Ads Responsif

Iklan

Perdana di Indonesia, Tanding Catur Blind Chess di Dalam Mobil Drift Hingga Mendapatkan Rekor MURI

Sabtu, 10 April WIB Last Updated 2021-04-10T06:00:54Z
Raffi Ahmad saat bertarung melawan Women International Master Irene Sukandar. (Ist)


Jakarta, pelitatoday.com - 
Bertempat di Sirkuit J99 Maxx Drift, Lippo Village, Karawaci, Kabupaten Tangerang, Sirkuit J99 Maxx Drift menjadi rumah atas penyelenggaraan kegiatan tanding catur yang dihadiri oleh Raffi Ahmad, Irene Sukandar, serta pembalap nasional Akbar Rais, Danny Ferdito dan owner J99 Corp Gilang Widya Pramana. 


Akbar Rais dan Gilang Widya Pramana selaku pencetus dan penyelenggara event telah berhasil memecahkan rekor nasional dan dunia atas rekor Pertandingan Catur Pertama dalam Mobil Drifting. Pertandingan ini mengkolaborasikan antara dua olahraga, yakni olahraga catur dan balap mobil.


Akbar Rais sebagai salah satu pelatih dan founder di J99XAR Drifting School, memiliki inovasi ingin memajukan kembali olahraga catur dan memperkenalkan drifting agar lebih besar lagi di mata masyarakat Indonesia.


Duel pertandingan catur dilakukan oleh presenter Raffi Ahmad dan Women International Master Irene Sukandar, yang dilakukan di dalam mobil drifting bersama pembalap nasional Akbar Rais dan Danny Ferdito.


“Kejuaraan ini membuktikan bahwa GM Irene Sukandar merupakan seseorang yang profesional, karena  bermain catur selagi di mobil drifting akan mengalami banyak distraksi, sehingga sangat sulit untuk tetap fokus dan konsentrasi," ucap Akbar Rais.


Selama kurang lebih 10 menit, Irene Sukandar bertanding catur melawan Raffi Ahmad di dalam mobil drifting, Irene menyuruh asistennya yang duduk berada di depan Raffi untuk menggerakan bidik caturnya, dan setiap Raffi bermain pun asisten Irene akan menjelaskan melalui handy talky kepada Irene, namun  walaupun berusaha untuk tetap fokus tidak lama Irene menawarkan nilai seri (draw) kepada Raffi Ahmad, karena Irene sempat merasa pusing saat dibawa di dalam mobil drifting bersama Akbar Rais, sehingga dalam acara ini tidak ada pemenang.


Ide melakukan duel catur ini berawal dari obrolan Irene, Kaisar Jenius dengan Akbar Rais seorang drifter dan juga pemilik sekolah drifting J99XAR. Hingga akhirnya acara ini pun terwujudkan dan memiliki penghargaan MURI.


Pertandingan catur antara Raffi dan Irene pun berujung tayang di YouTube Rans Entertainment. Raffi memegang bidak hitam, menghadapi Irene yang berada di posisi menyerang dengan bidak putih, mengawali permainan dengan langkah E4. Lebih dari sepuluh menit pertandingan berjalan, Irene yang berada di dalam mobil drifting akhirnya menawarkan draw, dan diterima oleh Raffi. 


"Pusing banget, aku nahan mau muntah," ujar Irene saat keluar dari mobil. Raffi, yang di luar perkiraan dapat menahan imbang dan memaksa sang Grand Master bermain selama lebih 10 menit, mengakui kehebatan Irene. 


"Aku salut sama Grand Master, yang sudah dapat memperkirakan langkah selanjutnya dalam papan catur yang dia mainkan, bahwa dia selangkah lagi kalah," ujar Raffi.


Dokumen istimewa


Seri duel catur Irene Kharisma Sukandar berhasil mencapai rekor saat Grand Master putri itu melawan Raffi di Ahmad. 


"Ini adalah rekor catur pertama di dalam  clickrift car," ujar Wakil Direktur MURI, Osmar Semesta Susilo, usai pertandingan yang disiarkan di saluran YouTube RANS Entertainment.


Karena acara ini memiliki inovasi yang berbeda maka kegiatan ini ditampilkan perdana melalui media Rans Entertainment yang memiliki subscriber 19,8 Juta dengan harapan agar olahraga Catur dan Drifting di Indonesia mendapatkan kesadaran besar terhadap masyarakat.


“Acara ini adalah suatu inovasi baru, harapan saya semoga dengan adanya acara ini dapat membangkitkan dan meramaikan kembali olahraga di bidang catur maupun drifting," ujar Danny Ferdito pembalap nasional selaku rekan Akbar Rais.


Penutupan acara tanding catur ini dihadiri oleh pemilik usaha J99Corp Gilang Widya Pramana, selaku pemberi dukungan dan menyediakan hadiah untuk pertandandingan tersebut dengan total Rp 120 Juta.


Karena hasilnya draw, hadiahnya kita bagi dua sajajadi Rp 60 juta (untuk Irene) dan Rp60 juta (untuk Raffi)," kata Gilang.


Penulis: Dedy Haryadi

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Perdana di Indonesia, Tanding Catur Blind Chess di Dalam Mobil Drift Hingga Mendapatkan Rekor MURI

Ads Responsif

Berita Lainnya

Ads Responsif