Iklan

Miliki Sisi Leadership Libatkan Tim, Kemensos Dapat Penghargaan TOP 10 Kementerian se-Indonesia dengan Nilai BerAKHLAK Kolaboratif

Rabu, April 12, 2023 WIB Last Updated 2023-04-12T04:13:48Z
Advertisement
Founder ESQ Group/ACT Consulting International Ary Ginanjar Agustian memberikan penghargaan kepada Menteri Sosial Tri Rismaharini, di Ruang Menteri, Kantor Kementerian Sosial, Jakarta. (ist)

Jakarta, pelitatoday.com - Kementerian Sosial (Kemensos) mendapatkan penghargaan TOP 10 Kementerian se-Indonesia dengan Nilai BerAKHLAK Kolaboratif dari ESQ Group/Accelerated Culture Transformation (ACT) Consulting International. Pasalnya, Kemensos dalam kerjanya dinilai memiliki sisi kepemimpinan yang melibatkan tim.


Piagam serta piala diberikan langsung oleh Founder ESQ Group/ACT Consulting International Ary Ginanjar Agustian kepada Menteri Sosial Tri Rismaharini, di Ruang Menteri, Kantor Kementerian Sosial, Jakarta, Senin (10/4/2023).


"Saya bangga karena kami bisa dinilai budaya kerjanya oleh ACT Consulting International. Ternyata yang saya lakukan selama ini (bekerja dengan hati) ada teorinya (pengukurannya). Saya cukup surprise mendapat penghargaan ini. Representatif hasilnya," ujar Risma saat diwawancarai langsung oleh tim ESQ.


Dengan gercep merespon potret hasil pengukuran budaya kerja di Kemensos, hari ini juga ia akan beberkan kepada staffnya.


"Saya akan sampaikan kepada mereka bahwa apa yang kita lakukan ini ada yang mengukur berdasarkan teori dan kata Pak Ary ini real dilakukan oleh staff kami," ucapnya.


"Untuk itulah, hasil pengukuran ini kita jadikan sebagai alat tolak ukur kita untuk lebih maju lagi. Karena kita sudah tahu mana kekuatan kita dan kelemahan kita," sambung Risma.


Risma akui bahwa keberhasilan ini diraih bukan semata-mata hanya karena dirinya saja, namun ada tim yang terus support, sehingga hasilnya juga diraih bersama sama. 


"Kita juga bisa belajar dari hasil penilaian ini untuk meningkatkan kolaborasi supaya pelayanan kepada masyarakat lebih baik lagi," tuturnya.


Kepada ACT Consulting International bersama tim, Risma berharap, agar Kemensos terus dipandu oleh Ary Ginanjar dan tim. Karena menurutnya, Ary Ginanjar juga dikenal sebagai tokoh yang memberikan motivasi serta cara bagaimana berkolaborasi dalam mencapai tujuan dengan menggunakan hati.


"Namun karena staff kami tersebar di seluruh Indonesia, maka kita bisa ukur mulai dari atas hingga ke bawah. Mulai dari Jakarta hingga seluruh wilayah di Indonesia itu punya karakter nilai nilai yang sama yaitu BerAKHLAK," jelas Risma.


Kemudian saat diajak berkeliling gedung Kemensos, Ary Ginanjar merasa takjub melihat gedung Kemensos yang identik dengan beragam tanamannya yang ditata dengan baik dan asri baik di luar maupun di dalam ruangan.


Pasalnya ia pernah bersekolah di SMA 68 dari tahun 1981-1984. Sekolah ini lokasinya berdekatan dengan Kantor Kementerian Sosial di Jalan Salemba. Ary merasakan adanya perubahan yang luar biasa dengan gedung ini.


"Selain itu, perubahan dari sisi budaya kerja BerAKHLAK, Kemensos meraih peringkat 10 besar nilai Kolaboratif dari seluruh Kementerian/Lembaga di seluruh Indonesia," ujar Ary.


"Hal berikutnya, Meaning & Purpose sudah terisi dari yang sebelumnya kosong. Dan ini jarang sekali terjadi pada organisasi-organisasi yang selama ini kita (ACT Consulting International) petakan," tambahnya.


Menurutnya, nilai integritas menjadi sangat kuat ditanamkan saat ini pada seluruh karyawan Kemensos. Kemudian jati diri sudah terbentuk yaitu berintegritas, bertanggung jawab, kerjasama, disiplin merupakan perilaku utama yang merepresentasikan di Kemensos.


"Selamat Ibu Menteri. Semoga tetap bersemangat membangun Bangsa dan Negara dengan ketulusan seorang Ibu. Mudah mudahan apa yang ibu lakukan ini bernilai ibadah dan dapat balasan dari Allah SWT," tutup Ary. Dedy

Advertisement

  • Miliki Sisi Leadership Libatkan Tim, Kemensos Dapat Penghargaan TOP 10 Kementerian se-Indonesia dengan Nilai BerAKHLAK Kolaboratif

Berita Lainnya

- Advertisement -

Ads x