Iklan

Gubernur Kepri Ansar Ahmad Hadiri Rapat Kerja APPSI 2022 di Bali

Selasa, Mei 10, 2022 WIB Last Updated 2022-05-10T07:08:00Z
Advertisement
Foto Istimewa. (Dok: DK)

Kepri, pelitatoday.com - Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad menghadiri rapat kerja (Raker) Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) 2022 yang berlangsung selama tiga hari yakni, 9-11 Mei 2022 di hotel Discovery Kartika Plaza, Bali. 


Acara rapat kerja APPSI tahun 2022 kali ini dibuka oleh Wakil Presiden RI K.H Ma'ruf Amin. Dihadiri oleh ketua APPSI Anies Baswedan  yang juga Gubernur DKI Jakarta. Hadir juga dalam kesempatan ini sejumlah Menteri kabinet Jokowi-Ma'ruf dan hampir seluruh Gubernur se Indonesia. 


Adapun tema yang dikedepankan dalam Raker kali ini adalah 'Peran Pemerintah Provinsi Untuk Kesinambungan  Pembangunan Daerah dan Nasional'. Diantaranya yang dibahas adalah terkait materi penetapan program kerja dan rekomendasi pemerintah pusat dalam menyelenggarakan pemerintahan. Terdapat beberapa regulasi perubahan terutama daerah, sehingga daerah mendapat tantangan baru atas perubahan regulasi tersebut. 


Dalam kesempatan ini, Presiden RI Joko Widodo dan Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin menyampaikan  ucapan terima kasih atas masukan berbagai usulan dari daerah yang  diakomodir dalam setiap pertemuan. Sinkronisasi antara pemerintah pusat dan daerah harus diperkuat sesuai konsep otonomi daerah dalam mendukung rencana strategis nasional. 


Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad yang hadir dalam acara tersebut mengatakan jika dalam sambutannya Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin menekankan pada pembangunan berkelanjutan agar dapat memakmurkan daerah  pada generasi  masa depan. Daerah harus diberi kewenangan dalam otonomi daerah dalam membangun kebijakan di daerah dengan menyesuaikan aspirasi rakyat. 


"Penekanannya jelas,  Pemerintah harus dapat berkolaborasi dengan pihak-pihak swasta dalam membangun. Kemudian melakukan berbagai inovasi, serta anggaran harus fokus pada hasil," terang Gubernur Ansar. 


Tidak hanya pembangunan, hal yang lebih penting Pemerintah juga  menekankan pada program pemulihan ekonomi pasca pandemi dengan melaksanakan APBD secara tepat dan cepat agar terserap. 


"Semuanya dibahas, termasuk juga seruan bangga dengan produk-produk dalam negeri sebagai upaya  menghidupkan produksi lokal agar berkembang. Kemudian juga mendukung berpihaknya pada pelaku UMKM melalui kredit perpajakan dan teknologi digital. Pemprov juga diminta untuk melakukan reformasi  birokrasi secara transparan, dan penyelenggaraan mall pelayanan publik dalam mendukung penguatan penyelenggaraan pemerintah daerah," pungkas Gubernur. 


Mendampingi Gubernur Kepri dalam acara ini Kepala Dinas Kominfo Kepri Hasan, S.Sos. (R03/DK)

Advertisement

  • Gubernur Kepri Ansar Ahmad Hadiri Rapat Kerja APPSI 2022 di Bali

Berita Lainnya

- Advertisement -

Ads x