Iklan

Ditetapkan Jadi Tersangka, Edhy Prabowo; Saya Minta Maaf, Ini Kecelakaan

Kamis, November 26, 2020 WIB Last Updated 2020-12-01T05:46:20Z
Advertisement

 

Menteri Kelautan dan Perikanan 2019-2024 Edhy Prabowo ditetapkan jadi tersangka

Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan tujuh orang tersangka dugaan penerimaan hadiah atau janji terkait perizinan tambak, usaha dan atau pengelolaan perikanan atau komoditas perairan sejenis lainnya tahun 2020.


"KPK menetapkan tujuh orang tersangka," kata Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango dalam konferensi pers, Rabu (25/11) malam.


Tujuh tersangka tersebut adalah Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo, staf khusus Menteri Kelautan dan Perikanan Safri, pengurus PT Aero Citra Kargo (ACK) Siswadi, staf istri Menteri Kelautan dan Perikanan Ainul Faqih, Direktur PT Duta Putra Perkasa (DPP) Suharjito, Andreau Pribadi Misata (staf khusus menteri yang juga Ketua Pelaksana Tim Uji Tuntas, dan Amiril Mukminin.


Edhy diduga menerima uang senilai Rp 3,4 miliar dan 100.000 dollar AS terkait izin ekspor lobster. Uang itu diperoleh Edhy dari pihak PT Aero Citra Kargo.


Perusahaan itu diduga menerima uang dari beberapa perusahaan eksportir benih lobster, karena ekspor hanya dapat dilakukan melalui PT Aero Citra Kargo.


Sementara itu, Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo meminta maaf kepada masyarakat karena terjerat kasus dugaan korupsi terkait izin ekspor benih lobster. Edhy menyebut kasus yang menjeratnya itu sebagai sebuah kecelakaan.


"Saya juga mohon maaf kepada seluruh masyarakat, seolah-olah saya pencitraan di depan umum, itu tidak, itu semangat. Ini adalah kecelakaan yang terjadi," kata Edhy kepada wartawan, di Gedung Merah Putih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kamis (26/11/2020).


Edhy menyatakan dirinya akan bertanggung jawab atas kasus yang menjeratnya.


"Saya bertanggung jawab terhadap ini semua, saya tidak lari dan saya akan beberkan apa yang saya lakukan," ujar Edhy. (***)

Advertisement

  • Ditetapkan Jadi Tersangka, Edhy Prabowo; Saya Minta Maaf, Ini Kecelakaan

Berita Lainnya

- Advertisement -

Ads x