• Ikuti!

    - Advertisement -

    - Advertisement -

    Mencerahkan Informasi Anda

    Iklan

    - Advertisement -

    Festival Musbang BNPT Mampu Cegah Paham Radikal Terorisme di Kalangan Pelajar

    Senin, 18 Juli WIB Last Updated 2022-07-18T04:54:22Z
    Foto Istimewa.

    Jakarta, pelitatoday.com - Dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-12 Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Tahun 2022, Direktorat Pencegahan melaksanakan kegiatan Festival Musik Kebangsaan (Musbang). Ajang ini diharapkan mampu menjangkau remaja dan anak muda untuk mengetahui dari ketidaktahuan tentang pahan radikalisme dan  bahaya terorisme.


    "Melalui festival Musbang, diharapkan anak muda bebas berativitas dan meningkatkan kewaspadaan sekaligus membentengi diri dari pengaruh ajakan kelompok radikal terorisme," ujar Kasubdit Pemberdayaan Masyarakat BNPT, Kolonel (Czi.) Rahmad Suhendro saat pembukaan Festival Mukbang di PPHUI Kuningan Jakarta Selatan.


    Festival Musbang sendiri dibuat khusus bagi pelajar SMA sederajat yang berdomisili di Jakarta Banten dan Jawa Barat.


    "Festival Mukbang ini memang dibuat khusus menjaring peserta pelajar SMA sederajat di tiga provinsi, yakni Jakarta, Banten dan Jawa Barat. Dengan harapkan mereka dapat menyebarkan nilai-nilai kebangsaan dan mencegah penyebaran paham radikal terorisme yang bertentangan dengan ideologi bangsa," tambah Rahmad. 


    Annisa Putri Ayudya melihat BNPT punya kepedulian terhadap anak muda dengan menawarkan solusi untuk masa depan bangsa,  dan mengikuti show of force yang dicanangkan oleh pemerintah.


    "Kita memang mengaitkan kesenian sebagai bagian dan menyembatkan faham- faham kebhinekaan dan juga kepedulian kita akan keragaman di Indonesia, tempat saya tinggal, tempat saya berkarya, bukan rahasia lagi bahwasanya musik adalah sarana permersatu semua bangsa," ujar Annisa.



    Juri lain Nanang Hape sebagai dewan juri mengatakan kehadiran kalangan generasi muda pada kegiatan itu menjadi sangat membantu ruang kosong pemuda untuk berekspresi dalam bidang kesenian bermusik, strategis untuk membangun kekuatan bersama dalam mendeteksi dini, menangkal, dan mencegah paham radikal terorisme lewat musik.


    "Musik sangat ampuh sebagai serana untuk membangun kekuatan bersama, menditeksi secara dini serta menangkal dan mencegah pahan radikalisme dan terorisme," terang Nanang


    Sebagai juara I Sahitya Band  Banten, juara II Fitriani Dwi R- DKI Jakarta, dan juara III vokal Grup SMAN 33 Jakarta. (Dedy Haryadi)

    Komentar
    Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
    • Festival Musbang BNPT Mampu Cegah Paham Radikal Terorisme di Kalangan Pelajar

    Berita Lainnya

    - Advertisement -

    Ads x