Iklan

Jalan Utama Desa di Humbahas Rusak Parah, dan Belanja Ternak Sapi 100 Ekor Rp 2.5 Milyar

Jumat, Maret 26, 2021 WIB Last Updated 2021-03-26T13:43:23Z
Advertisement
Penampakan jalan utama di Desa Lumban Sialaman, Kecamatan Paranginan (Dok: Demak S)


Humbahas, pelitatoday.com -
Kondisi jalan utama di Desa Lumban Sialaman, Kecamatan Paranginan, yang rusak parah terkesan minim perhatian dari Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan.


Dimana, masyarakat Desa Lumban Sialaman setiap kali mengikuti Musrembang di kantor Desa, masyarakat dari setiap dusun dan kelompok tani selalu serentak untuk mengutamakan usulannya tentang perbaikan atau pengaspalan hotmix jalan utama atau jalan poros di Desa tersebut.


Kepala Desa Lumban Sialaman, Betman Siburian mengaku, pihaknya sudah berulang kali mengajukan perbaikan jalan tersebut disetiap acara Musrembang. Namun, hingga saat ini, belum kunjung terealisasi.


"Tiap tahun, jalan ini selalu kami usulkan, tapi sampai sekarang belum terealisasi," kata Betman kepada pelitatoday.com, Jumat (26/03/2021).



Menimnya perhatian Pemerintah Pemkab Humbang Hasundutan terlihat dari penelusuran redaksi media ini. Dimana, untuk tahun 2021, Pemkab Humbahas hanya menganggarkan perbaikan jalan di Desa Lumban Sialaman dengan pagu anggaran sebesar Rp. 50.000.000,- (lima puluh juta rupiah).


Penampakan jalan utama di Desa Lumban Sialaman, Kecamatan Paranginan (Dok: Demak S)


Menanggapi hal tersebut, awak media pelitatoday.com mencoba meminta tanggapan dari anggota DPRD Humbahas, Kepler Torang Sianturi, SP.MM. Dalam penjelasannya, Kepler menerangkan akan kondisi anggaran di Pemkab Humbahas.


"Dalam setiap Musrembang, selalu diusulkan ke semua tingkatan, dan kami juga sebagai wakil rakyat juga mengusulkan jalan itu, akan tetapi anggaran dana APBD terbatas untuk ini, berhubung daerah lain juga seperti papatar masih tertinggal. Akhirnya, iya baru segitu dulu untuk tahun ini," balas Kepler melalui aplikasi WhatsAppnya kepada awak media ini.


Penampakan jalan utama di Desa Lumban Sialaman, Kecamatan Parangianan (Dok: Demak S)


Lanjut Kepler Torang, anggota DPRD Humbahas dari partai PDI Perjuangan ini, meminta supaya masyarakat Desa Lumban Sialaman bersabar.



"Kita bersabar aja, mudah mudahan untuk tahun depan bisa berlanjut, dan menurut saya Desa Lumban Sialaman itu belum termasuk Desa tertinggal di banding dengan daerah lain," tutupnya.


Dalam anggaran belanja Pemkab Humbang Hasundutan Tahun 2021, Menganggarkan 2.5 Milyar untuk Pengadaan Ternak Sapi sebanyak 100 ekor. Sedangkan untuk pembangunan Rumah Dinas Ketua DPRD Humbahas dan Wakil Ketua DPRD Humbahas, Pemkab Humbahas menganggarkan Dana untuk Tahun 2021 Sebesar 3.9 Milyar. (Demak.S)


Editor : Pineop Siburian

Advertisement

  • Jalan Utama Desa di Humbahas Rusak Parah, dan Belanja Ternak Sapi 100 Ekor Rp 2.5 Milyar

Berita Lainnya

- Advertisement -

Ads x