• Ikuti!

    - Advertisement -

    - Advertisement -

    Mencerahkan Informasi Anda

    Iklan

    - Advertisement -

    Dalam Rangka HUT Ke 76 Pomad, Danpuspomad Napak Tilas MBPT Pertama di Yogyakarta

    Senin, 30 Mei WIB Last Updated 2022-05-30T01:59:40Z

     

    Foto Istimewa. (Dok: Dispenad)

    JAKARTA - Danpuspomad Letjen TNI Chandra W Sukotjo, M.Sc. didampingi Ketua Persit KCK Pengurus Cabang BS Pusposmad Ny. Tamara Chandra W. Sukotjo melaksanakan Napak di Asrama Pomad Sentulrejo Yogyakarta.


    Dalam keterangan tertulis Penerangan Puspomad, Minggu (29/5/2022), latar belakang dilaksanakannya Napak Tilas di Asrama Pomad Sentulrejo dengan mempertimbangkan bahwa Gedung yang saat ini menjadi Sekolah Taman Kanak-kanak (TK) dan berada di area Asrama Pomad Sentulrejo pada tahun 1947 difungsikan sebagai kantor Markas Besar Polisi Tentara (MBPT) dengan pimpinannya adalah Panglima Polisi Tentara Jenderal Mayor Polisi Tentara R. Santoso, dimana Kantor MBPT tersebut sebagai cikal bakal dari Kantor pertamanya Markas Besar Polisi Militer Angkatan Darat, setelah dibentuknya Divisi Gadjah Mada pada tanggal 22 Juni 1946 di Hotel Kopeng Kabupaten Semarang (dahulu masuk wilayah Salatiga) 


    "Karena memiliki nilai historis perjuangan bangsa khususnya dalam perjalanan Sejarah Corps Polisi Militer TNI Angkatan Darat sehingga Napak Tilas ini dianggap penting untuk dilaksanakan agar diketahui dan dipahami oleh seluruh prajurit Pomad sehingga lebih mengenal jati diri dan sejarahnya secara benar, " tutur Danpuspomad.


    Lebih lanjut Danpuspomad menyampaikan, dengan mengenali jati diri dan sejarahnya diharapkan dapat menumbuhkan kecintaannya terhadap Corps dan negara serta bangsanya.


    Kegiatan Napak Tilas  diawali foto bersama, lalu penyampaian Sejarah Markas Besar Polisi Tentara (MBPT) yang cikal bakal sebagai Kantor pertama, yang disampaikan oleh  Drs Darto Harnoko.


    Dalam sambutannya, Danpuspomad menyampaikan, sejarah harus tertulis dengan yang sebenarnya agar menjadi referensi dan bekal pengetahuan perjalanan sejarah bangsa.


    Selesai sambutan, dilaksanakan bakti sosial berupa pembagian sembako oleh Danpuspomad kepada para Purnawirawan dan Warakawuri Pomad yang berdomisili di Kota Yogyakarta.


    Kegiatan ini dihadiri oleh Dircab Puspomad Brigjen TNI Ekoyatma Parnowo, Kapuslemasmil Babinkum TNI Brigjen TNI Eka Wijaya Permana, S.H., Danpomdam IV/Dip Kolonel Cpm Widyo Wahyono,  Danpomdam Jaya Kolonel Cpm Rory Ahmad Sembiring, Dandenpom IV/2 Yogyakarta Letkol Cpm Mapangara dan Kasdim 074/ Yka Letkol Arh Catur serta para Purnawirawan/Warakawuri Pomad. Selama kegiatan tetap memperhatikan protokol kesehatan. (Dispenad)

    Komentar
    Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
    • Dalam Rangka HUT Ke 76 Pomad, Danpuspomad Napak Tilas MBPT Pertama di Yogyakarta

    Berita Lainnya

    - Advertisement -

    Ads x