Iklan

Belum Selesai Masalah Covid-19, Berikut Deretan Musibah di Indonesia Awal Tahun 2021

Senin, Januari 18, 2021 WIB Last Updated 2021-01-18T13:40:06Z
Advertisement
Foto Ilustrasi Bencana Alam. (Ist)


Pelitatoday.com
- Belum hilang rasa ketakutan dan kecemasan serta ketidakpastian yang dialami oleh hampir semua penduduk dunia,  terkhusus di Wilayah Indonesia dalam menghadapi wabah Pandemi Covid-19 yang terjadi sejak awal tahun 2020.


Berlanjut di awal tahun 2021, Indonesia kembali mengalami sejumlah musibah, yang menuntut Pemerintah Indonesia melakukan hal-hal yang sigap untuk memberikan pertolongan kepada para korban.


Berikut catatan atau rentetan peristiwa yang terjadi pada periode awal tahun 2021 yang menjadi sorotan di Wilayah Indonesia.


1. Peristiwa Jatuhnya Sriwijaya Air SJ-182


SAR Mission Coordinator (SMC) sekaligus Direktur Operasi Basarnas Brigjen TNI Marsekal Rasman (tengah) menyampaikan keterangan saat serpihan pesawat Sriwijaya Air SJ 182 tiba di Dermaga JICT 2, Tanjung Priok, Jakarta, Minggu (10/1/2021). (merdeka.com)


Peristiwa jatuhnya Pesawat Sriwijaya Air SJ-182 yang jatuh diperairan Kepulauan Seribu pada Sabtu sore 9 Januari 2021. Jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ-182 ini memakan korban sebanyak 62 orang korban.


2. Longsor di Sumedang, Provinsi Jawa Barat.


Pencarian korban longsor parah di Sumedang, Jabar (Foto Viva.co.id)


Bencana longsor di Sumedang terjadi pada 9 Januari tepatnya di Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung. Dari data sementara terdapat 1.000 orang lebih yang mengungsi akibat bencana tersebut. Selain itu ada banyak korban luka-luka dan meninggal dunia akibat dari bencana longsor tersebut.


3. Banjir di Kalimantan Selatan


Salah satu sungai di Kota Banjarmasin yang debit airnya cukup tinggi hingga meluap ke pemukiman warga di Kalimantan Selatan, 14 Januari 2021. (Antaranews Kalsel/Sukarli)


Hujan deras disertai kilat dan angin kencang pada 12-14 Januari mengakibatkan banjir yang menggenangi sejumlah wilayah di Kalimantan Selatan (Kalsel).


Salah satu wilayah yang terdampak parah akibat bencana banjir ini adalah Kabupaten Balangan, yang terletak di bagian utara Kalimantan Selatan.


4. Gempa di Sulawesi Barat


Kondisi kantor Gubernur Sulawesi Barat yang rusak akibat gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,2 terlihat dari KRI Teluk Ende-517 di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat. (Foto: Arsip CT Arsa)

Gempa di Sulawesi Barat terjadi pada Kamis (14/1/2021). Gempa pembuka dengan magnitudo 5,9 terjadi di Majene, Sulawesi Barat (Sulbar). Kemudian disusul gempa kedua yang juga terjadi di Majene dengan magnitudo 6,2 pada hari, Jumat (15/1/2021) dini hari. Selain memakan banyak korban jiwa dan luka-luka, gempa ini juga menimbulkan kerugian yang sangat besar.


5. Banjir dan longsor di Manado, Sulawesi Utara


Hujan yang mengguyur Kota Manado, sejak pertengahan Januari 2014, menyebabkan banjir bandang. (Foto : Mangobay.co.id)

Banjir dan tanah longsor terjadi di Kota Manado, Sulawesi Utara pada Sabtu (16/1/2021) pukul 15.09 WITA. Bencana yang diakibatkan hujan dengan intensitas tinggi dan struktur tanah yang labil tersebut menyebabkan 500 jiwa harus mengungsi.


6. Erupsi Gunung Semeru


Bupati Lumajang Thoriqul Haq lewat akun Twitter @Thoriqul_haq, memposting video erupsi yang terjadi pada pukul 17.24 WIB dengan gumpalan awan panas raksasa meluncur hingga jarak 4,5 kilometer. Twitter.com


Gunung Semeru di Jawa Timur mengalami erupsi pada Sabtu (16/1/2021). mengakibatkan hujan abu vulkanik di beberapa wilayah di Kabupaten Probolinggo.  (**)



Catatan : Artikel ini adalah rangkuman peristiwa yang menjadi perhatian Pemerintah Pusat, yang dilansir pelitatoday.com dari berbagai sumber.



Editor : Pino Siburian
Advertisement

  • Belum Selesai Masalah Covid-19, Berikut Deretan Musibah di Indonesia Awal Tahun 2021

Berita Lainnya

- Advertisement -

Ads x