Iklan

Pengamat: Kembalinya Rhoma Irama ke Golkar, Buktikan Airlangga Sebagai Pemimpin Pemersatu

Selasa, April 26, 2022 WIB Last Updated 2022-04-26T07:05:08Z
Advertisement

 

Foto Istimewa. (Dok: Dedy Haryadi)

Jakarta, pelitatoday.com - Bulan Ramadhan 1443 H menjadi berkah bagi Partai Golkar. Salah satu keberkahan besarnya adalah kembali bergabungnya Rhoma Irama ke Partai Golkar, seorang pedangdut legendaris yang hingga kini menjadi idola.


“Ini menandai prestasi Airlangga Hartarto sebagai pemimpin pemersatu,” ujar Pengamat Politik Robi Nurhadi kepada media, Selasa (26/4)


Tidak mudah bagi seorang tokoh publik, untuk masuk partai atau kembali ke partai. Selama Airlangga Hartarto, beberapa tokoh publik yang berpotensi sebagai pendulang suara yang besar, kembali ke Golkar. "Sebelum Rhoma Irama, ada Yuddy Chrisnandi yang pernah menjadi Menpan RB dan Dubes RI untuk Ukraina. Belum lagi tokoh-tokoh lainnya di daerah-daerah se-Indonesia,“ ujar Robi yang merupakan dosen Magister Ilmu Politik Universitas Nasional Jakarta. 


Robi menjelaskan bahwa fenomena "Turn Back To Golkar" ini bisa mendekatkan profil kepemimpinan Airlangga Hartarto dengan Akbar Tandjung yang mampu mempertahankan Golkar di tengah tekanan politik yang hampir meruntuhkan Golkar pada awal Reformasi dulu. Motto "Bersatu untuk Maju" begitu populer di masa Pak Akbar. 


“Kalau kembalinya Rhoma Irama diikuti oleh tokoh-tokoh lainnya maka era kepemimpinan AH bisa dikenal dengan " Turn Back To Golkar Era" dengan makna dua, yaitu kembalinya tokoh-tokoh politik yang matang, dan kembalinya Golkar sebagai pemenang pemilu”, ujar Robi yang merupakan Kepala Pusat Penelitian Pascasarjana Universitas Nasional. Robi menilai potensi Kembali ke Golkar tersebut besar sebab publik sudah bisa menilai kapasitas partai-partai yang ada sekarang, baik partai pemenang utama, partai papan tengah, maupun profil partai oposisi.       


 “Senior kita, Kiai Haji Rhoma Irama, adalah kader Golkar. Sempat hijrah ke sana ke mari sebelum akhirnya kembali ke Partai Golkar," kata Airlangga saat memberikan sambutan pada Buka Puasa Bersama PPK Kosgoro 57, Senin (25/4/2022). (Dedy Haryadi)

Advertisement

  • Pengamat: Kembalinya Rhoma Irama ke Golkar, Buktikan Airlangga Sebagai Pemimpin Pemersatu

Berita Lainnya

- Advertisement -

Ads x