Iklan

Ini Prosedur dan Syarat Pemindahan Meteran Air SPAM Batam

Selasa, Februari 01, 2022 WIB Last Updated 2022-02-01T05:59:39Z
Advertisement
Salah satu meteran air pelanggan SPAM Batam. (Ist)

Batam, pelitatoday.com - SPAM Batam melalui Corporate Communication menyampaikan ada beberapa prosedure penting jika pelanggan ingin melakukan pemindahan meteran air.


Dimana, fungsi meteran air adalah  untuk mengukur penggunaan berapa banyak pelanggan menggunakan air bersih SPAM Batam. 


Mungkin ada beberapa pelanggan yang ingin mengajukan pemindahan meteran karena letaknya tidak terjangkau oleh petugas pencatat meteran atau karena ada perubahan bangunan karena renovasi atau kerena kebutuhan faktor-faktor lainnya.


"Mengatur posisi meteran air pelanggan merupakan hal terpenting, karena petugas pembaca meter harus dapat menjangkau meteran air, sehingga memudahkan pembaca meter air dapat mencatat pemakaian air pelanggan dengan mudah," tulis Corporate Communication SPAM Batam dalam rilis yang diterima media ini. Selasa (01/02/2022).


Infografis SPAM Batam. (Ist)

Selain keberadaan meteran air, fungsi dan keadaan dari meteran air juga perlu diperhatikan. Meteran air sebaik mungkin ditempatkan dalam bangunan yang aman, tidak tertimbun bahan tanah atau bangunan, tertutup barang-barang atau ditempat yang kotor, yang dapat menyebabkan meteran air rusak atau karena banyak faktor lain, sehingga dapat mengakibatkan meteran tidak terbaca dan berfungsi semestinya.


Oleh karena itu, pemasangan meteran air diatur sedemikian rupa agar mudah dijangkau. Sehingga memudahkan pembaca meter air dapat mencatat pemakaian air pelanggan dengan mudah.


"Pemindahan meteran air pelanggan atau mereposisi meteran air dikenakan biaya yang berbeda-beda. Tergantung dari jarak dan seberapa besar ukuran meteran air pelanggan. Pengerjaan pemindahan meteran air tersebut akan dilakukan oleh kontraktor yang sudah terdaftar di SPAM Batam, dengan pengawasan langsung oleh tim teknis SPAM," tulisnya. 


Adapun beberapa persyaratan permohonan pemindahan meteran air adalah sebagai berikut :


1. Membawa struk pembayaran tagihan air bulan terakhir


2. Membawa FC identitas diri/ KTP pelanggan yang masih berlaku (jika nama KTP berbeda dengan pemilik bangunan, dapat melampirkan legalitas kepemilikan bangunan)


3. Pelanggan mengisi formulir reposisi meteran di kantor pelayanan SPAM Batam terdekat, baik di kantor Pelayanan B.centre, Bengkong,Tiban, Batu Aji


4. Membayar biaya pemindahan reposisi meteran air.


SPAM Batam menyampaikan supaya pelanggan yang ingin mengajukan pemindahan lokasi meteran air  supaya melapor ke Kantor Pelayanan Pelanggan, dan jangan pernah dilakukan sendiri karena dapat menyebabkan kerusakan pada sambungan air dan juga meteran air tersebut.


"Pemasangan meteran air yang tidak benar juga akan mempengaruhi akurasi meteran dalam membaca penggunaan air. Perlu juga diketahui bahwa pemindahan meteran air secara mandiri termasuk tindakan ilegal dan akan dikenakan sanksi berupa denda hingga pemutusan sambungan," tulis Corporate Communication SPAM Batam.


#Siaran Pers SPAM Batam

Advertisement

  • Ini Prosedur dan Syarat Pemindahan Meteran Air SPAM Batam

Berita Lainnya

- Advertisement -

Ads x