Iklan

PPI DKI Jakarta Gelar Parade 100 Perempuan Berkebaya Dalam Rangka Hari Batik Nasional 2022

Minggu, Oktober 02, 2022 WIB Last Updated 2022-10-02T03:15:50Z
Advertisement
Foto Istimewa.

Jakarta, pelitatday.com - Penetapan Batik Indonesia sebagai warisan Budaya Takbenda oleh UNESCO sejak tanggal 2 Oktober 2009. 


UNESCO sendiri mengukuhkan batik Indonesia masuk ke dalam Daftar Representatif Budaya Takbenda warisan manusia yang merupakan pengakuan Internasional terhadap mata budaya Indonesia.


Hari Batik Nasional ditetapkan oleh Presiden Indonesia ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) melalui Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia Nomor 33 tahun 2009. Keppres ini ditanda tangan pada tanggal 17 November 2009.


"Pengukuhan tersebut selain membanggakan juga diharapkan dapat meningkatkan citra positif bangsa Indonesia di mata dunia. Selain itu, diharapkan pula batik dapat meningkatkan rasa cinta dan bangga masyarakat terhadap budaya Indonesia," ujar ketua PPI DKI Jaya Liana Trisnawati di Jakarta Sabtu (1/10) pada Parade 100 Perempuan Berkebaya.



Reiny Z Arifin Gubenur Distrik Lions Club International 307 A, menambahkan Parade 100 Perempuan Berkebaya di

 inisiasi oleh enam Organisasi PPI (Perempuan Pemimpin Indonesia) DKI Jakarta, Perkumpulan Perempuan Berkebaya Indonesia, (GK Ladies)Galang Kemajuan Ladies, Persatuan Perempuan Peduli Pancasila, Kerukunan Keluarga Kawanua.



"Parade 100 Perempuan Berkebaya dalam rangka berkontribusi untuk turut melestarikan, memelihara dan melindungi batik Indonesia," kata Veve Safitri Sekjen GK Ladies


Angelica Tengker, Ketua Umum Kerukunan Keluarga Kawanua berharap apa yang di lakukan bersama enam Organisasi lain dapat memberi kesadaran masyarakat agar bangga mengenakan batik dalam upaya melestarikan budaya Indonesia, Angelica Tengker juga mendorong agar para pengerajin batik dan designer untuk terus berkreasi.


"Semoga kegiatan Parade 100 Perempuan Berkebaya di Mall Kotakasablaca ini dapat menjadi inspirasi untuk kita semua terhadap batik nasional, serta memberikan dukungan kepada para perajin dan desainer batik untuk terus bersemangat berkreasi dalam melestariakan batik  Indonesia," tutur Ketua Umum Komunitas Perempuan Berkebaya Indonesia Rahmi Hidayati Hidayat. (Dedy Haryadi)

Advertisement

  • PPI DKI Jakarta Gelar Parade 100 Perempuan Berkebaya Dalam Rangka Hari Batik Nasional 2022

Berita Lainnya

- Advertisement -

Ads x