Advertisement

Iklan

Wamen ATR/BPN Yakin Karimun Siap Jadi Tuan Rumah GTRA 2023

Rabu, Februari 08, 2023 WIB Last Updated 2023-02-08T11:56:17Z
Advertisement
Wakil Menteri (Wamen) Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Raja Juli Antoni saat melakukan konferensi pers. (Ist)

Karimun, pelitatoday.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karimun, Provinsi Kepulauan Riau terus menggesa dan menunjukkan kesiapannya sebagai calon tuan rumah Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) Summit tahun 2023.


GTRA Summit merupakan suatu pertemuan puncak dari rangkaian pembahasan lintas sektor yang difasilitasi melalui forum GTRA (forum kerja sama lintas sektor) yang dibentuk oleh Peraturan Presiden No. 86 Tahun 2018 tentang Reforma Agraria, dengan tanggung jawab menuntaskan hambatan pelaksanaan Program Strategis Nasional Reforma Agraria.


Setelah mematangkan persiapan secara internal, kini Wakil Menteri (Wamen) Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Raja Juli Antoni melakukan kunjungan kerja  (kunker) ke Kabupaten Karimun, Rabu (8/2/2023).


Kunker tersebut dilakukan untuk melihat secara langsung kesiapan Kabupaten Karimun sebagai tuan rumah GTRA Summit yang direncanakan akan digelar pada Agustus/September 2023 mendatang.


Wamen ATR/BPN dalam kunker ini didampingi langsung oleh Gubernur Kepri Ansar Ahmad dan Bupati Karimun Aunur Rafiq.


Setibanya di Pelabuhan Domestik Tanjungbalai Karimun sekitar pukul 10.00 Wib, Wamen ATR/BPN langsung menuju sejumlah lokasi yang disiapkan sebagai tempat penyelenggaraan GTRA Summit 2023.


Sejumlah tempat yang disiapkan dan dikunjungi oleh Wamen tersebut diantaranya Panggung Putri Kemuning Coastal Area, Gor Indoor Badang Perkasa dan Stadion Sepakbola Badang Perkasa.


Usai peninjauan, Wamen ATR/BPN kemudian melanjutkan rangkaian kunker nya dengan menyerahkan sertifikat tanah kepada penerima di Gedung Nasional Karimun.


Wamen ATR/BPN Raja Juli Antoni dalam keterangannya akan langsung melaporkan hasil peninjauan tersebut kepada Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto dan Presiden RI Ir Joko Widodo.


GTRA Summit sendiri memang umumnya dibuka secara langsung oleh Presiden setiap tahunnya.


"Setelah ini saya akan melaporkan kesiapan dan keseriusan oleh Gubernur Kepri dan Bupati Karimun untuk menjadi tuan rumah GTRA Summit 2023 ," kata Wamen.


Dari peninjauannya tersebut, Wamen menyampaikan keyakinannya bahwa Kabupaten Karimun akan mampu menjadi tuan rumah GTRA Summit 2023.


"Saya pribadi yakin Kabupaten Karimun bisa jadi tuan rumah apalagi dengan budaya melayunya yang sangat menghargai tamu," terang Wamen.


Sementara itu, Bupati Karimun Aunur Rafiq mengucapkan terima kasih atas kunjungan Wamen ATR/BPN Raja Juli Antoni.


Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan penegasan bahwa Kabupaten Karimun sangat siap menjadi tuan rumah GTRA summit 2023.


"Kabupaten Karimun sangat siap menyambut GTRA Summit 2023, baik secara fasilitas maupun aspek lainnya sudah dipersiapkan. Semoga Karimun bisa ditetapkan menjadi tuan rumah," kata Bupati.


Bupati menyampaikan bahwa Kabupaten Karimun merupakan daerah yang berada di perbatasan, sehingga Karimun sangat siap dan bangga apabila nantinya ditetapkan sebagai tuan rumah.


"Kami siap menyambut bapak Presiden RI dan ribuan peserta GTRA Summit 2023 di Kabupaten Karimun," terangnya. (Ros)

Advertisement

  • Wamen ATR/BPN Yakin Karimun Siap Jadi Tuan Rumah GTRA 2023

Berita Lainnya

- Advertisement -

Ads x