• Ikuti!

    - Advertisement -

    - Advertisement -

    Mencerahkan Informasi Anda

    Iklan

    - Advertisement -

    Bangun SDM Siber Andal, Pussansiad Gelar Penataran Siber Terpusat

    Rabu, 27 Juli WIB Last Updated 2022-07-27T06:19:03Z
    Foto Istimewa. (dok: Dispenad)

    Jakarta – Pusat Sandi dan Siber TNI AD (Pussansiad) membuka Penataran Siber Terpusat sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan dan kesadaran personel TNI AD dalam membangun SDM siber TNI AD yang andal dan siap menghadapi tugas di lapangan. 


    Demikian disampaikan Komandan Pussansiad Brigjen TNI Iroth Sonny Edhie dalam amanatnya yang disampaikan oleh Dirbindiklat Pussansiad Kolonel Inf Azwar Usman, S.H., pada acara pembukaan Penataran Siber Terpusat TA. 2022 di Pusdikzi Kodiklatad, Bogor, Jawa Barat, Selasa (26/7/2022). 


    Dikatakannya, berbagai macam serangan siber yang terjadi, khususnya di lingkungan TNI AD merupakan suatu indikator bahwa ancaman nir militer tersebut menjadi tantangan nyata saat ini. 


    Menurutnya, trend ancaman serangan siber akan berkembang terus sesuai perkembangan teknologi informasi, oleh karenanya perlu dilakukan riset secara terus-menerus untuk mampu mengatasi berbagai teknik, taktik dan strategi pertahanan siber yang akan terus berkembang ke depan. Akan tetapi trend ancaman tersebut masih belum diimbangi dengan peningkatan kemampuan dan kesadaran personel TNI AD secara luas. 


    “Ini perlu segera diatasi karena faktor manusia merupakan bagian yang sangat vital dalam suatu konsep penguatan kekuatan siber TNI AD,” terangnya.


    Untuk menjawab dan mewujudkan tantangan tersebut, lanjutnya, Pussansiad sebagai Lapangan Kekuasaan Teknis (LKT) di bidang siber TNI AD menggelar kegiatan penataran siber.untuk meningkatkan kemampuan SDM siber TNI AD. 


    “Ini salah satu upaya Pussansiad sebagai Lapangan Kekuasaan Teknis (LKT) di bidang siber TNI AD, dalam rangka untuk meningkatkan kemampuan SDM siber TNI AD,” katanya.


    Kegiatan yang akan berlangsung selama 14 hari ke depan tersebut diikuti 60 peserta dari berbagai satuan jajaran TNI AD di seluruh Indonesia. Di mana selama mengikuti penataran para peserta akan dibekali materi tentang Infrastruktur Siber, Teknik Serangan Siber, Sekuriti Siber dan Pemulihan Siber dari para pemateri yang berkompeten di bidangnya. 


    Turut hadir dalam acara pembukaan diantaranya Dirbinfung Pussansiad Kolonel Inf Albertus S. Simanjuntak, Kapok Analis Kolonel Inf Anggara Sitompul, Kabagbinlat Sdirbindiklat Pussansiad Letkol Inf Marudut H. Simbolon, S.I.P., serta tamu undangan lainnya. (Dispenad).

    Komentar
    Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
    • Bangun SDM Siber Andal, Pussansiad Gelar Penataran Siber Terpusat

    Berita Lainnya

    - Advertisement -

    Ads x