Iklan

Pastikan Kualitas Air Bersih, Air Batam Hulu Menutup Semua Saluran Potensi Pencemaran

Jumat, Februari 10, 2023 WIB Last Updated 2023-02-10T15:44:45Z
Advertisement
Potret waduk Sei Ladi Batam yang merupakan salah satu penghasilan air bersih untuk wilayah Batam. (dok: ist)

Batam, pelitatoday.com -  Air Batam Hulu (ABHu) telah menutup semua saluran yang berpotensi mengakibatkan penurunan kualitas air baku baik pencemaran fisik, kimia, maupun biologik. 


Hal ini dilakukan sebagai upaya dan tindakan secara bertahap atas permasalahan yang terjadi pada proses pengolahan air bersih di Instalasi Pengolahan Air (IPA) Sei Ladi.


Sesuai rilis yang yang diterima pelitatoday.com, SPAM Batam ABHu menyampaikan bahwa faktor utama yang menjadi penyebab penurunan kualitas air baku beberapa faktor, di antaranya adanya pencemaran akibat kegiatan di daerah tangkapan air Waduk Sei Ladi seperti pengerukan atau pemotongan tebing tanah, pelebaran jalan dan influent lain melalui selokan-selokan air yang ada di sekitar waduk. Pencemaran itulah yang bercampur dan masuk ke dalam air waduk.


Selain faktor pencemaran, curah hujan yang tinggi yang menggerus humus atau zat organik lainnya juga mengakibatkan penurunan kualitas air waduk. 


Sementara, pengaruh yang cukup signifikan atas faktor-faktor penyebab di atas terutama adanya parameter warna dan Zat Besi (Fe) yang menyebabkan air berwarna kuning pada pipa distribusi. 


"Atas kondisi ini, ABHu melakukan oksidasi dengan proses penambahan pengudaraan atau aerasi serta penambahan pre chlorine di IPA sei Ladi. Secara umum nilai parameter kekeruhan dan parameter lainnya masih memenuhi Standar Permenkes No. 492/Tahun 2010. Upaya lainnya adalah dengan cara menurunkan produksi sekitar 5% s.d.10%," tulisnya.


Selain dari upaya-upaya yang dilakukan secara internal ABHu, diperlukan adanya pengawasan secara terus menerus dari pihak terkait yang berkewenangan dalam menjaga ketersediaan air waduk.


"Agar kelangsungan waduk tetap terjaga dan terpelihara dengan baik dan terhindar dari adanya pencemaran serta penyebab-penyebab lainnya," jelasnya.


Terkait hal di atas, ABHu menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi. Pihaknya berkeyakinan bahwa upaya dan strategi yang dilakukan dapat mengatasi permasalahan air baku yang terjadi, sehingga kualitas, kuantitas dan kontinuitas suplai air bersih yang diterima pelanggan dapat tetap dipertahankan dan terjaga secara baik. ***


Editor: Siburian 

Advertisement

  • Pastikan Kualitas Air Bersih, Air Batam Hulu Menutup Semua Saluran Potensi Pencemaran

Berita Lainnya

- Advertisement -

Ads x