Ads Responsif

Iklan

Peringati Hari Veteran Nasional, LVRI Kota Batam Gelar Upacara dan Tabur Bunga di Makam Pahlawan Batuaji

Senin, 10 Agustus WIB Last Updated 2020-08-10T10:32:27Z
Foto Istimewa

Batam - Dalam memperingati hari Veteran Nasional, Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) kota Batam bersama Pimpinan Daerah Pemuda Panca Marga Kepulauan Riau menggelar upacara dan juga tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Batuaji, Batam. Senin (10/8/2020).

Pantauan media ini dilokasi, tampak acara berlangsung dengan penuh khidmat dan lancar.

Dalam konferensi persnya, Ketua LVRI Kota Batam, Nyonya Putri Kaligis menyampaikan perayaan hari veteran untuk tahun ini dilakukan dengan sederhana tanpa mengundang pihak-pihak terkait.

"Acara kali ini kami buat secara  sederhana, tanpa mengundang instansi lain, anak-anak sekolah, dan sebagainya. Ini hanya interen kami saja. Kami veteran dan putra-putri kami yang bergabung dengan organisasi PPM yang untuk tingkat PPM Kepri dipimpin oleh Pantas Opan Napitupulu, dan dalam waktu dekat akan membentuk pengurus-pengurus tingkat Kota dan Kabupaten di Kepulauan Riau," pungkas Putri Kaligis.

Foto Istimewa

Putri Kaligis menuturkan, acara upacara dan tabur bunga perayaan hari veteran yang digelar tahun ini juga dihadiri oleh veteran perdamaian untuk pertama kalinya sekaligus sebagai panitia acara tersebut.

"Untuk tahun ini, hadir veteran pejuang, veteran pembela dan juga untuk pertama kalinya hadir veteran perdamaian," katanya.

Putri Kaligis menjelaskan, bahwa makna dari perayaan hari veteran adalah tidak akan ada kemerdekaan tanpa adanya veteran.

"Kemerdekaan itu ada, karna ada veteran. Dulu, pada tanggal 10,11 ada kesepakatan untuk melawan penjajah dengan gencatan senjata pada tengah malam. Perjuangan bangsa pada waktu itu secara mati-matian. Itulah yang kita rayakan hari ini," jelas Putri Kaligis.

Putri memesankan, supaya masyarakat Indonesia tidak hanya mengikuti perkembangan teknologi, sehingga melupakan sejarah.

Sementara itu, AKP Chris Tamba, yang juga selaku ketua penitia acara tersebut menyampaikan pihaknya baru pertama kali bergabung untuk melakukan kegiatan upacara dan tabur bunga bersama dengan LVRI.

"Kami dari pasukan perdamaian baru tahun ini bergabung, dan saat ini kami adalah pasukan perdamaian yang masih aktif, baik itu dari TNI dan Polri. Namun untuk yang hadir saat ini, adalah Pasukan Perdamaian dari Polda Kepri. Akan tetapi, kami sudah terdaftar sebagai Veteran LVRI Kota Batam yang diketuai oleh Putri Kaligis," pungkasnya.

Foto Istimewa

Ditempat yang sama, Ketua PPM Kepri, Pantas Opan Napitupulu menyampaikan, pihaknya selaku anak dari veteran merasa bangga bisa berkumpul untuk merayakan hari Veteran Nasional.

"Kami sebagai anak pejuang veteran, Pemuda Panca Marga (PD PPM Kepri) yang berada dibawah naungan LVRI yang ada diwilayah Kota Batam ini merasa bangga. Dimana, moment sejarah, kami bisa berkumpul bersama-sama para pejuang kami untuk memperingati hari veteran nasional," kata Pantas Opan Napitupulu.

Foto Istimewa
Opan menambahkan, bergabungnya veteran yang baru, yakni veteran dari Kepolisian kepada LVRI akan menambah pihaknya untuk bersatu  memperjuangkan nilai nilai juang 45. (R01)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Peringati Hari Veteran Nasional, LVRI Kota Batam Gelar Upacara dan Tabur Bunga di Makam Pahlawan Batuaji

Ads Responsif

Berita Lainnya

Ads Responsif