Iklan

Menteri Agama Minta di Acara Kemenag Diisi Doa dari Semua Agama

Senin, April 05, 2021 WIB Last Updated 2021-04-05T13:02:26Z
Advertisement
Yaqut Cholil Qoumas (Dok: Independensi)


Jakarta -
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan intruksi kepada jajarannya di Kementerian Agama turut memberikan kesempatan doa versi agama selain Islam dibacakan dalam setiap kegiatan mereka.

Yaqut menyampaikan hal tersebut ketika memberi kata sambutan dalam pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kemenag, Senin (5/4/2021). 


Mulanya, saat pembukaan acara Rakernas tersebut ada pembacaan ayat suci Alquran serta pembacaan doa, namun hanya dengan cara agama Islam.


"Pagi hari ini saya senang Rakernas dimulai dengan pembacaan ayat suci Alquran. Ini memberikan pencerahan sekaligus penyegaran untuk kita semua, tapi akan lebih indah lagi jika doanya semua agama diberikan kesempatan untuk memulai doa," ujar Yaqut.


Menurut Yaqut, pembacaan doa dengan cara agama Islam seakan Rakernas Kemenag seperti acara ormas keagamaan Islam. Padahal, menurut dia, kementerian yang ia pimpin melayani seluruh agama di Indonesia, bukan hanya agama Islam.


"Jadi jangan kesannya kita sedang rapat ormas Islam Kemenag, tidak. Kita ini sedang Rakernas Kemenag yang di dalamnya bukan hanya urusan agama Islam saja," jelas Yaqut.


"Mungkin lain waktu bisa lah, itu kan lebih enak dilihat, semua agama yang jadi urusan di Kemenag sama-sama menyampaikan doanya. Semakin banyak yang doa, probabilita untuk dikabulkan itu semakin tinggi," kata dia menambahkan.



Menurut dia, hal tersebut merupakan otokritik darinya untuk seluruh jajaran di Kemenag. Yaqut menegaskan, Kemenag harus memberikan contoh moderasi beragama bagi seluruh masyarakat Indonesia.


"Jangan sampai muncul paradoks, kita ingin melayani semua agama, tapi dalam perilaku kita tidak mencerminkan itu," tuturnya. ***


Sumber : CNNIndonesia.com

Advertisement

  • Menteri Agama Minta di Acara Kemenag Diisi Doa dari Semua Agama

Berita Lainnya

- Advertisement -

Ads x