Iklan

KPU Batam Ajak Masyarakat Cek DPSHP Pemilu 2024, Ini Link nya

Senin, Mei 22, 2023 WIB Last Updated 2023-05-22T09:13:21Z
Advertisement
Kantor KPU Kota Batam.

Batam, pelitatoday.com - Menjelang Pemilu 2024, masyarakat hendaknya proaktif untuk melakukan pengecekan di Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP)  yang telah diumumkan oleh KPU.


Hal ini disampaikan langsung oleh Ketua KPU Batam, Martius kepada wartawan.


“Ayo masyarakat harus pro aktif cek DPSHP. Apakah namanya sudah masuk di sana. Dan bagi yang sudah masuk di DPSHP ini agar dipastikan nama dan alamat benar,” ucap Sabtu (20/5).


Lanjut Martius, pengecekan itu penting dilakukan agar masyarakat terutama yang memiliki hak pilih dapat memastikan kesesuaian data yang tertera di DPSHP. Selain itu, masyarakat juga dapat melakukan pengecekan data pemilih melalui situs resmi KPU yaitu http://cekdptonline.kpu.go.id.


Sehingga, jika nantinya ada nama yang belum dimasukkan pada DPSHP atau perbedaan lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS), maka bisa langsung berkoordinasi dengan Panitia Pemungutan Suara (PPS).


Dimana, DPSHP akan dipublikasikan oleh masing-masing PPK dan PPS. Tentu, KPU Batam berharap ada tanggapan masyarakat untuk selanjutnya ditetapkan menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT).


“Jika ada nama yang belum terdaftar, masyarakat segera melaporkan ke petugas KPU untuk dimasukkan namanya sesuai dengan data. Sehingga bisa mengikuti Pemilu 2024,” ujarnya.


Selain itu, pihaknya mengatakan bahwa bukan hanya untuk pengajuan nama yang belum masuk, termasuk juga nama yang masuk di DPSHP. Contohnya sudah tidak memenuhi syarat seperti meninggal, berubah umur, dan lain sebagainya.


“Sesuai jadwal pada 21 Juni 2023 nanti bisa diplenokan berapa DPT Batam untuk ikut serta pada Pemilu 2024,” jelasnya.


Perlu diketahui, KPU Batam telah menetapkan DPSHP untuk Pemilu 2024 sebanyak 851.625 orang. Total tersebut merupakan hasil pleno KPU Batam di Kantor KPU di Sekupang.


“Kami sudah mengetok palu pada sidang pleno terbuka dengan pemilih sebanyak 851.625 orang,” kata Martius sebelumnya. ***

Advertisement

  • KPU Batam Ajak Masyarakat Cek DPSHP Pemilu 2024, Ini Link nya

Berita Lainnya

- Advertisement -

Ads x