Iklan

Gebyar Vaksinasi Covid-19 di Gilimanuk Kabupaten Jembrana, Sasar 6000 Masyarakat Umum

Rabu, April 07, 2021 WIB Last Updated 2021-04-07T03:15:32Z
Advertisement
Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana (masker hitam), Bupati Jembrana, I Nengah Tamba (kemeja hitam) dan Wakil Bupati Jembrana, I Gede Ngurah Patriana Krisna( batik Ungu),  Saat melakukan Koordinasi pada Acara Gebyar Vaksin di Gilimanuk, Selasa (6/4/21).


Bali, pelitatoday.com -
Jajaran Satgas  Covid-19 Kabupaten Jembrana, Provinsi Bali mulai menargetkan masyarakat umum sebagai target sasaran penerima vaksinasi  Covid-19. Melalui Program Gebyar vaksinasi, Bupati Jembrana, I Nengah Tamba, menargetkan setidaknya 6000 masyarakat umum di kelurahan Gilimanuk Kecamatan Melaya Jembrana  dapat menerima vaksin. 


Dihadiri Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, Wabup I Gede Ngurah Patriana Krisna serta jajaran forkopimda lainnya yang turut memantau Gebyar Vaksinasi yang dilaksanakan selama dua hari ( 6-7 April 2021), melibatkan 250 vaksinator.


Masyarakat yang diundang dari enam lingkungan di Gilimanuk , dimana tempat pelaksanaan vaksinasi dipusatkan di masing - masing Balai Lingkungan. 


Kelurahan Gilimanuk dipilih sebagai lokasi pertama gebyar mengingatnya vitalnya kelurahan ini sebagai pintu masuk Bali  lewat jalur darat. 


“Kenapa kita awali gebyar vaksinasi masyarakat umum di  kelurahan Gilimanuk, mengingat daerah ini  sebagai pintu masuknya Bali. Jadi  Gilimanuk ini yang kita fokuskan menyusul daerah lainnya, " jelas Tamba.


Dalam data jumlah penduduk, di Gilimanuk tergolong salah satu yang terpadat di Kabupaten Jembrana dengan jumlah total penduduk 8022 jiwa . 


Untuk jumlah penduduk usia produktif sebanyak 6730 jiwa, sedangkan penduduk usia diatas 60 tahun sebanyak 1292 jiwa. 


“Hari pertama ini  kita targetkan  3000 sasaran dari 6 titik vaksinasi, bisa  diselesaikan. kalaupun antusias masyarakat yang hadir melebihi dari 3000 dapat kita akomodir, mengingat stok vaksin yang disediakan cukup,” paparnya.


Kedepannya sasaran vaksinasi difokuskan pada kantong – kantong padat penduduk, Seperti pasar yang interaksinya padat.


“Paling tidak, total penerima vaksin mencapai 50 persen dari keseluruhan Penduduk di Jembrana, saati ini yang terpenting fokus pada titik-titik padat penduduk," ujar Tamba. 


Kepala Dinas Kesehatan Jembrana, dr. I Gusti Bagus Ketut Oka Parwata mengatakan, gebyar vaksinasi covid-19 di Kelurahan Gilimanuk ini melibatkan 250 vaksinator yang terbagi di 6 titik, selama dua hari pelaksanaan. 


"Kita akan lakukan evaluasi dari pelaksanaan hari pertama ini. Sehingga bisa mencapai target yg diinginkan sebanyak 70 persen penduduk Gilimanuk bisa divaksinasi pada  tahap satu,” jelasnya.


Sementara, Wakil Gubernur Bali Tjok Ace, menilai sudah berjalan dengan baik. 

“Saya lihat pelaksanan vaksinasi di Jembrana sudah baik, pada masing-masing titik vaksinasi sudah didampingi langsung oleh 1 OPD sehingga dapat diawasi betul pelaksanaan,” ucapnya.


Baca Juga :


Ia berharap Bali akan mendapat 3 juta vaksin hingga bulan Juni 2021. Jumlah itu juga sesuai dengan permintaan Gubernur Bali. 


Namun hingga April  ini, setidaknya jika   diberikan 600 ribu vial vaksin, jumlah itu dinilainya sudah cukup bagus. Jumlah itu untuk memenuhi kebutuhan vaksin di 9 kabupaten/kota di Bali .  


“Kita targetkan bulan juli ini Bali sudah dibuka untuk pariwisata mancanegara. Namun hal itu, sangat tergantung dari kondisi internal kita disini. Artinya jangan sampai terjadi lonjakan kasus kembali .  Kemudian tergantung kondisi negara – negara bersangkutan," terangnya.


Penulis: Dedy Haryadi/Pang

Advertisement

  • Gebyar Vaksinasi Covid-19 di Gilimanuk Kabupaten Jembrana, Sasar 6000 Masyarakat Umum

Berita Lainnya

- Advertisement -

Ads x