Iklan

Amsakar Hadiri Musrembang di Kecamatan Sagulung, Ketua LPM: Sagulung Kini Tidak Serepot Tahun - Tahun Lalu

Kamis, Februari 25, 2021 WIB Last Updated 2021-02-25T16:29:17Z
Advertisement
Foto Istimewa (Dok: MCB)


Batam - Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad, menghadiri gelaran Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) 2022 tingkat Kecamatan Sagulung yang digelar di Sekolah Sentosa Perdana National SP Plaza, Sagulung, Rabu (24/2/2021) malam.

 

Ditulis oleh situs media center Pemko Batam, di Kecamatan Sagulung pada Tahun 2021 ada 135 paket kegiatan yang dilakukan.


"Jumlah ini cukup besar, disamping ada harapan ke depan semakin banyak lagi. Berbagai pembangunan ini, perlahan tapi pasti membuat wajah Sagulung semakin baik," ungkap Camat Sagulung, Reza Khadafi.


Sementara, Ketua LPM Sagulung Irwan Ibrahim juga menyampaikan hal serupa. Katanya, Sagulung kini telah mengalami banyak kemajuan, jalan yang sebelumnya berlumpur telah disemenisasi, fasilitas kesehatan dan pendidikan juga terus bertambah. Di samping itu semua, ia mengakui masih banyak pembangunan yang perlu dilengkapi secara bertahap.


"Memang pembangunan belum lengkap, tapi Sagulung kini tidak serepot tahun-tahun yang telah lalu," imbuhnya.


Harapan agar pembangunan dapat terus dilakukan di Sagulung tergambar dari harapan perwakilan seluruh LPM Kelurahan. Mereka meminta pembangunan fisik, fasilitas kesehatan, pendidikan dan lainnya.


Namun, Amsakar memahami semangat masyarakat menuju Batam lebih baik yang tergambar dari usulan-usulan yang ia terima. Akan tetapi, Amsakar  mengatakan terkait keterbatasan anggaran membuat pembangunan dilakukan dengan mempertimbangkan skala prioritas, terlebih kini Pendapatan Asli Daerah (PAD) Batam berkurang karena didera Pandemi Covid-19.


"Hal ini semua kembali ke anggaran, maka dari itu perlu skala prioritas," kata Amsakar.


Merujuk pada paparan Camat Sagulung, Amsakar menyebutkan di tengah keterbatasan yang ada, ia mensyukuri tahun ini Kecamatan Sagulung ketiban pembangunan hingga 135 paket kegiatan. Hal ini cukup banyak padahal dunia kini dihadapkan pada persoalan pandemi.


Namun demikian, lanjut Amsakar, pembangunan Batam tak boleh berhenti. Makanya, pihaknya Rudi-Amsakar tak patah arang mengarahkan semua potensi untuk membangun Batam semakin maju ke depan.


"Lima tahun yang telah kami jalankan, kalau kami terjebak pada rutininas wajah kota ini tak berubah. Efisiensi belanja pegawai kami lakukan, perjalanan dinas kami pangkas, rapat dan konsumsinya kami kurangi dan lain sebagainya," ujarnya.


Semua hal ini dilakukan tanpa harus menghilangkan tanjung jawab wajib seperti pendidikan, kesehatan hingga pembangunan yang berkaitan langsung dengan masyarakat.

 "Alhasil, makanya bisa jalan dibangun, masjid Sultan Mahmut Riayat Syah terbangun hingga dana PIK yang naik setiap tahunnya," tambah dia.


Pembangunan Batam juga dibackup dana dari Badan Pengusahaan (BP) Batam, hal ini seperti diketahui karena Wali Kota Batam Muhammad Rudi juga diamanahi Kepala BP Batam. Anggaran BP Batam ditujukan untuk membangun sejumlah infrastruktur yang berkaitan dengan kegiatan investasi. Dana Pemerintah Provinsi dan pemerintah pusat juga dikejar untuk melengkapi pembangunan di Batam.


"Alhamdulillah tahun ini saja, 15 proyek strategis yang dilakukan diluar PIK ini. Enam dari Pemko Batam, tujuh dari BP Batam, dan dua dari KemenPUPR," ungkap dia.


Ia memaparkan di antaranya yakni; pembangunan Jalan yang menghubungkan Batamcenter dan Bengkong via Ocarina, yang disertai jogging track hingga jalur sepeda. Jalan dari Batuamapr hingga Kodim, bertahap hingga Simpang Kepri Mall. Simpang di dekat Dutamas, Simpang Barelang atau Tembesi yang merupakan akses menuju Rempang Galang, Simpang Basecamp yang menghubungkan Sagulung, Batuaji dan Sekupang.


Pembangunan dua jalur dari Seitemiang ke Simpang Basecamp, Simpang seiharapan ke pelabuhan sekupang, Simpang Komplek Industri Taiwan ke Batubesar hingga ke arah Polda Kepri. Belum lagi pembenahan bandara, hingga pelabuhan, hingga KEK kesehatan di RSBP Batam. Flyover kedua di Simpang Kepri Mall juga terus dikoordinasikan ke pemerintah pusat dan juga Jembatan Batam Bintan.


"Melihat lompatan-lompatan besar ini, nikmat tuhan yang mana yang kita dustakan. Bisa kita bayangkan moleknya Batam ke depan, Sagulung juga akan molek. Makanya kami ajak mari bersatu padu membangun Batam ini," pungkasnya.


Editor : Pineop Siburian

Advertisement

  • Amsakar Hadiri Musrembang di Kecamatan Sagulung, Ketua LPM: Sagulung Kini Tidak Serepot Tahun - Tahun Lalu

Berita Lainnya

- Advertisement -

Ads x