Iklan

Saksikan Simulasi Persiapan Pengamanan Event IATC dan WSBK, Menhub : Satu Kata, Luar Biasa !

Jumat, November 12, 2021 WIB Last Updated 2021-11-12T03:34:35Z
Advertisement
Foto Istimewa (Dok: Dispenad)

JAKARTA - Sebuah bom meledak di eks Airport Selaparang menyambut kedatangan Menteri Perhubungan RI, simulasi pengamanan event Idemitsu Asia Tàlent Cup (IATC)dan World Superbike (WSBK), yang digelar Polda NTB, Korem162/wira Bhakti dan Pemerintah Daerah Nusa Tenggara Barat ( NTB) di eks Bandar Udara (Bandara) Selaparang.


Dalam keterangan tertulis Penerangan Korem 162/WB, Kamis (11/11/2021), kejadian tersebut hanya simulasi yang disaksikan langsung Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi, Dirjen Perhubungan Darat Budi Setyadi, dan Kakorpolairud Baharkam Polri Irjen. Pol. Drs. Verianto I. Bitticaca, M. Hum, serta Danrem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani.


Beberapa pergelaran atraksi digelar oleh tim simulasi pengamanan IATC dan WSBK, antara lain penyelamatan sandera saat bus antar jemput pengunjung ke Sirkuit Mandalika dibajak, disuguhkan pula simulasi penanganan aksi demonstrasi sekelompok massa  yang mendatangi Kantor PT. ITDC, karena tersulut provokasi pihak tidak bertanggung jawab.


Menteri Perhubungan Republik Indonesia (RI), Budi Karya Sumadi mengungkapan apresiasi tinggi terhadap kesiapan Provinsi NTB. Khususnya dalam persiapan pengamanan penyelenggaraan ldemitsu Asia Talent Cup dan World Superbike di Mandalika Internasional Street Circuit. Dimana dalam simulasi ini ditampilkan kepiawaian tim gabungan dalam mengawal, mengurai, dan membubarkan massa.


“Satu kata, luar biasa,” ucapnya.


Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi

menyampaikan, kekompakan TNI-Polri dan Pemda, yang mengerahkan lebih dari 3000 personel dan berbagai kendaraan untuk mengantisipasi kegiatan-kegiatan yang kemungkinan adanya teror ataupun bencana yang akan terjadi.


Pihaknya berjanji akan melakukan backup penuh, mengingat Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika sebagai WSBK pada tanggal 19 November 2021.


“Saya sebagai Menteri Perhubungan akan melihat bagaimana persiapan-persiapan dukungan dari Pemerintah Pusat, untuk kegiatan yang akan dilaksanakan di Mandalika sebagai tujuan wisata strategis nasional,” katanya.


Sementara Kapolda NTB Irjen Pol. Mohammad Iqbal, S,IK/. M.H. mewakili Pemda NTB, menyampaikan terima Kasih atas kehadiran Menteri Perhubungan RI dalam rekayasa simulasi pengamanan IATC dan WSBK.


“Terimakasih banyak atas kehadiran Bapak Menteri Perhubungan, yang hari ini khusus untuk memberikan dukungan  yang sangat luat biasa bagi kita, untuk melaksanakan seluruh proses manajemen. Pengamanan, pelayanan, dan hal-hal yang harus kita dedikasikan untuk perhelatan event Akbar (IATC dan WSB) ini, “ kata Kapoda NTB.


Dalam kesempatan tersebut, Perwira Tinggi (Pati) Polri bintang dua itu membeberkan beberapa persiapan yang telah dilakukan, mulai tahapan Focus Group Discution (FGD) dan rapat rapat menggali data kuantitatif dan kualitatif, hingga tactical floor game (latihan taktik dan strategi menganisipasi permasalahan terburuk) dan hari ini simulasi pengamanan.


Kapolda NTB, Muhammad Iqbal juga menuturkan bahwa jumlah personel gabungan TNI-Polri dan instansi terkait lainnya, yang akan terlibat dalam pengamanan even IATC dan WABK di Sirkuit Mandalika sebanyak minimal 3000 personel.


Di dalam pengaturan manajemen lalu lintas berupa sistem transportasi bagi penonton dari bandara dan pelabuhan yang akan ke Sirkuit. Terdapat 5 pintu masuk di Pulau Lombok yang telah ditempatkan armada bus untuk penonton secara gratis, yaitu Bandara BIL, Pelabuhan Kayangan, Pelabuhan Bangsal, Pelabuhan Lembar, dan Terminal bus Mataram.


Setiap penumpang yang akan naik bus akan dicek suhu tubuh, memakai masker, verifikasi vaksin melalui scan barcode aplikasi peduli lindungi sebelum menaiki bus.


Kemudian penonton menuju parkiran barat Masjid Nurul Bilad dan parkiran Timur Pantai Tanjung Aan untuk dicek kembali dengan swab antigen. Bila negatif akan dilaksanakan penukaran tiket sesuai warna gelang untuk pembagian jalur masuk penonton. (Dispenad)

Advertisement

  • Saksikan Simulasi Persiapan Pengamanan Event IATC dan WSBK, Menhub : Satu Kata, Luar Biasa !

Berita Lainnya

- Advertisement -

Ads x