Iklan

Amankan Batas Negara, Satgas Yonif 512/QY Laksanakan Patroli Patok Perbatasan

Jumat, September 10, 2021 WIB Last Updated 2021-09-10T05:30:00Z
Advertisement
Foto Istimewa (Dok: Dispenad)


JAKARTA -
Sebagai Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) yang memiliki tugas pokok menjaga kedaulatan negara dan keutuhan wilayah NKRI, anggota Pos Waris Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis 512/QY melaksanakan Patroli Patok MM 4.A.


Hal tersebut disampaikan langsung oleh Dansatgas Letkol Inf Taufik Hidayat di Pos Kotis Distrik Mannem, Kabupaten Keerom, Rabu  (8/9/2021).


Dansatgas menjelaskan,  patok batas MM. 4.A merupakan salah satu patok batas berada di wilayah Sektor Satgas Yonif Mekanis 512/QY yang menjadi tugas dan tanggung jawab Pos Waris. Posisi patok batas tersebut tepatnya berada di Dusun Paytenda Kampung Pund, Distrik Waris, Kabupaten Keerom Papua.


"Kita ada beberapa patok perbatasan dengan Papua New Guinea/PNG, salah satunya Patok MM. 4.A ini yang masuk di wilayah tanggung jawab Pos Waris, " ungkap Dansatgas.


Selain patroli patok batas, anggota Pos waris juga mengadakan Bakti Sosial dengan membagikan paket sembako dan pakaian kepada masyarakat serta buku tulis untuk anak-anak di Kampung Banda Distrik Waris.


Patroli patok batas MM 4.A tersebut dipimpin langsung oleh Danpos Waris Letda Inf Tatok Pujianto, dengan melibatkan  anggota dari Pos Waris dan Pos kotis.


Dansatgas menegaskan,  dilaksanakannya patroli patok yaitu untuk mengetahui dan memastikan kondisi patok batas negara agar tidak bergeser ataupun rusak.


"Karena hal ini menyangkut tentang keutuhan wilayah NKRI dan kehormatan negara, " imbuhnya.


Dalam pelaksanaan kegiatan patroli patok dibutuhkan kondisi fisik yang prima, karena medan yang dilalui lumayan berat dan bervariasi. Selain itu juga harus mahir mengoperasionalkan GPS untuk bernavigasi menentukan kedudukan patok batas.


Setelah Patok Batas MM. 4.A berhasil ditemukan, anggota Pos Waris melakukan pembersihan di sekitar patok batas dan pengecatan ulang kode tanda pengenal patok batas. (Dispenad)

Advertisement

  • Amankan Batas Negara, Satgas Yonif 512/QY Laksanakan Patroli Patok Perbatasan

Berita Lainnya

- Advertisement -

Ads x