Advertisement

Iklan

AMMI Apresiasi Presiden Jokowi Beri Perhatian Besar terhadap Kaum Muda Papua

Kamis, Juli 20, 2023 WIB Last Updated 2023-07-20T06:14:37Z
Advertisement
Presiden Joko Widodo saat panen jagung di Papua.

Jakarta, pelitatoday.com - Aliansi Mahasiswa Milenial Indonesia (AMMI) mengapresiasi komitmen dan perhatian besar Presiden Joko Widodo kepada kaum muda Papua.


Ketua Umum AMMI, Nurkhasanah mengatakan bahwa perhatian Presiden Jokowi kepada generasi muda Papua ditunjukkan ke dalam kebijakan dan program konkret.


"Sebagai contoh adalah pembangunan Papua Youth Creative Hub (PYCH) untuk mewadahi kreativitas dan inovasi generasi kaula muda Papua," ujar Nurkhasanah dalam keterangan persnya, Kamis (20 Juli 2023) di Jakarta.


Menurutnya PYCH ini diharapkan melahirkan banyak produk atau start-up inovatif di Papua. Oleh sebab itu, beragam training atau short course diadakan guna mengakselerasi pembangunan sumber daya manusia (SDM) Papua. 


"Kita ketahui bahwa fasilitas PYCH pun lengkap. Selain ruang pelatihan, terdapat juga ruang serbaguna, rapat dan ruangan yang bisa dijadikan co-working space. Fasilitas yang dapat memanjakan kaum muda Papua nyaman dan betah berlama-lama kerja di PYCH," jelas Nurkhasanah.


Di samping PYCH, Nurkhasanah mengungkapkan bahwa Presiden Jokowi membangun Papua Football Academy (PFA). 


Secara historis, kata Nurkhasanah, Papua tidak kehabisan talenta pemain sepakbola. Mulai dari Elly Eboy, Ivakdalam, Boaz Salossa, hingga Rumakiek adalah sederet pemain berasal dari tanah Cenderawasih. Kehadiran PFA bisa masif melahirkan talenta pemain sepakbola dari tanah Papua.


"Apalagi November mendatang Indonesia akan menjadi tuan rumah di ajang Piala Dunia U-17. Kontribusi PFA sangat dinanti publik dan diharapkan memasok skuad Timnas U-17 yang akan berlaga di level elit junior dunia," sambung Nurkhasanah.


Tak hanya itu, di ranah akademik, Pemerintah Jokowi membangun Universitas Internasional Papua UIP). Perguruan Tinggi level internasioanl pertama di tanah Papua. Target utamanya jelas membangun SDM Papua yang inovatif, kreatif, dan produktif menghasilkan temuan-temuan baru di tanah Papua.


"Kabar menggembirakan kalau UIP memiliki dua fakultas unggulan, yaitu Fakultas Sains dan Teknologi serta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Memiliki fasilitas riset skala internasional," katanya.


"Tak main-main, para tenaga pengajarnya pun dihadirkan dari Papua dan luar negeri. Hal ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran UIP sudah disesuaikan dengan standar internasional. Diantaranya penerapan aplikasi platform pendidikan berupa TKBEL. TKBEL adalah sebuah aplikasi yang dapat memudahkan mahasiswa belajar hingga bisa tur museum melalui gawai (gadget)," terang Nurkhasanah.


Sejumlah fasilitas tersebut--dalam pandangan Nurkhasanah--visi besar Presiden Jokowi adalah mencetak sumber daya manusia Papua yang mampu bersaing dengan pulau lain bahkan kalau bisa dengan negara lain. 


"Pemerataan sektor pendidikan menjadi kunci utama mengakselerasi kualitas pendidikan di Papua. Percepatan sekolah-sekolah yang terisolir akan membuka dan mempermudah akses anak-anak Papua bersekolah," kata Nurkhasanah.


Nurkhasanah menegaskan bahwa kunjungan kali ketujuh belas Presiden Jokowi menggambarkan betapa besar komitmennya dalam membangun Papua. 


AMMI pun ikut memberikan apresiasi kepada Presiden Jokowi  yang telah menunjuk Billy Mambrasar sebagai Staf Khusus Presiden Milenial.


"Kami ikut mengapresiasi setinggi-tingginya atas penunjukan Presiden Jokowi kepada Billy Mambrasar, Staf Khusus Presiden Milenial. Billy ikut terlibat aktif dan responsif terhadap perintah dan instruksi Presiden. Dia juga cekatan menerjemahkannya ke dalam langkah strategis yang bisa diterima oleh masyarakat Papua," tutup Nurkhasanah. Dedi

Advertisement

  • AMMI Apresiasi Presiden Jokowi Beri Perhatian Besar terhadap Kaum Muda Papua

Berita Lainnya

- Advertisement -

Ads x