Iklan

Direktur ABH Jawab Soal Polemik Penyaluran Air Bersih di Batam, Singgung 5 Tahun Tanpa Penambahan Kapasitas

Selasa, Juni 13, 2023 WIB Last Updated 2023-06-13T07:01:44Z
Advertisement
Direktur operasional air batam hulu - hilir (ABH), Muji Aman. (ist)

Batam, pelitatoday.com - Sejumlah polemik yang terjadi dalam pelayanan penyaluran air bersih di kota Batam diperkirakan akan selesai dalam tempo 2 bulan kedepan.


Hal ini disampaikan oleh Muji Aman selaku direktur operasional air batam hulu - hilir (ABH), yang merupakan perusahaan dibawah naungan PT. Moya saat melakukan temu silaturahmi dengan sejumlah pimpinan media di warung kopi D'Atok Batam Center. Selasa (13/06/2023).


"Kita lihat pembangunan di kota Batam saat ini ada diarena bukit-bukit sehingga tidak mampu untuk mendorong air diakibatkan instalasi jaringan yang perencanaan nya 25 tahun yang lalu, sehingga harus dipasang pompa pendorong (Mini Booster). Salain itu, ada juga penambahan kapasitas mungkin tidak kurang dari 2 bulan kedepan akan selesai dilakukan oleh BP Batam," kata Aman.


Lanjut Aman, berkembangnya Kota Batam secara otomatis pemasangan sambungan/meteran baru turut bertambah sekitar 20.000 per tahun. Padahal faktanya penambahan kapasitas selama 5 tahun terakhir tidak ada. Hal Inilah yang menjadi penyebab gangguan penyaluran air bersih ke sejumlah titik tidak normal.


"Kapasitas yang kita terima setelah konsesi adalah 3200 Lbs. Faktanya yang saya lihat selama 5 tahun belakangan tidak ada penambahan kapasitas, jika dikalikan sudah 100.000 pemasangan baru. Inilah kita berharap secepatnya ada penambahan kapasitas," kata Aman.


Sehingga kata Aman, BP Batam saat ini sedang melakukan pembangunan penambahan kapasitas di beberapa titik waduk dengan perkiraan kapasitas naik 10% dari yang saat ini.


"Sesuai janji, akan selesai bulan Agustus ini. Selain penambahan kapasitas nantinya, kita juga akan memanfaatkan instalasi yang ada dan memperkuat agar bisa mendorong air lebih banyak," pungkasnya.


Diakhir pemaparannya, Aman menyampaikan pihaknya akan melaporkan soal perkembangan kenaikan kapasitas yang saat ini sedang dibangun oleh BP Batam kepada media. (PS)

Advertisement

  • Direktur ABH Jawab Soal Polemik Penyaluran Air Bersih di Batam, Singgung 5 Tahun Tanpa Penambahan Kapasitas

Berita Lainnya

- Advertisement -

Ads x