Iklan

PJS Kota Batam Soroti Maraknya Penjualan Chip Game Online Higgs Domino di Kota Batam

Senin, April 03, 2023 WIB Last Updated 2023-11-26T07:05:29Z
Advertisement
Room game higgs Domino. (ist)

Batam - Pemerhati Jurnalis Siber Kota Batam kembali menyoroti terkait game online Higgs Domino Island yang disinyalir merupakan game online yang terindikasi perjudian. Dalam hal ini, Ketua PJS Kota Batam, Gusmanedy Sibagariang mengungkapkan bahwa sebelumnya pihaknya juga telah meminta kementerian Kominfo untuk memblokir aplikasi yang bermodus game online ini. 


Pihak Kementerian kominfo, kepada PJS Kota Batam mengatakan akan menindaklanjuti laporan tersebut dan apabila menemukan konten negatif dalam aplikasi yang dimaksud maka akan dilakukan pemblokiran.


"Apakah pihak kementerian kominfo tidak menemukan bahwa Higgs Domino ini bukan konten negatif kita belum tahu pasti, karena hingga saat ini pihak kementerian kominfo belum memberikan klarifikasi ke pihak kita," ujar Gusmanedy kepada wartawan pada bulan April lalu.


Selain meminta kementerian Kominfo untuk menutup aplikasi yang berbau konten negatif ini, PJS Kota Batam juga meminta kepolisian untuk menindak penjual dan penampung chip Higgs Domino.


"Setelah kami pelajari dan mencoba memainkan Higgs Domino ini, game ini memang diciptakan untuk mencari keuntungan dari penggunanya (pemain), tampak di aplikasi ada fitur kirim dan terima chip, artinya game ini sudah dimodifikasi yang didalamnya ada transaksi dalam bentuk uang," ungkapnya. 


Lebih lanjut, Gusman mengatakan, untuk memainkan game ini pemain harus mengisi chip, terlepas ada disediakan chip sedekah. Tapi untuk mengejar hadiah yang ditawarkan pemain ujung-ujungnya membeli chip juga. 


"Untuk bermain harus ada chip, terlepas ada chip sedekah, pembelian chip ada disediakan pengembang di aplikasi nya. Jika beruntung chip bisa dijual kembali (tersedia tombol kirim) kepada penampung atau kepada sesama pengguna aplikasi tersebut," tambahnya. 


Atas dugaan indikasi perjudian pada aplikasi higgs Domino ini, Gusman meminta pihak pengembang untuk menghapus ataupun menghilangkan tombol kirim pada aplikasi higgs Domino ini. 


"Jika pihak pengembang menganggap aplikasi ini bukan bentuk perjudian sah-sah saja, tapi mau tidak mereka menghilangkan tombol kirim chip pada aplikasi tersebut. Karena faktanya di lapangan game ini sudah dijadikan ajang untung-untungan, jika menang bermain, chip bisa dikirim atau dijual, " tegasnya. 


DPC PJS Kota Batam, lanjut Gusmanedy, menantang pihak pengembang higgs Domino menghilangkan pitur tombol kirim pada aplikasi tersebut. 


"Tidak harus di blokir, saya yakin aplikasi ini pasti akan tutup dengan sendirinya, karena tidak akan ada lagi pemain yang berambisi mendapat keuntungan dari game ini," ujarnya. 


Sembari dengan hal ini, kami juga meminta kepolisian agar dengan tegas menindak penampung dan penjual chip higgs Domino ini. Masyarakat banyak terbuai dengan hadiah dalam game ini, mengadu nasib dengan alasan untung-untungan. 


"Kami berharap pihak kepolisian akan menindaklanjuti hal ini. Kami menilai game ini negatif, ada unsur perjudian didalamnya. Pengguna game ini banyak yang lupa diri, lupa waktu, terlebih menggerogoti kantung hingga berpotensi merusak ekonomi pribadi ataupun keluarga," tandasnya. 


Dari investigasi yang dilakukan awak media ini pada Jumat (17/3/22) di sekitaran Sagulung, tampak ada beberapa counter penjual dan penampung chip higgs Domino, yakni di Kawasan komplek SP Plaza, di pasar kaget Griya Batu Aji Asri, di seberang Kantor Polsek Sagulung, di Simpang Empat Kapling Baru dan di Dapur 12.


Tampak seluruh counter penjual dan penampung chip Higgs Domino ini juga menjual pulsa dan paket internet dan beberapa instrumen handphone lainnya. Salah satu perempuan paruh baya bersama temannya yang mengaku ibu rumah tangga, saat ditemui usai mengisi paket internet di salah satu counter yang dimaksud mengatakan bahwa dirinya kesal atas adanya game Higgs Domino. 


"Saya kesal Pak, semenjak game Higgs Domino ini ada, suami saya main Scatter terus sampai subuh, sering malas bangun pagi untuk pergi kerja, uang setoran belanja juga berkurang, sebelumnya kalau suami gajian, gajinya langsung diberikan, kalau sekarang sudah banyak alasannya, katanya gaji belum keluar, bahkan belakangan ini jadi malas pergi kerja," ungkapnya. 


Saking geramnya, perempuan yang mengaku hanya ibu rumah tangga ini turut mengajak awak media untuk ikut menyuarakan agar game Higgs Domino di blokir pemerintah. 


"Tulis berita lah Pak, sampaikan ke pemerintah aspirasi kami ibu-ibu rumah tangga ini agar game Higgs Domino ini di tutup. Game ini sudah berpengaruh buruk untuk rumah tangga kami dan juga mungkin untuk rumah tangga lainnya. Tolong lah Pak beritakan, agar Presiden Jokowi turun tangan," pintanya. 


Terpisah, untuk diketahui, penjual maupun pembeli alat peraga perjudian (termasuk chip higgs domino) yang terbukti mengambil keuntungan dari permain ini dapat disangkakan pasal 303 ayat 1 KUHPidana dengan ancaman penjara 10 tahun dan denda Rp 25 juta. 


Saat berita ini diterbitkan, awak media belum melakukan konfirmasi terhadap kepolisian setempat atas keberadaan counter penjual dan penampung chip Higgs Domino yang dimaksud. | PJS Batam

Advertisement

  • PJS Kota Batam Soroti Maraknya Penjualan Chip Game Online Higgs Domino di Kota Batam

Berita Lainnya

- Advertisement -

Ads x