• Ikuti!

    - Advertisement -

    - Advertisement -

    Mencerahkan Informasi Anda

    Iklan

    - Advertisement -

    Sosialisasi Ketaspenan, Jefridin Dorong Kesejahteraan Pensiunan

    Senin, 06 Juni WIB Last Updated 2022-06-06T06:17:51Z
    Foto Istimewa. (Dok: MCB)

    Batam, pelitatoday.com - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam, Jefridin, membuka Sosialisasi Ketaspenan dan Kantor Bayar Pensiun PNS BUP Periode Juli 2022 hingga Desember 2024 di Lingkungan Pemko Batam, Senin (6/6/2022).


    Sosialisasi itu akan berlangsung dua hari di Kantor Wali Kota Batam. Untuk hari ini, diikuti sebanyak 163 orang PNS dan dilanjutkan besok dengan peserta 166 orang.

     

    Sekda Batam menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan tersebut bertujuan memberikan informasi mengenai layanan ketaspenan dan kantor bayar pensiun yang diselenggarakan oleh PT Bank Mandiri Taspen.


    "Program pensiun adalah penghasilan yang diterima oleh penerima pensiunan setiap bulan sebagai jaminan hari tua dan penghargaan atas jasa-jasa Pegawai Negeri Sipil selama bertahun-tahun berkerja di lingkungan pemerintah," ujar Jefridin.


    Ia melanjutkan, penyelenggaraan pembayaran pensiun dilakukan berdasarkan undang-undang nomor 11 tahun 1969 tentang pensiun pegawai dan pensiun janda/dua pegawai, sumber dana pembayaran pensiun berasal dari anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN).


    "Selanjutnya, batas usia pensiun sesungguhnya bukan batasan atau akhir dari masa tugas, akan tetapi merupakan puncak dari perjalanan pengabdian selaku Pegawai Negeri Sipil, dan bukan berarti juga kesempatan mengabdi kepada masyarakat dan bangsa terhenti. Namun, dengan masa pensiun, kita akan lebih banyak memiliki waktu melaksanakan berbagai aktivitas sosial untuk kepentingan masyarakat luas," kata Jegridin.


    Ia menambahkan, di sisi lain, jaminan kesejahteraan yang diberikan negara kepada pensiunan PNS dalam bentuk Tabungan Asuransi Pensiun (Taspen) sesungguhnya harus dimanfaatkan sebaik-baiknya.


    "Perlu dipahami bahwa Taspen bukan hanya sebagai hak PNS selaku abdi masyarakat, akan tetapi sesungguhnya Taspen tersebut adalah penghargaan dari negara," tegas Jefridin.


    Penghargaan yang diberikan pemerintah ini, kata dia, selaku PNS yang berkedudukan sebagai abdi masyarakat dan abdi negara, seharusnya memberikan kinerja pengabdian yang terbaik.


    "Saya berharap para peserta sosialisasi yang hadir saat ini dapat dengan seksama mengikuti materi yang akan disampaikan oleh narasumber, karena hal ini sangat penting untuk mendukung pelaksanaan tugas terutama dalam mempersiapkan diri bagi para PNS yang akan memasuki usia pensiun," pesan Jefridin.


    Ia pun menyampaikan terima kasih kepada Bank Mandiri Taspen atas kerjasamanya. Ia berharap, mudah-mudahan koordinasi dan kemitraan yang telah terjalin baik dapat terus kita tingkatkan guna peningkatan kualitas layanan dan penataan semua fasilitas layanan publik bagi semua aparatur guna mewujudkan pemerintahan yang baik.

     

    "Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi mengenai layanan ketaspenan dan kantor bayar pensiun yang di selenggarakan oleh PT Bank Mandiri Taspen," katanya. (MCB)

    Komentar
    Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
    • Sosialisasi Ketaspenan, Jefridin Dorong Kesejahteraan Pensiunan

    Berita Lainnya

    - Advertisement -

    Ads x