Iklan

Teken MoU dengan Wali Kota Darwin Australia, Jaya Negara Tegaskan Kerjasama di Bidang SDM dan Pariwisata

Selasa, Juni 14, 2022 WIB Last Updated 2022-06-14T03:19:23Z
Advertisement
Foto Istimewa.

Jakarta, pelitatoday.com - Pemerintah Kota Denpasar bersama Pemerintah Kota Darwin Australia melajukan kesepakatan  kerjasama sister city. Kesepakatan ini dilaksanakan dengan  penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara  Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara bersama Wali Kota Darwin Australia Konstantine Vatskalis, Senin (13/6/2022) di Gedung Dahrma Negara Alaya Kreatif Hub Denpasar. 


Secara langsung Wali Kota Darwin Australia hadir langsung di Kota Denpasar dan berkesempatan meninjau gedung Dharma Negara Alaya Denpasar serta menyaksikan pertunjukan tari Pendet, tari Tenggek dan Barong. 


Hadir dalam kesempatan ini Wakil Gubernur Bali, Tjok Oka Artha Ardana  Sukawati, Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa, Sekda Kota Denpasar Ida Bagus Alit Wiradana, Wakil Ketua DPRD Denpasar Wayan Mariyana Wandhira, Konsul Jenderal Australia Anthea Griffin,

serta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kota Denpasar. Tampak hadir pula Ketua TP PKK Kota Denpasar Ny. Sagung Antari Jaya Negara, istri Wakil Wali Kota Denpasar, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa dan Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Denpasar, Ny. I.A Widnyani Wiradana. Usai penanda tanganan MoU dilakukan pertukaran antara Walikota Denpasar dengan Walikota Darwin  serta istri Wali Kota Denpasar Ny. Sagung Antari Jaya Negara dengan istri Walikota Darwin, Ny. Amy Vatskalis.


Wakil Gubernur Bali Prof. Tjok Oka AA Sukawati menyampaikan dengan adanya jalinan kerjasama sister city ini antara Kota Denpasar dan Darwin dapat meningkatkan hubungan kedua kota termasuk dalam hal  kreatifitas. Seperti halnya peningkatan ekonomi kreatif, pariwisata serta peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM). 



Seperti yang disampaikan oleh Wali Kota Darwin bahwa hotel di Kota Darwin tidak dapat terisi penuh karena keterbatasan tenaga kerja. "Tentu kerjasama ini dapat menjadi keuntungan bersama terutama dalam bidang penempatan tenaga kerja. Dengan kerjasama ini dapat bermanfaat bagi kedua kota," ujarnya.


Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara menyampaikan kerja sama ini diharapkan dapat membangun ketangguhan kota dalam menghadapi berbagai masalah dan tantangan di masa depan, melalui berbagai program dan kegiatan yang telah dicanangkan dalam rencana aksi kerja sama ini.


 Di samping itu, dalam skup yang lebih luas, Kerja Sama ini diharapkan dapat menjadi wahana untuk menemukan solusi-solusi terbaik dalam menghadapi berbagai tantangan global, seperti perubahan iklim (Climate Change), Pembangunan Berkelanjutan (SDG's), masalah perkotaan, kapasitas SDM, serta permasalahan global lainnya. "Seperti yang disampaikan wali Kota Darwin bahwa keberadaan hotel di Kota Darwin yang kekurangan tenaga kerja sehingga hal ini dapat menjadi peluang kerjasama dalam peningkatan kemampuan serta kesempatan anak-anak muda di Kota Denpasar bekerja di Australia," ujar Jaya Negara. 


Sebagaimana di ketahui bahwa Australia merupakan pangsa pasar utama pariwisata Bali dan Kota Denpasar, sehingga kunjungan ini memberikan harapan baru bagi industri pariwisata di Bali yang tengah berupaya untuk bangkit kembali setelah terpuruk selama dua tahun.  


"Yang terpenting, Kerja Sama ini, diharapkan dapat mendatangkan manfaat bagi kedua Kota Denpasar-Darwin, untuk saling melengkapi satu sama lain, serta melakukan langkah-langkah nyata sebagai implementasinya," ujar Jaya Negara. 



Sementara Wali Kota Darwin Australia, Konstantine Vatskalis menyampaikan bahwa pihaknya memerlukan satu sama lain dan mempertegas perjanjian sister city Darwin dan Denpasar. 


"Saya percaya secara bersama-sama dan telah menandatangi MoU bersama Wali Kota Denpasar sehingga kedepannya kita dapat melakukan langkah secara bersama-sama," ujarnya. 


Pertemuan ini sangat terhormat dan Bali sebagai tempat menikmati tradisi dan budaya. Layaknya pertunangan hingga pernikahan bahwa perjanjian ini dapat memperkuat hubungan Darwin dan Kota Denpasar memiliki hubungan sejarah, sosial, budaya dan pariwisata yang kuat, serta masalah yang ada dapat kita selesaikan bersama. (Dedy Haryadi)

Advertisement

  • Teken MoU dengan Wali Kota Darwin Australia, Jaya Negara Tegaskan Kerjasama di Bidang SDM dan Pariwisata

Berita Lainnya

- Advertisement -

Ads x