Iklan

PT. Air Batam Hulu Lakukan Optimalisasi Produksi dan Daerah Tangkapan Air untuk Memenuhi Kebutuhan Air Bersih di Batam

Selasa, Mei 09, 2023 WIB Last Updated 2023-05-09T06:57:52Z
Advertisement
Potret salah-satu Waduk air bersih di Kota Batam.

Batam, pelitatoday.com Saat ini, produksi air bersih di Batam didukung oleh 6 waduk yaitu: Muka Kuning, Duriangkang, Sei Ladi, Piayu, Sei Harapan dan Nongsa. Pada awal masa transisi, kapasitas produksi ke 6 WTP tersebut adalah sebesar 3.291 lps untuk memenuhi kebutuhan air bersih pelanggan Batam dan memasuki tahun ke 3 total produksi telah berhasil ditingkatkan menjadi 3.487 lps. 

Tentunya, ini tidak lepas dari berbagai usaha salah satunya adalah dengan memastikan level waduk dalam keadaan cukup dan kualitas air baku yang baik sehingga produksi air dapat dilakukan dengan optimal. 


Usaha-usaha pemeliharaan dilakukan untuk menjaga kecukupan air dan kualitas air di waduk yang merupakan daerah tangkapan air adalah:


1.Melakukan reboisasi hutan di daerah tangkapan air
2.Mengoperasikan Sedimentasi Trap Trash Rack di waduk daerah tangkapan air 
3.Melakukan pengerukan waduk untuk mencegah pendangkalan.
4.Melakukan pembersihan eceng gondok dan gulma
5.Melakukan pemeliharaan badan bendung dan alat-alat instrumentasinya
6.Melakukan pengamanan dan penertiban area waduk dari bangunan dan aktifitas liar.
7.Melakukan pemeliharaan dan uji operasi peralatan hidromekanikal.


Dari sisi produksi, beberapa kegiatan dilakukan sehingga produksi dapat dimaksimalkan yaitu berkoordinasi dengan tim distribusi  agar air yang diproduksi dapat dialirkan ke pelanggan dengan tepat sasaran. Pengoperasian pipa transmisi antar waduk juga dilakukan agar kestabilan suplai antar waduk dapat tercapai.


"Namun kondisi penambahan jumlah pelanggan dan naiknya kebutuhan pelanggan yang besar akan air saat ini masih di atas kapasitas produksi. Harapan kami dengan selesainya pekerjaan penambahan kapasitas  WTP Muka Kuning sebesar 350 lps dan program revitalisasi pipa distribusi maka pemenuhan atas kebutuhan pelanggan dapat terealisasi,"  tulis Corporate Communication Air Batam Hulu dalam rilis yang diterima media ini. Selasa (9/5/23).


Selain itu beberapa langkah pendukung yang dilakukan untuk menjaga kehandalan produksi adalah :  

  • Perbaikan dan pengadaan pompa intake maupun pompa distribusi 
  • Perbaikan dan pengadaan panel pompa VSD
  • Penggantian dosing pump dan alat ukur 
  • Perbaikan unit-unit instalasi pengolahan air
  • Dan beberapa langkah lainnya .


Usaha-usaha penambahan kapasitas produksi ini merupakan komitmen Air Batam Hulu untuk memberikan layanan masyarakat berakses air bersih sejalan dengan  tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) khususnya pada sektor Lingkungan Hidup, yaitu memastikan masyarakat mendapatkan akses air bersih dan sanitasi yang baik. ***

Advertisement

  • PT. Air Batam Hulu Lakukan Optimalisasi Produksi dan Daerah Tangkapan Air untuk Memenuhi Kebutuhan Air Bersih di Batam

Berita Lainnya

- Advertisement -

Ads x