Iklan

Gubernur Ansar Kunjungi Kanwil DJBC Khusus Kepri

Kamis, Oktober 13, 2022 WIB Last Updated 2022-10-13T07:34:05Z
Advertisement
Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad secara langsung mengunjungi Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC) Khusus Kepulauan Riau di Karimun. (dok: DK)

Kepri, pelitatoday.com - Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad secara langsung mengunjungi Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC) Khusus Kepulauan Riau di Karimun, Rabu (12/10). 


Dalam kunjungan ini, Gubernur Ansar bersama Kakanwil DJBC Khusus Kepri Akhmad Rofiq selain bersilaturahmi sekaligus saling berdiskusi terkait potensi laut Kepri.


Dalam penyampaiannya, Gubernur Provinsi Kepri H Ansar Ahmad mengatakan melihat kondisi letak geografis Provinsi Kepri hampir berbatasan dengan seluruh negara ASEAN  sangat berpotensi terjadinya penyelundupan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. 


"Kepri sangat beresiko terjadinya penyelundupan barang di laut Kepri, untuk itu kita berharap bersama melalui DJBC Khusus Kepri ini dapat meminimalisir terjadinya tindak penyelundupan tersebut,"ujar Ansar di Ruang kerja Kakanwil DJBC Kepri. 


Tak hanya berdiskusi terkait potensi laut Kepri, Gubernur Provinsi Kepri juga membahas pemanfaatan potensi laut Kepri.

Pusat Logistik Berikat (PLB) dapat menjadi salah satu pilihan untuk memanfaatkan peluang dari potensi strategis Kepri. 


"Kondisi strategis Kepri yang langsung berbatasan dengan negara tetangga Malaysia dan Singapura harus benar-benar dapat kita manfaatkan dengan baik. Untuk itu, keberadaan PLB sangat penting dalam menangkap peluang tersebut," tegas Ansar


Gubernur Ansar juga mengapresiasi penerapan SPBE yang dilaksanakan Kanwil DJBC Khusus Kepri yang dinilai sangat baik dalam upaya pencegahan terjadinya korupsi. 


"Kondisi dan lingkungan di dalam kantor sangat baik, bahkan sudah menerapkan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE), semua telah dilakukan secara terkomputerisasi dengan baik dan lengkap seperti di luar negeri,sehingga dengan sistem ini mampu mencegah terjadinya korupsi," ujar Ansar 


Sementara itu, menanggapi pemaparan Gubernur Ansar, Kakanwil DJBC Akhmad Rofiq menyampaikan bahwa, saat ini DJBC Provinsi Kepri terus melakukan pengawasan dan berpatroli di laut perbatasan guna melakukan pencegahan terhadap adanya penyelundupan ke Kepri. 


"Memang benar, terkait situasi dan kondisi laut Kepri seperti itu, untuk itu kami akan terus berupaya melakukan pencegahan terhadap penyelundupan ini, khusus bersama dengan instansi pemerintah lainnya dalam mencegah terjadinya penyelundupan di laut," tutur Akhmad. 


Tak hanya itu, Akhmad juga Akhmad menambahkan bahwa Kanwil DJBC Khusus Kepri siap mendukung dan mengikuti instruksi Gubernur Ansar, terkait perencanaan pembangunan PLB di Provinsi Kepri. 


"Pembangunan PLB di Provinsi Kepri memang sangat bermanfaat bagi pendapatan daerah. Intinya, kami siap mendukung dan mengikuti arahan pak Gubernur terkait bagaimana dan apa saja dalam pembangunan tersebut nantinya," gagas Akhmad. 


Usai kegiatan diskusi tersebut, Kakanwil Akhmad mengajak Gubernur Ansar untuk mengelilingi dan meninjau langsung bagaimana sarana dan prasarana yang dimiliki perkantoran DJBC Khusus Kepri. (DK/R03)

Advertisement

  • Gubernur Ansar Kunjungi Kanwil DJBC Khusus Kepri

Berita Lainnya

- Advertisement -

Ads x