• Ikuti!

    - Advertisement -

    - Advertisement -

    Mencerahkan Informasi Anda

    Iklan

    - Advertisement -

    Pangkoarmada I Pamit ke Wakasal Pasal Pindah Markas ke Kepri

    Jumat, 18 November WIB Last Updated 2022-11-18T02:42:25Z
    Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya Ahmadi Heri Purwono usai melepas Satgas SBJ dan PPKM di Dermaga JICT II, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jakarta, Rabu (16/11/2022). (dok: Kompas)
    Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya Ahmadi Heri Purwono usai melepas Satgas SBJ dan PPKM di Dermaga JICT II, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jakarta, Rabu (16/11/2022). (dok: Kompas)

    Jakarta - Panglima Komando Armada I (Pangkoarmada I) Laksamana Muda Arsyad Abdullah telah berpamitan kepada Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya Ahmadi Heri Purwono.


    Arsyad berpamitan dengan Heri sehubungan dengan pemindahan Markas Koarmada I dari Jakarta ke Tanjungpinang, Kepulauan Riau, yang akan diresmikan pada 5 Desember 2022.


    “Dari dua hari yang lalu, Senin yang lalu, Pak Arsyad, Panglima Armada I sudah pamit ke saya,” kata Heri kepada wartawan usai usai melepas Satgas SBJ dan PPKM di Dermaga JICT II, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jakarta, Rabu (16/11/2022).


    Heri menjelaskan semua perwira Koarmada I saat ini sudah bertugas di Tanjung Pinang.


    Sementara, pemindahan fasilitas Markas Koarmada I dari Jakarta ke Tanjungpinang akan dilakukan secara bertahap.


    “Sudah semua (pemindahan), personel perwira yang mengawaki Armada I sekarang di Tanjungpinang, kemudian fasilitas dan lainnya akan menyusul pelan-pelan, kita penuhi,” ujar dia.


    Heri menggarisbawahi bahwa pemindahan Markas Koarmada I ke Tanjungpinang tak lepas karena faktor lokasi yang strategis.


    Menurutnya, pemindahan markas ke Tanjungpinang akan membuat personel Koarmada I semakin dekat dengan daerah operasi strategis TNI Angkatan Laut.


    “Kita sangat dekat dengan daerah operasi kita di Laut Natuna Selatan, di Sabang, Selat Malaka dan lainnya,” terang dia.


    Selain itu, Heri menambahkan, pemindahan ini juga akan memudahkan pengiriman logistik seperti bahan bakar untuk Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) di bawah Kormada I.


    “Efektifnya, utamanya barang bakar yang seharusnya dulu-dulu berangkat dari Jakarta harus ke sana, sekarang (langsung) ke sana, wilayah-wilayah yang lebih dekat lagi,” imbuh dia.


    Sebagai informasi, pemindahan Markas Koarmada I tak lepas karena adanya satuan baru Koarmada RI.??Selain faktor kehadiran Koarmada RI, pemindahan Markas Koarmada I juga agar TNI AL lebih mudah memantau wilayah yang tergolong strategis.


    Antara lain, perairan Sabang, Selat Malaka, Selat Singapura, Laut Natuna Utara, hingga Alur Laut Kepulauan Indonesia I (ALKI I) yang melintasi Laut Cina Selatan, Selat Karimata, Laut Jawa, Selat Sunda, Samudra Hindia.


    Selain pemindahan Markas Koarmada I, TNI AL juga menggeser Markas Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) IV dari Tanjungpinang ke Batam, dan Pangkalan TNI AL (Lanal) Batam bergeser ke Tanjung Uban.


    Rencananya, peresmian Markas Koarmada I di Tanjungpinang dilakukan bertepatan pada Hari Armada Republik Indonesia yang dirayakan setiap tanggal 5 Desember. (R03)


    Sumber: Kompas

    Komentar
    Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
    • Pangkoarmada I Pamit ke Wakasal Pasal Pindah Markas ke Kepri

    Berita Lainnya

    - Advertisement -

    Ads x