• Ikuti!

    - Advertisement -

    - Advertisement -

    Mencerahkan Informasi Anda

    Iklan

    - Advertisement -

    Perdana se- Indonesia Pemkab Karimun Adakan Pelatihan ASN BerAKHLAK Bersama ESQ

    Minggu, 24 April WIB Last Updated 2022-04-24T11:13:24Z

     

    Foto Istimewa. (Dok: Dedy Haryadi)

    Karimun, pelitatoday.com - Pemerintah Kabupaten Karimun melaunching sekaligus mengadakan pelatihan internalisasi Core Values ASN BerAKHLAK (Berorientasi pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif) dan Employer Branding Bangga Melayani Bangsa di lingkupnya.


    Kegiatan yang bertemakan “ASN BerAKHLAK, Karimun Bangkit, Bangga Melayani Bangsa dan Berkarya” itu digelar secara offline di Gedung Nilam Sari dan online melalui Channel Youtube Pemkab Karimun dan Zoom Meeting. Pelatihan tersebut tercatat sebagai pelatihan perdana ASN BerAKHLAK diantara Kabupaten se-Indonesia.


    “Terimakasih kepada Pak Suhajar Sekjen Kemendagri dan rombongan yang sebenarnya beliau ini hadir ke sini merupakan  pulang kampung. Beliau juga membawa oleh-oleh yang sangat besar yaitu launching dan internalisasi Core Values ASN BerAKHLAK serta Employer Branding Bangga Melayani Bangsa,” ujar Bupati Kabupaten Karimun, Aunur Rafiq dalam sambutannya, Sabtu (23/4/2022)


    Pria yang merupakan salah satu alumni ESQ itu menambahkan bahwa melaunching dengan melakukan pelatihan perdana untuk seluruh kabupaten dan kota Se-Indonesia ini merupakan suatu hal yang patut disyukuri dan dibanggakan.


    "Sebagaimana yang dikatakan Presiden Jokowi saat peluncuran tersebut untuk menyeragamkan nilai-nilai dasar bagi seluruh ASN di Indonesia terutama di Pemkab Karimun. Sehingga menjadi pondasi budaya kerja ASN yang profesional," kata Aunur.


    “Kemudian, nanti Pak Ary Ginanjar akan menyampaikan tiga hal lebih detail terkait menjelaskan bagaimana caranya menjadi ASN yang happy, healthy dan wealthy. Untuk meraih tiga hal tersebut ESQ mengajarkan dengan tiga macam kebahagiaan yaitu Happiness physical, emotional dan spiritual,” sambungnya.


    Selanjutnya, Sekjen Kemendagri dalam sambutan dan paparannya menyampaikan ucap syukur dapat ke Karimun untuk melaunching ASN BerAKHLAK.


    "Sesuai arahan Presiden Jokowi bahwa sebaiknya seluruh ASN menggunakan nilai-nilai dasar yang sama sebagai budaya kerja," ujarnya.


    Dalam presentasinya, Suhajar juga membagikan kalimat dari Mark Turner dan David Hulme (1997) yang mengatakan bahwa negara yang mengalami pertumbuhan yang pesat dan sustainable seperti Korea Selatan, Taiwan, Singapura, Thailand dan Malaysia memiliki organisasi sektor publik yang efektif.


    “Artinya, mereka mentrasnformasi organisasi pemerintahnya menjadi organisasi yang berorientasi pelayanan. Kita juga harus bisa demikian,” ucapnya.


    Founder ESQ Ary Ginanjar memberikan responnya dengan  mengatakan bahwa yang disampaikan Sekjen Kemendagri tersebut adalah sebuah transformasi, perubahan era, perubahan jaman dari 1.0 hingga 4.0 dan sebentar lagi adalah era 5.0.


    "Untuk menghadapi segala bentuk perubahan kita lihat 100 tahun ke belakang, Arie de Geus meriset tentang negara negara yang mampu bertahan 100 tahun. Tidak lain karena harus memiliki core values dan core purpose, yaitu menjaga nilai nilai berAKHLAK  dan tujuan sejati yaitu bangga melayani Bangsa," imbuh Ary.


    “Tadi Pak Sekjen mengatakan soal Singapura dan negara lainnya yang bisa maju, masa kita tidak? Dan tadi Pak Sekjen menjelaskan pidatonya soal transformasi. Dan adanya peluncuran ini untuk melahirkan kebangkitan jilid 2 bangsa Indonesia asalkan program ini berhasil,” lanjutnya di hadapan insan ASN yang rata-rata adalah alumni ESQ itu.


    Ary juga mengajak insan ASN Karimun beserta istri atau suami serta anaknya untuk mengikuti pelatihan ESQ secara gratis di Jakarta. Namun, ajakan ini berlaku bagi yang belum sama sekali mengikuti training ESQ.


    Diketahui, kegiatan tersebut dihadiri secara langsung oleh Bupati Karimun Aunur Rafiq, Sekjen Kemendagri Suhajar Diantoro, Asisten Sekda Kab. Karimun Junaedi, Founder ESQ Group Ary Ginanjar Agustian, para Pejabat/Kepala OPD Kabupaten Karimun, serta peserta Diklat ASN BerAKHLAK yang serentak mengenakan pakaian Batik Nasional. Hadir juga salah satu trainer ESQ yaitu Iman G. Herdimansyah memandu training kepada insan ASN di Karimun.


    Di sela-sela acara diadakan Penandatanganan Komitmen “ASN BerAKHLAK, Karimun Bangkit, Bangga Melayani Bangsa dan Berkarya” oleh Pejabat/Kepala OPD Kabupaten Karimun. 


    Kegiatan ini menjadi bukti bagaimana Kemendagri cepat tanggap menindaklanjuti himbauan Presiden Jokowi. Surat edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi serta surat edaran Menteri Dalam Negeri diterbitkan dalam upaya menyegerakan implementasi Core Values BerAKHLAK dan Employer Branding Bangga Melayani Bangsa ke seluruh ASN di Indonesia.


    Antusiasme yang besar dari Kemendagri setelah peluncuran Core Values ASN BerAKHLAK dan Employer Branding Bangga Melayani Bangsa di Provinsi Gorontalo dan Provinsi Kalimantan Tengah, kini menyebar ke Pemerintah Kabupatennya yakni Kediri dan Karimun, bahkan menjadi pionir terlaksana pelatihannya. (Dedy Haryadi)

    Komentar
    Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
    • Perdana se- Indonesia Pemkab Karimun Adakan Pelatihan ASN BerAKHLAK Bersama ESQ

    Berita Lainnya

    - Advertisement -

    Ads x