Iklan

Tiga Pilar Kebon Jeruk Lantik 70 Satgas Relawan Covid-19

Sabtu, Juni 05, 2021 WIB Last Updated 2021-06-05T02:47:29Z
Advertisement
Kapolsek Kebon Jeruk, Kompol R Manurung (Dok: Pribadi)


Jakarta, pelitatoday.com -
Pencegahan Lonjakan Virus Corona, pasca libur Idul Fitri 1 syawal 1442 H, Tiga Pilar Kebon jeruk Jakarta Barat bentuk dan melantik satuan tugas relawan Covid-19, Jumat ( 4/6/2021).


Kapolsek Kebon Jeruk, Kompol R Manurung, menyampaikan sebanyak 70 relawan dari 7 Kelurahan di Kecamatan Kebon Jeruk mengikuti pengukuhan dan pelantikan, sekaligus simulasi penanganan Covid-19 yang dilaksanakan di lapangan sepak bola Kebon Jeruk Jakarta Barat.


“Tujuh puluh relawan Satgas Covid-19 dari 7 Kelurahan di Kecamatan Kebon Jeruk, di masing-masing kelurahan memiliki keanggotaan sebanyak 10 orang relawan Satgas Covid-19, yang akan siap membantu Tiga Pilar Kebon jeruk,” tutur Kompol R Manurung kepada wartawan, di lokasi, Jumat (4/6/2021).


Dijelaskan, Satgas relawan Covid-19 tersebut dibentuk guna mengantisipasi terjadinya lonjakan masyarakat di Kebon Jeruk yang terpapar kasus Covid-19 pasca libur perayaan hari raya idul fitri 1 syawal 1442 H.


“Dari data yang kita terima ada sekitar 1.146 orang warga Kebon Jeruk yang melaksanakan libur lebaran mudik ke kampung halaman,” katanya.


Dari adanya jumlah tersebut para relawan ini dipersiapkan untuk membantu baik TNI/Polri, maupun pemerintah daerah (Pemda), jika sewaktu-waktu adanya kontijensi lonjakan kasus Covid-19 di wilayah kelurahannya masing-masing, untuk siap membantu tiga pilar Kebon Jeruk


“Jadi tugas para relawan ini memiliki tugas untuk mengingat kan dan mengedukasi masyarakat di kelurahan masing-masing untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan,” ujarnya.


Para relawan tersebut, kata dia, juga telah dibekali peralatan seperti kentongan dan masker, yang nantinya, sambil berkeliling kampung di kelurahan masing-masing, mereka membawa kentongan sambil mengingatkan dan mengedukasi masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan (Prokes).


Jika masyarakat yang terkonfirmasi Covid-19, relawan tersebut akan langsung menghubungi call center yang sudah disediakan, lengkap dengan petugas dan mobil ambulance, untuk segera melakukan evakuasi terhadap warga yang terpapar Covid-19


Saat ini, jelasnya, di wilayah Kebon Jeruk ada 4 klaster baru yang terkonfirmasi Covid-19 pasca libur mudik lebaran kemarin. “Dari 4 wilayah tersebut sekitar 111 warga yang terpapar Covid-19, sudah menjalani isolasi mandiri di rumah masing masing,” paparnya.


Disampaikan, untuk warga yang saat ini terpapar Covid-19, pihaknya juga sudah mendatangi masing-masing warga dengan memberi kan vitamin dan suplemen. “Dari pak Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Ady Wibowo, maupun bantuan dari Bhayangkari Ranting Kebon Jeruk, berupa empon-empon,” katanya.


Pada giat tersebut, selain Kapolsek Kebon Jeruk Kompol R Manurung, Camat Kebon Jeruk, H Saumun, Danramil Kebon Jeruk Kapt. Inf. Sudarsono, Wakapolsek Kebon jeruk AKP. S. Widodo. SH, Sekretaris Camat Kecamatan Kebon Jeruk, personel Polsek Kebon Jeruk, para Lurah se-Kecamatan Kebon Jeruk, Kepala Puskesmas, Dewan Kota dan Ketua FKDM Kecamatan Kebon Jeruk.  


Penulis: Dedy/Red

Advertisement

  • Tiga Pilar Kebon Jeruk Lantik 70 Satgas Relawan Covid-19

Berita Lainnya

- Advertisement -

Ads x