• Ikuti!

    - Advertisement -

    - Advertisement -

    Mencerahkan Informasi Anda

    Iklan

    - Advertisement -

    Warga Perbatasan Kembali Serahkan Senjata Api Rakitan ke Satgas Pamtas RI-MLY Yonif 645/GTY

    Sabtu, 27 Agustus WIB Last Updated 2022-08-27T05:50:00Z
    Foto Istimewa.

    JAKARTA - Memasuki tiga bulan penugasan Satgas Pamtas Yonif 645/GTY kembali berhasil mendapatkan 1 pucuk senjata api rakitan jenis lantak secara sukarela dari seorang warga perbatasan, Di Dsn Padang Ds. Siding Kec. Siding Kab. Bengkayang. 


    Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 645/GTY Letkol Inf Hudallah, S.H. dalam keterangan tertulisnya di Makotis Gabma Entikong Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, Jumat (26/8/2022).


    Diungkapkan Dansatgas, penyerahan senjata api rakitan yang dilakukan oleh seorang warga perbatasan tersebut didasari atas pendekatan yang dilakukan secara persuasif oleh anggotanya dan Keberhasilan ini tidak lepas dari kegiatan teritorial yang terus menerus dilaksanakan oleh Satgas kepada masyarakat di wilayah penugasan sehingga membuat warga percaya dan menyerahkan senjata kepada Satgas.


    "Penyerahan senpi ini bermula ketika personel Pos Gunung Anggas dipimpin Letda Inf Rintho Lomboan dan Takes Pos Gunung Anggas melaksanakan kegiatan anjangsana ke rumah Bapak GR sekaligus menanyakan kondisi kesehatan istrinya yang sakit dan sempat berobat dengan Takes Pos Gunung Anggas, " jelas Dansatgas. 


    “Bapak GR mengaku bahwa Saat sedang berbincang-bincang dengan Danpos Gunung Anggas menyampaikan dan menawarkan utk menyerahkan 1 pucuk senjata api rakitan jenis lantak  yangmg dia punya sebagai bentuk rasa terimakasih dan simpati kepada Pos Gunung Anggas yg telah membantu dan telah memberikan pengobatan kepada istrinya sehingga kondisinya sudah membaik, " imbuhnya. 


    Menurut pengakuan GR bahwa senjata rakitan jenis lantak ini dahulu digunakan olehnya untuk berburu akan tetapi sekarang sudah tidak lagi melakukan kegiatan berburu, oleh karena itu  menurutnya, dari pada benda ini membahayakan dirinya dan orang lain maka disitulah dengan kesadaran, ikhlas dan tanpa ada paksaan GR menyerahkan senjata tersebut kepada Satgas Pamtas.


    " MHal ini juga dikarenakan kedekatan Satgas Pamtas Yonif 645/GTY dengan masyarakat sekitar, dan seringnya memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang bahayanya memiliki senjata api rakitan tanpa dilengkapi dengan surat-surat yang sah, " tutup Dansatgas. (Dispenad)

    Komentar
    Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
    • Warga Perbatasan Kembali Serahkan Senjata Api Rakitan ke Satgas Pamtas RI-MLY Yonif 645/GTY

    Berita Lainnya

    - Advertisement -

    Ads x