Iklan

Komunitas Merah Putih Akan Gelar Parade Rakyat Merah Putih

Kamis, Agustus 18, 2022 WIB Last Updated 2022-08-18T03:44:38Z
Advertisement

Jakarta, pelitatoday.com - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia, sekitar 10.000 orang akan menggelar Parade Rakyat Merah Putih yang akan dilaksanakan pada 21 Agustus 2022.


Ribuan peserta parade itu berasal dari masyarakat yang ikut mendaftar dan didukung oleh ratusan organisasi relawan yang tergabung dalam Sinergi Merah Putih. Selain itu, kegiatan yang membawakan tema Menggelorakan Cinta Bangsa Dan Negara melalui perayaan HUT Kemerdekaan RI ke 77 tersebut menghadirkan para artis Tanah Air, seperti Addie MS, Yossy Project Pop, Ronny Waluya, Dian Piessha, Kristina, Lita Zen, Ronnie Sianturi, Stanley Sagala, Harsya Rieuwpassa, Kadri M,  dan Jelly Tobing.


"Yang akan hadir diperkiraan 10.000 orang dengan rincian 500 parade sepeda, 5.000 motor, dan 200 mobil. Selain itu akan menampilkan parade baju daerah, parade berkebaya, parade penari Nusantara, dan marching band," ujar Ketua Panitia, Soelianto Rusli alias Ahie dalam keterangannya, Kamis (18/8/2022).


Ahie mengatakan,  bahwa parade sepeda, motor, dan mobil akan start pukul 11.00 WIB dari patung kuda dan finish di Gelora Bung Karno (GBK). Sementara parade busana daerah, parade kebaya dan marching band akan dimulai Pukul 13.00 WIB di sekitar FX Mall sampai dengan parkir selatan Senayan.


Menurutnya, platform festival kebangsaan tersebut merupakan sebuah ekspresi bentuk nyata untuk mensosialisasikan nilai-nilai Pancasila kepada setiap anak bangsa. Apalagi penyebaran paham dan ideologi radikal saat ini masih menjadi ancaman yang serius bagi bangsa Indonesia.


"Harapan kami adalah semoga dengan adanya kegiatan ini juga bisa menumbuhkan semangat kebangsaan berdasarkan Pancasila serta meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan dalam menghadapi penyebaran paham khilafah serta paham lainnya yang bertentangan dengan Pancasila dan Undang Undang Dasar 1945," ungkap Ahie.


"Dasar pelaksanaan kegiatan ini terwujud dari semangat besar dari seluruh lapisan anak bangsa yang peduli atas pentingnya Persatuan dan Kesatuan dalam kebhinekaan berdasarkan Pancasila," lanjutnya.


Terkait dana acara, Ahie menyebutkan bahwa anggaran penyelenggaraan Parade Rakyat Merah Putih berasal dari urunan para komunitas-komunitas yang memiliki kesadaran dan kepedulian tinggi terhadap ideologi Pancasila sebagai dasar negara.


"Dana secara gotong royong dari komunitas-komunitas yang cinta Merah Putih, Pancasila dan NKRI," pungkasnya. (Dedy Haryadi)

Advertisement

  • Komunitas Merah Putih Akan Gelar Parade Rakyat Merah Putih

Berita Lainnya

- Advertisement -

Ads x