• Ikuti!

    - Advertisement -

    - Advertisement -

    Mencerahkan Informasi Anda

    Iklan

    - Advertisement -

    1840 Mahasiswa Ikuti Kuliah Umum Kasad di Unsrat Manado

    Senin, 11 April WIB Last Updated 2022-04-11T12:07:38Z

     

    Foto Istimewa. (Dok: Dispenad)

    Jakarta – Sebanyak 1840 Mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi negeri dan Swasta se-Sulawesi Utara mengikuti Kuliah Umum Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, S.E., M.M., yang bertemakan “Mahasiswa Dalam Menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa,” dan digelar secara tatap muka dan virtual di Universitas Sam Ratulangi (Unsrat), Manado, Sulawesi Utara, Senin (11/4/2022).


    Dikatakan Kasad, Pancasila merupakan Ideologi bangsa Indonesia yang harus dijaga dan dipertahankan sebagai salah satu ciri jati diri bangsa. Segala bentuk ancaman dan hambatan apapun bisa dihalau apabila kita berpegang teguh kepada nilai-nilai Pancasila.


    “Dengan Pancasila, ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan apapun bisa dihadapi,” ujar Kasad. 


    Oleh karenanya, peran aktif mahasiswa sangat penting sebagai agen perubahan dalam malakukan tindakan guna mendorong masyarakat untuk menjaga nilai-nilai Pancasila, yaitu  mengimplementasikannya melalui ide, keterampilan dan karya-karya terbaik yang dimiliki para mahasiswa, sehingga masyakarat akan lebih memahami  bahwa hidup bergotong-royong akan lebih penting dari pada perpecahan. 


    “Mahasiswa sebagai garda terdepan juga berkewajiban menjaga Pancasila sebagai ideologi bangsa yang tidak bisa digantikan oleh apapun,” tuturnya. 


    Di hadapan mahasiswa dan civitas akademika yang turut hadir, Kasad juga mengajak untuk membangun dan meningkatkan semangat pratriotisme dan nasionalisme guna menghadapi berbagai ancaman yang datang terutama di zaman milenial saat ini.


    Dicontohkan Kasad,  Founding Fathers atau para pejuang terdahulu bangsa Indonesia mampu mengalahkan penjajah hanya dengan menggunakan senjata sederhana yaitu bambu runcing. Namun karena semangat patriotisme dan nasionalime yang sudah terbangun dan terbentuk kuat sehingga bisa mengalahkan penjajah.   


    “Kita lihat Bung Tomo dan Jenderal Soedirman, yang menghadapi ancaman dari luar yaitu dengan patriorisme, nasionalisme, harga diri dan kehormatan,” ujarnya.


    Selanjutnya Kasad berpesan jangan sampai para Mahasiswa mendapatkan informasi-informasi yang salah terutama pemberitaan di media sosial yang nantinya dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.


    “Saya yakin militansi dan jiwa nasionalisme seluruh mahasiswa Indonesia sangat kuat, sehingga dapat mengisi kemerdekaan ini sesuani dengan cita-cita bangsa Indonesia,” tandas Kasad.


    Sebagai informasi sebelum kuliah umum Kasad, terlebih dahulu sambutan dari Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Ir. Grevo Soleman Gerung, M.S.c., di mana dirinya mengucapkan terima kasih dan menyampaikan rasa bangganya karena orang nomor satu di Angkatan Darat berkenan memberikan kuliah umum kepada para Mahasiswanya. (Dispenad).

    Komentar
    Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
    • 1840 Mahasiswa Ikuti Kuliah Umum Kasad di Unsrat Manado

    Berita Lainnya

    - Advertisement -

    Ads x