• Ikuti!

    - Advertisement -

    - Advertisement -

    Mencerahkan Informasi Anda

    Iklan

    - Advertisement -

    Hasil Sayembara Desain Logo Hari Jadi Provinsi Kepri Ke-20 Diumumkan, Ini Dia Pemenangnya

    Senin, 05 September WIB Last Updated 2022-09-05T02:48:52Z
    Desain Logo Pemenang sayembara Logo HUT Kepri ke-20.

    Kepri, pelitatoday.com - Tim Juri Sayembara Desain Logo Hari Jadi ke-20 Provinsi Kepri Tahun 2022 menetapkan 1 orang pemenang setelah melalui penjurian dan presentasi peserta yang masuk 3 besar melalui video conference di Ruang Kolaborasi Diskominfo Kepri, Tanjungpinang, Jum'at (02/09). Logo yang terpilih akan dijadikan logo resmi pada rangkaian peringatan hari jadi Provinsi Kepri. 


    Handra Trimansyah, peserta asal Tanjungpinang dengan karyanya yang terinspirasi dari perahu dengan layar terkembang dan tanjak berhasil meraih total nilai 332,3 poin dan berhak memenangkan sayembara tahun ini. Karyanya dianggap dirancang dan dieksekusi dengan baik untuk menunjukkan semangat tema hari jadi ke-20 tahun Kepulauan Riau "Ekonomi Pulih Kepri Sejahtera" oleh Tim Juri. 


    Anggota Tim Juri, Mirza Ayunda Pratiwi menyatakan desain logo pemenang memiliki keunggulan filosofis dan estetika desain yang sesuai dengan tema lomba dan nilai-nilai Provinsi Kepulauan Riau. Bentuk Perahu yang menggambarkan simbol alat transportasi masyarakat Kepulauan Riau dengan layar yang terkembang melambangkan semangat kebersamaan dalam satu tekad memulihkan perekonomian dan mengisi laju perkembangan pariwisata di Provinsi Kepulauan Riau. 


    "Bentuk Tanjak pada ujung perahu melambangkan kekuatan, kekuasaan, dan kewibawaan. Dari sisi penilaian, desain pemenang memenuhi prinsip keserasian elemen dan warna yang bersesuaian dengan unsur melayu. Lalu pengaturan ruang/space, tata letak/layout, dan komunikatif juga memenuhi kriteria penilaian desain pemenang" ungkap Mirza 


    Sebelumnya, Kamis (01/09) Tim Juri telah menetapkan 3 besar peserta yang berhak mempresentasikan desainnya dari total 49 peserta yang lolos kualifikasi. 


    Provinsi Kepri sendiri terbentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2002 tertanggal 24 September 2002. Tahun ini Provinsi Kepri genap berumur dua dekade. 


    Kepala Bidang Komunikasi dan Kehumasan Diskominfo Kepri James Pattikawa menuturkan, tahapan pendaftaran lomba dan pengiriman logo dimulai dari tanggal 19 sampai dengan 31 Agustus 2022. Kemudian dilaksanakan tahapan seleksi administrasi dimana dari 52 pendaftar didapat 49 peserta yang lolos kualifikasi. 


    "Lalu dilanjutkan dengan tahapan seleksi desain 24 besar, 6 besar, 3 besar dan terakhir tahapan presentasi peserta yang masuk 3 besar mengenai desain dan makna logo yang mereka ciptakan melalui vicon hari ini. Hari ini pemenang telah ditetapkan, total hadiah yang diperebutkan mencapai Rp10 juta" ungkap James. 


    James menambahkan, kriteria logo yang dilombakan antara lain logo berupa simbol atau karakter yang menggambarkan ciri khas kepulauan riau dan menggambarkan filosofi kepulauan riau, jumlah warna yang digunakan dalam logo tidak dibatasi, penampilan logo menarik dan aplikatif diterapkan pada berbagai kemungkinan teknik dan media, baik 2 dimensi maupun 3 dimensi, dan logo dapat diaplikasikan dalam bentuk warna hitam putih. 


    "Sayembara terbuka untuk masyarakat Kepri dibuktikan dengan KTP domisili di Kepri, dari 52 pendaftar, 3 peserta tidak lolos kualifikasi karena berasal dari luar Kepri" tambahnya. 


    Pada sayembara ini demi menjaga kenetralan dan objektivitas penilaian, Diskominfo Kepri memilih Tim Juri yang berasal dari berbagai bidang sebanyak 3 orang yaitu Raja Suzana Fitri dari Lembaga Adat Melayu (LAM) Kepri, Mirza Ayunda Pratiwi dari kalangan akademisi yang merupakan Dosen Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) dan Dobby Fachrizal dari Profesional Design Grafis. (DK/R03)

    Komentar
    Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
    • Hasil Sayembara Desain Logo Hari Jadi Provinsi Kepri Ke-20 Diumumkan, Ini Dia Pemenangnya

    Berita Lainnya

    - Advertisement -

    Ads x