Iklan

Jelang Idul Fitri, Pemerintah Tanjungpinang akan Perketat Pintu Masuk

Jumat, April 23, 2021 WIB Last Updated 2021-04-23T03:00:38Z
Advertisement
Foto Istimewa (Dok: Prokompim)


Tanjungpinang, pelitatoday.com -
Menjelang Hari Raya Idul Fitri dan dalam rangka mengantisipasi peningkatan kasus Covid-19, Kepolisian Resor (Polres) Tanjungpinang melakukan Rapat Koordinasi Bersama Pemko Tanjungpinang, TNI serta instansi terkait dalam rangka antisipasi arus mudik guna menekan peningkatan kasus Covid-19, serta persiapan operasi ketupat seligi 2021 di Kota Tanjungpinang.


Rakor tersebut dilaksanakan di Rupatama Antan Seludang, Polres Tanjungpinang, Jl. Ahmad Yani, Km 5, Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Kamis (22/4/2021).


Wali Kota Tanjungpinang, Hj. Rahma, S.IP mengatakan, Pemko Tanjungpinang bersama FKPD, TNI, Polri dan instansi terkait akan memperketat pengamanan, penanganan dan antisipasi ditiap-tiap pintu masuk baik di pelabuhan maupun di bandara. 


"Kita harapkan dengan adanya sinergitas untuk memperketat pintu masuk dapat berjalan dengan baik sesuai dengan arahan Presiden RI terkait larangan mudik lebaran sebagai langkah upaya menekan penyebaran Covid-19, tujuannya adalah untuk kebaikan bersama karena kita melihat kondisi Kota Tanjungpinang kasus Covid-19 cukup meningkat," ungkap Rahma.


Selain itu, Rahma juga mengatakan, akan dilakukan optimalisasi posko PPKM yang sudah dibentuk agar masyarakat sekitar dapat merasakan manfaat jika terdapat warga yang terkonfirmasi Covid-19. 


"Kampung Tangguh akan terus dioptimalisasi dengan mengaktifkan posko PPKM dengan upaya penanganan awal jika terdapat warga yang terkonfirmasi Covid-19," lanjutnya.


Terkait pelaksanaan ibadah tarawih di bulan suci Ramadhan, Rahma mengatakan memang masih ada beberapa rumah ibadah yang belum sepenuhnya menerapkan protokol kesehatan seperti menggulung sajadah, membuat jarak shaf dan jamaahnya masih ditemukan tidak memakai masker. Ia berharap tim gugus tugas atau tim kampung tangguh dapat bertindak dengan memberikan pemahaman terkait upaya pencegahan penyebaran Covid-19.


"Memang masih banyak ditemukan beberapa masjid yang belum mematuhi protokol kesehatan, kami hampir setiap hari melakukan safari Ramadhan, namun kami terus mengimbau agar DKM dapat mematuhinya, ini bukan hanya tugas Pemko untuk mengimbau dan mendisiplinkan prokes tetapi tugas kita semua dan seluruh masyarakat harus menanamkan kedisiplinan agar penyebaran Covid-19 ini tidak begitu cepat menyebar," terang Rahma.


Mengenai pelaksanaan takbir keliling, Rahma mengatakan karena masih dalam kondisi pandemi ditiadakan namun dibolehkan untuk di dalam masjid atau surau. 


"Takbir keliling kota kita tiadakan karena mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, namun kami perbolehkan setiap masjid dan surau untuk mengumandangkan takbir melalui pengeras suara sehingga kemeriahan Hari Raya Idul Fitri tetap dirasakan oleh masyarakat," pungkasnya.


Kapolres Tanjungpinang, AKBP Fernando mengatakan mulai Senin (26/4/2021) ini, Pemerintah Kota Tanjungpinang bersama Polres Tanjungpinang akan melakukan penyekatan dengan membuat 2 pos pengamanan yakni di Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) dan Bandara RAja haji fisabililah. Ia menjelaskan bahwa pada pos pengamanan yang sudah ditentukan itu akan dilakukan penyekatan bagi warga luar Kepri yang akan masuk ke Tanjungpinang. “Akan dimulai dari 26 April sampai akhir Mei 2021 mendatang,” kata Fernando.


Menurutnya, hal ini dilakukan untuk mengantisipasi warga mudik ke Tanjungpinang sebelum Idul Fitri. Lebih lanjut ia mengatakan, apabila sudah ada warga dari luar Kepri yang sudah terlanjur datang, maka akan dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu.


“Seperti dilakukan swab PCR, antigen atau rapid test, atau genose, kalau negatif tidak masalah, namun kalau positif hasilnya nanti akan diberikan tindakan seperti karantina dan lainnya,” sebutnya.


Dalam rapat tersebut turut hadir Danwing Udara 1, Danpomal, Danyonmarhanlan, Perwakilan Danrem 0315/Bintan, Ketua LAM Kota Tanjungpinang, Perwakilan KSOP, Perwakilan Angkasapura, Ketua MUI Kota Tanjungpinang, PCNU dan beberapa instansi terkait.


Sumber : Prokompim
Editor : Antoni
Advertisement

  • Jelang Idul Fitri, Pemerintah Tanjungpinang akan Perketat Pintu Masuk

Berita Lainnya

- Advertisement -

Ads x