Iklan

- Advertisement -

- Advertisement -

Kadis Kesehatan Kota Tangerang Tinjau Pelaksanaan Vaksinasi Para Lansia

Kamis, 11 Maret WIB Last Updated 2021-03-11T12:47:25Z
Foto Istimewa (Dok : Guntur)


Pelitatoday.com, Kota Tangerang -
Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang, Dr Lisa Puspadewi, melakukan kunjungan di Puskesmas Neglasari Kota Tangerang untuk meninjau kegiatan Vaksinasi. 


Dimana, kegiatan Vaksinasi tersebut nantinya akan digelar di 36 Puskesmas di Kota Tangerang, khusus untuk para lansia (Lanjut Usia). Rabu (10/03/2021).


"Pemberian Vaksinasi di Puskesmas mempunyai mekanisme tersendiri. Dimana, para Lansia disertai aplikasi dari RT/RW yang menolong untuk mendata dan mengisi data. Setelah itu, Puskesmas yang memberikan jadwal Vaksinasi," kata Dr Lisa, setelah bertemu dengan para Lansia yang mendapatkan vaksin di Puskesmas Neglasari yang digelar di Gor Mekarsari, Kecamatan Neglasari.


Sementara, untuk target vaksinasi kepada Lansia sesuai data dari Disdukcapil Kota Tangerang, jumlahnya sebanyak 100.000 jiwa.


"Di termin 1 sekarang ini akan diberikan kepada 21.800 penerima vaksin, 20 % dari jumlah data Lansia di Kota Tangerang. Jika ada penambahan data Lansia, maka setiap Puskesmas harus terlebih dahulu memasukkan data sesuai sasaran," ujar Dr Lisa Puspadewi.


Lanjut Dr Lisa Puspadewi, untuk Vaksinasi tahap ke - 2 tetap berjalan. Namun, untuk kali ini diutamakan bagi tenaga kesehatan, pelayan public/tokoh agama dan para Lansia.


"Untuk tahap pertama, sebelumnya sudah digelar di seluruh Kota Tangerang," Dr Lisa Puspadewi.


Dijelaskan Lisa, pemberian Vaksinasi bagi Lansia juga dilakukan dengan berhati - hati. Harus melewati Screening, di cek kestabilan staminanya agar bisa mengikuti Vaksinasi dengan kondisi yang Prima bagi Lansia.


"Kami buka vaksinasi ini di tempat terbuka dengan pelayanan alat medis yang lengkap, guna mengetahui kondisi para Lansia. Dimana, para Lansia akan diberikan Vaksin Sinovac. Sementara, untuk Lansia yang tidak diperbolehkan, yaitu mereka yang memiliki penyakit dalam dan ada keluhan," ujar Dr Lisa.


Sementara itu, Kepala Puskesmas Neglasari, Dr Joko Santoso menjelaskan, pihaknya dalam melakukan vaksinasi terhadap Lansia berkerjasama dengan perangkat RT/RW.


Diperkirakan, pihaknya akan melakukan Vaksinasi tersebut selama 6 hari kedepan yang digelar di GOR Mekarsari, SDN Taman Sukarya dan SMU 6 wilayah Neglasari, dan sasarannya sebanyak 840 Lansia.


"Sasarannya ada 840 Lansia, dan untuk pemberian vaksin di Kecamatan Neglasari, kami bekerjasama dengan RT/RW dan para Kader Puskesmas, Kelurahan dan Kecamatan. Merekalah yang memegang peranan penting agar Lansia dapat mengikuti Vaksinasi ini," kata Dr Joko Santoso. (Guntur)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kadis Kesehatan Kota Tangerang Tinjau Pelaksanaan Vaksinasi Para Lansia

Berita Lainnya

- Advertisement -

Ads x