• Ikuti!

    - Advertisement -

    - Advertisement -

    Mencerahkan Informasi Anda

    Iklan

    - Advertisement -

    Bupati Aunur Rafiq Buka MTQ Kabupaten Karimun Tahun 2022

    Sabtu, 26 Maret WIB Last Updated 2022-03-26T15:24:00Z
    Foto Istimewa. (Dok: Diskominfo)

    Karimun - Bupati Dr H Aunur Rafiq S.Sos M.Si resmi membuka Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kabupaten Karimun ke XIV atau tahun 2022 di Masjid Agung Karimun, Sabtu (26/3/2022).


    Pembukaan MTQ tingkat Kabupaten Karimun tahun 2022 ini juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah Karimun, Drs H Muhammad Firmansyah M.Si, Ketua DPRD Karimun, Muhammad Yusuf Sirat S.IP, Kepala Kementerian Agama Karimun, Drs H Jamzuri M.Si dan FKPD serta tokoh agama dan tokoh masyarakat.


    MTQ Kabupaten Karimun berlangsung selama dua hari 26 Maret 2022 - 27 Maret 2022 dan diikuti sebanyak 217 kafilah dari 14 Kecamatan.


    MTQ tahun ini mengusung tema 'Dengan MTQ ke XIV Tingkat Kabupaten Karimun tahun 2022 Mari Kita Bangun Generasi yang Sehat, Cerdas dan Berakhlak dengan Berawawasan Al-Qur'an'.


    Bupati Karimun dalam sambutannya menyampaikan bahwa MTQ yang digelar setiap tahunnya merupakan ajang untuk menyiarkan dan memuliakan ayat-ayat suci Al-Quran.


    Meskipun pada tahun ini MTQ Kabupaten Karimun harus digelar secara sederhana serta masih mematuhi protokol kesehatan yang ketat akibat masih mewabahnya Covid-19.


    "Tahun ini memang masih sederhana karena adanya pandemi Covid-19, namun hal itu sama sekali tidak mengurangi semangat dari para kafilah-kafilah kita untuk melantunkan ayat-ayat suci Al-Quran," kata Bupati Karimun.


    Foto Istimewa. (Dok: Diskominfo)

    Bupati Aunur Rafiq menyampaikan bahwasannya MTQ Kabupaten Karimun digelar sebagai ajang seleksi bagi para kafilah untuk bertanding di MTQ tingkat Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) di Kabupaten Kepulauan Anambas.


    "MTQ juga sebagai ajang seleksi bagi kafilah, jika kafilah berhasil meraih nilai terbaik atau juara maka akan kita siapkan untuk menjadi utusan Karimun dalam MTQ tingkat Provinsi Kepri di Anambas," paparnya.


    Bupati meyakini digelarnya MTQ setiap tahunnya akan selalu melahirkan qori dan qoriah yang berprestasi dan dapat mengharumkan Kabupaten Karimun.


    Bukan tanpa alasan, hingga saat ini Kabupaten Karimun memang selalu melahirkan qori dan qoriah yang berprestasi dan juga berhasil menjadi juara umum di MTQ Tingkat Provinsi Kepri.


    "Karimun adalah salah satu daerah yang melahirkan qori dan qoriah yang berprestasi dan selalu diperhitungkan, terakhir kita berhasil menjadi juara umum MTQ tingkat Provinsi Kepri tahun 2020. Semoga tahun ini anak-anak kita kembali berhasil mengharumkan nama Karimun di ajang MTQ tingkat provinsi Kepri," terangnya.


    Bupati juga berpesan kepada para kafilah yang belum meraih juara di tingkat Kabupaten untuk tidak berkecil hati.


    Sebaliknya Bupati mengajak para kafilah untuk menjadikannya sebagai cambuk untuk dapat lebih baik lagi di ajang MTQ berikutnya.


    "Jangan berkecil hati, terus perbaiki dan jadikan kegagalan sebagai cambuk untuk lebih baik. Ingat yang paling utama adalah bagaimana kita tetap menyiarkan dan melantunkan ayat-ayat suci Al-qur'an dalam kehidupan sehari-hari," pungkas Bupati.


    Adapun cabang yang dipertandingan pada MTQ tahun ini diantaranya Tartil Al-Qur'an dan Tilawah Al-Qur'an untuk kategori usia anak-anak, remaja, dewasa dan tunanetra.


    Selanjutnya, cabang Qira'at Al-Qur'an Mujjawad, Qira'at Al-Quran Murattal Remaja, Qira'at Al-Quran Murattal Dewasa, Hifzh 1 Juz dan Tilawah, Hifzh 5 Juz dan Tilawah, Hifzh 10 Juz, Hifzh 20 Juz dan Hifzh 30 Juz.


    Kemudian, cabang Tafsir Bahasa Arab, Tafsir Bahasa Indonesia, Tafsir Bahasa Inggris, Khath Naskah, Khath Hiasan Musaf, Khath Dekorasi dan Khath Kontemporer.


    Cabang Karya Tulis Ilmiah, Syahril Quran Putra, Syahril Quran Putri, Fahmil Quran Putra dan Fahmil Quran Putri. ***

    Komentar
    Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
    • Bupati Aunur Rafiq Buka MTQ Kabupaten Karimun Tahun 2022

    Berita Lainnya

    - Advertisement -

    Ads x