Ads Responsif

Iklan

Belanda Harapkan Kerja Sama dengan Sumut Segera Terwujud

Kamis, 20 Mei WIB Last Updated 2021-05-20T04:52:34Z
Foto Istimewa (Dok: HMS)


MEDAN –
Kepala Bagian Ekonomi Kedutaan Besar (Kedubes) Belanda di Jakarta Hans de Brabander menyampaikan ketertarikan untuk menjalin kerja sama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut), antara lain bidang Agrifood (pangan), Agriculture (pertanian) dan Energi Terbarukan. Kerja sama tersebut diharapkan segera terwujud.


Hal tersebut disampaikan Hans de Brabander saat melakukan pertemuan dengan Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumut R Sabrina, di Lantai 9, Kantor Gubernur Sumut, Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30 Medan, Rabu (19/5).


“Saya mengucapkan apresiasi atas kesempatan ibu berikan, meluangkan waktu untuk menerima kunjungan kami guna membicarakan program dan kerja sama kita kedepanya,” ujar Hans de Brabander saat mengawali pertemuan.


Hans menjelaskan, program kerja sama yang diberi nama Netherlands Economic Mission to North Sumatera akan dilakukan dalam beberapa tahap. Antara lain, pada 16 Juni 2021 nanti akan dilakukan webinar dengan pelaku UMKM yang ada di Sumut.


“Webinar tentang bagaimana mereka bisa dapat melakukan ekspor barang ke Eropa. Sebelum pertemuan itu, nantinya tim saya akan kembali berkunjung ke Sumut dan berbicara dengan dinas terkait, tentang siapa saja yang akan diundang,” tambahnya.


Kemudian, kata dia, pada Juli 2021, kembali digelar pertemuan secara virtual yang membahas kerja sama energi terbarukan. Pada Agustus 2021, akan dilakukan pertemuan dengan pihak terkait agriculture dan agrifood. “Dan di bulan Oktober 2021, kami akan membawa delegasi bisnis untuk datang ke Sumut, bertemu dengan gubernur dan lokal partner untuk ke sini,” jelasnya.


Menyahuti keinginan kerja sama tersebut, Sekdaprov Sabrina pun mengatakan akan menyiapkan yang dibutuhkan untuk memulai kerja sama tersebut. “Hari ini saya mengajak langsung para Kepala Dinas terkait, guna membahas apa yang dibutuhkan untuk kerja sama kita,” ujarnya.


Pada pertemuan tersebut, Sabrina turut didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Arief Sudarto Trinugroho, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Tengku Amri Fadli, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Effendy Pohan dan Kepala Biro Pemerintahan, Otonomi Daerah Basarin Yunus Tanjung dan Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Zubaidi.


Tidak hanya membahas rencana kerja sama, Sabrina juga memanfaatkan momen terebut untuk memperkenalkan beberapa destinasi wisata yang ada di Sumut, termasuk Danau Toba. “Danau Toba itu keindahannya sudah diakui dunia, bila berkenan ketika nanti mengunjungi Sumut kembali, bisa turut singgah dan menikmati keindahannya,”ucapnya. (Rls)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Belanda Harapkan Kerja Sama dengan Sumut Segera Terwujud

Ads Responsif

Berita Lainnya

Ads Responsif