Ads Responsif

Iklan

Sosok Rahma Sebagai Wali Kota, Selama Enam Bulan Ini yang Diperbuatnya Untuk Tanjungpinang

Kamis, 29 April WIB Last Updated 2021-04-29T02:34:52Z
Foto Istimewa (Dok: Prokompim)


Tanjungpinang -
Selama 6 bulan menjabat sebagai Wali Kota Tanjungpinang definitif, telah banyak yang dilakukan oleh Hj. Rahma S.IP dimasa kepemimpinannya yang selalu mengutamakan kepentingan masyarakatnya.


Berbagai kebijakan dan program telah dilakukan Rahma untuk menjadikan tanjungpinang lebih baik, baik itu di bidang pembangunan, meningkatkan pertumbuham ekonomi, juga mendatangkan investor untuk kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).


Rahma merupakan salah satu dari 50 perempuan berpengaruh di Indonesia dalam penanganan covid -19 versi koran Tempo, yang bertepatan peringatan hari Kartini 2021 yang disandingkan dengan Menteri Sosial telah menunjukkan karya nyata. Juga hal ini terbukti dengan perolehan penghargaan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (LAKIP) tertinggi di Kepri, dengan predikat BB.


Berbagai masalah kota dan pemenuhan kebutuhan masyarakat menjadi perhatian serius rahma. Penanganan banjir, antisipasi kelangkaan gas lpg 3 kg bersubsidi, pembangunan, infrastruktur jalan, hingga penyediaan air bersih dengan pemasangan pipa dari swro ke rumah warga, masih menjadi fokus utama Rahma dalam upayanya memenuhi kebutuhan masyarakat di semua lapisan.


Untuk penanganan banjir, telah mulai pengerjaan pembangunan polder, penanganan banjir di kawasan jalan pemuda dengan menggandeng balai wilayah sungai wilayah VI sumatera. Untuk penanganan kerusakan akibat banjir juga telah dilakukan pembangunan batu miring di pemukiman warga. Usaha mengantisipasi kelangkaan gas lpg 3 kg dengan pemberlakukan kartu pelanggan bagi rumah tangga sasaran dan pelaku usaha kecil dan mikro di kota tanjungpinang.


Pada sektor pembangunan di masa kepemimpinannya, telah dilakukan pembangunan serta rehabilitasi gedung, jalan dan drainase, di antaranya pembangunan puskemas sungai jang, renovasi kantor kecamatan dan kelurahan, pemasangan, perbaikan dan perbaikan lampu penerangan jalan umum yang dilakukan di sejumlah titik jalan umum, perumahan, dan taman kota, dilakukan pengaspalan jalan di beberapa ruas jalan pemukiman warga, serta perbaikan jalan pelantar di Kelurahan sei jang.


Selain itu, bukti kegigihan Rahma dalam membangun dan meningkatkan perekonomian di kota Tanjungpinang dapat dilihat dari kepercayaan investor yang masuk yang salah satunya membangun wahana hiburan trans studio garden, serta menjalin kerja sama dengan PT. Resor Bintan Cakrawala dalam pengembangan pariwisata dan membuka pekerjaan di kota Tanjungpinang. Juga telah ada investor yang akan membangun perumahan dengan konsep urban farming di kawasan senggarang. Rahma mendukung investor dengan mempermudah pengurusan perizinan investasi dan usaha di kota tanjungpinang.


Tidak hanya itu, program lainnya yaitu melalui zakat tahapan ASN yang terkumpul melalui baznas kota Tanjungpinang untuk membantu masyarakat yang tergolong 8 asnaf dengan cepat dan tepat. Bantuan berupa rehab rumah, pendidikan, bantuan usaha, serta zakat dalam bentuk beras dalam program jumat berkah, sebutir beras segenggam kasih sayang yang disalurkan setiap bulan kepada mustahik di 18 Kelurahan.


Memasuki tahun 2020, pandemi covid-19 melanda di seluruh dunia, begitu pula kota Tanjungpinang. Banyak aspek dan sektor terdampak, namun kondisi ini tidak menyurutkan semangat Rahma dan jajaran Pemerintah Kota Tanjungpinang untuk berjuang bersama mengedukasi masyarakat dengan kebiasaan kehidupan baru, memproteksi semua wilayah, melakukan vaksinasi, Pemesanan PKPM bersama Polres Tanjungpinang untuk penanganan covid dengan melahirkan kampung tangguh di semua kecamatan dan kelurahan, dan memperketat protokol kesehatan, serta tetap mengutamakan kepentingan dan kebutuhan pangan masyarakat di saat pandemi.


Strategi pemulihan ekonomi di Kota Tanjungpinang juga dilakukan Rahma bersama jajarannya dengan berbagai cara yaitu membantu pemasaran dan promosi produk IKM dan UMKM melalui penyediaan rak promosi di enam pasar modern (swalayan) yaitu swalayan pinang lestari, zoom, kurnia, pinang kencana, dan pasar raya 21.


Juga memfasilitasi sertifikasi halal secara gratis, hingga penyelenggaraan kegiatan bazar juadah nusantara yang menyajikan makanan khas melayu, pada setiap sabtu dan minggu di terminal sungai carang dan pelataran gedung gonggong taman laman boenda tepi laut.


“Bersama masyarakat dan pemangku kebijakan, Pemerintah Kota tanjungpinang akan terus berkembang dan bersinergi membangun daerah dengan semangat kebersamaan menuju tanjungpinang lebih sejahtera," ucap Rahma, Rabu (28/4/2021).


Sumber : Prokompim
Editor : Antoni
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Sosok Rahma Sebagai Wali Kota, Selama Enam Bulan Ini yang Diperbuatnya Untuk Tanjungpinang

Ads Responsif

Berita Lainnya

Ads Responsif

Ads x