.


Akhirnya, Ketua RT yang sok arogan itu langsung diusir keluar. “He..! keluar kau..! kau sama sekali tidak menghargai kami di ruangan ini,” kata Utusan Sarumaha. ***

Advertisement

  • Komisi 1 DPRD Batam Gelar RDP Soal Polemik SK RW Perumahan Graha Namarina

Berita Lainnya

- Advertisement -

Ads x