Advertisement

Iklan

16 Sekolah Menengah Ini Sudah Daftar Ikut Turnamen Futsal Piala Kepala BP Batam, Jelang TM Ada Yang Bilang Ngeri

Senin, Februari 27, 2023 WIB Last Updated 2023-02-27T11:14:03Z
Advertisement
Pemenang turnamen futsal Piala Kepala BP Batam tahun 2022 lalu. (ist)

Batam, pelitatoday.com - Dunia pendidikan seharusnya bebas dari praktek politik. Sebagai generasi penerus bangsa, siswa-siswi harus diberikan ruang yang luas untuk mengasah keterampilan, seperti hal nya mengikuti berbagai turnamen.


Namun, di Batam sendiri, sejumlah sekolah pendidikan menengah (SMA/SMK) yang notabene dikelola oleh Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau sesuai amanat Undang-Undang No. 23 Tahun 2014, terkesan harus legowo jadi korban keputusan atasan, dan batal ikut turnamen futsal Piala Kepala BP Batam 2023.


Dimana, baru-baru ini panitia turnamen futsal Piala Kepala BP Batam membatalkan turnamen futsal untuk kategori SMA/SMK. Hal ini dilakukan pasca sejumlah sekolah memilih mundur karena panitia tidak memiliki izin dari Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau.


Berikut berbagai alasan yang dikirimkan oleh pihak sekolah yang bermaksud memilih mundur membuat panitia membatalkan.


"Terkait izin rekomendasi dari Dinas, Kepsek minta nya rekomendasi dari Kadis Pak Agung. Bukan dari kacabdis pak Nur Muhammad," cuplikan salah-satu percakapan panitia dengan pihak sekolah.


"Asli ngeri ya kalau dunia pendidikan ini, sudah dimasuki politik. Kami (sekolah) yang kemarin sudah jelas bisa ikut, sekarang jadi abu-abu. Dari info yang beredar, kami sepertinya tidak dapat izin lagi untuk ikut," tulis pihak sekolah lain kepada panitia.


Dari catatan panitia, sejak 11 Januari 2023 pihaknya sudah membuat pengumuman di media sosial. Namun, hingga tanggal 24 Februari 2023, peserta yang mendaftar secara lengkap dengan administrasi baru 16 sekolah. Disusul adanya 10 Sekolah baru sebatas mendaftar namun belum melengkapi administrasi. Sementara, ada sekitar 15 Sekolah yang sama sekali tidak mendaftar.


"Ini untuk daerah se-Batam ya. Dari 16 tim yang sudah mendaftar lengkap, satu hari menjelang TM (teknikan meeting) ada yang mengaku tidak bisa ikut lagi, ada yang minta izin rekom Kadis," kata Ketua panitia pelaksana turnamen Piala Kepala BP Batam, Mahmudi Bep, kepada pelitatoday.com. Senin (27/02/2023).


Berikut daftar sekolah yang sudah resmi mendaftar tim nya untuk mengikuti turnamen futsal Piala Kepala BP Batam sebelum dibatalkan oleh Panitia.


1. SMK Negeri 1 Batam

2. SMK Negeri 5 Batam

3. SMK Negeri 7 Batam

4. SMK Negeri 3 Batam

5. SMA Negeri 5 Batam

6. SMK MHS

7. SMK Maritim

8. SMA Negeri 12 Batam

9. MAN USB Batam

10. MAN 1 Batam

11. SMK Muhammadiyah Batam

12. SMK Kartini Batam

13. SMA Hang Tuah

14. SMA Basic

15. SMK Aljabar Batam

16. SMA Negeri 23 Batam.


Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau, Andi Agung mengatakan, pihaknya sudah memberikan izin untuk sekolah SMA/K mengikuti turnamen futsal Piala Kepala BP Batam melalui Dinas Pendidikan Cabang Batam. Walau diakuinya izin itu dikeluarkan tanpa sepengetahuan Dinas Pendidikan Provinsi Kepri.


"Kita mendukung kok. Izin itu sudah dikeluarkan oleh Disdik cabang Batam. Saya juga tidak tahu surat itu ada saya lagi diluar kota. Kita tidak ada melarang karena surat dari istana sport itu juga sudah masuk ke sekolah," ucap Andi dilansir dari laman transkepri.com


Baca Juga: Buntut Penarikan Sekolah Ikut Turnamen Futsal Piala BP Batam, Sirajudin Nur Kecam Sekolah Larang Siswa Berprestasi


Lanjut Andi, pihaknya tidak melarang para siswa SMA/K mengikuti turnamen futsal tersebut. Penarikan diri terhadap siswa sekolah SMA/K itu dikarenakan persiapan untuk ujian. Sebab, bisanya turnamen itu digelar di akhir tahun bukan di awal tahun.


"Kalau pun semua sekolah SMA/K itu menarik diri karena memang persiapan mau ujian. Jangan sampai mengganggu pembelajaran soalnya. Kan tanggal 13 Maret 2023 mau ujian. Itukan satuan pendidikan pasti kita berikan laluan lah jadi tak mesti kepada Dinas," ucapnya.


Editor: Siburian 

Advertisement

  • 16 Sekolah Menengah Ini Sudah Daftar Ikut Turnamen Futsal Piala Kepala BP Batam, Jelang TM Ada Yang Bilang Ngeri

Berita Lainnya

- Advertisement -

Ads x