Iklan

Mengenal Sosok Jefridin Hamid, Berawal dari Seorang Guru Nyambi Tukang Ojek

Jumat, Juni 07, 2024 WIB Last Updated 2024-06-07T05:10:11Z
Advertisement
Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin Hamid.

H Jefridin Hamid M.Pd sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Kota Batam. Orangnya ramah Low Profile dan santun dalam berbicara membuat dirinya disegani dan jadi panutan bagi bawahannya. Meskipun memiliki banyak prestasi dan kelebihan, namun seorang Jefridin tetap rendah hati.


Pada awal tahun 2000-an. Dengan latar belakang pendidikan, Jefridin salah satu pegawai yang diandalkan. Kepiawaiannya dalam mengambil keputusan sangat bijaksana, menjadikan sosok yang dihormati di lingkungan pemerintahan maupun di masyarakat serta di organisasi.


H. Jefridin Hamid M.Pd kelahiran 25 Desember 1968 di Kabupaten Selatpanjang Provinsi Kepulauan Riau. Dari kecilnya, suka pramuka. Saat jadi guru SMK dan SMP ia nyambi jadi tukang ojek. Semula dunia tak mengenalnya. Namun dengan kegigihannya kini lelaki tersebut menjadi salah satu arus utama yang ikut menentukan arah pembangunan Batam.


Saat disambangi wartawan di ruangannya, Jefridin tetap bersahaja dan ramah menyambut kedatangan wartawan. Tak tampak sedikitpun kesombongan terlihat diraut wajahnya padahal ia sebagai pejabat yang di tangannya mampu menggerakkan roda birokrasi Kota Batam.


“Bagi saya, hidup ini mengalir bagai air. Kalau diamanahkan, saya siap. Kalau jadi saya kerjakan dengan baik, kalau tidak jadi tidak masalah sehingga saya tidak punya beban,’’ kata Jefridin. Rabu (05/06/2024).


Disaat menjabat sebagai Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Kadispenda) Kota Batam, berhasil meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) kota Batam, sehingga dengan keberhasilannya mendulang PAD di masanya, patut diperhitungkan untuk melanjutkan pembangunan Kota Batam yang berkelanjutan.


Perlu diketahui, perjalanan hidup Jefridin tidak selalu mulus. Ia memulai karirnya dari nol, sebagai seorang guru di SMKTA Kartini Batam pada tahun 1993-1998 dan di SMP Negeri I Batam, pada tahun 1998-2002.


Namun dedikasi dan kegigihannya mampu mengantarkan Jefridin ke berbagai posisi penting di Pemko Batam, termasuk Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Kadispenda) pada tahun 2011-2016.


Semangat Jefridin untuk melayani masyarakat tidak hanya berhenti di situ. Ia dikenal aktif dalam kegiatan Pramuka sejak usia muda dan bahkan telah menerima berbagai penghargaan nasional dalam bidang kepramukaan.


Hingga akhirnya dilantik sebagai Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Batam pada Sabtu, 27 Mei 2023.


Semasa mahasiswa, Jefridin juga dikenal sebagai aktivis tulen. Ia pernah menjadi Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Ketua Senat Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Islam Riau.


Kemudian, Ketua DPD KNPI Kota Batam, Karang Taruna Kota Batam serta organisasi kemasyarakatan lain termasuk Lembaga Adat Melayu Kota Batam.


Dari aktivis kampus inilah dan organisasi kepemudaan, Jefridin digembleng dan belajar kepemimpinan. Sehingga ia khatam anatomi perjuangan, berpikir kreatif, juga semangat pantang menyerah, yang kelak berguna dalam meniti kariernya di masa depan.


Hingga pada puncaknya, Jefridin berhasil menerima piagam penghargaan dengan kualifikasi Sangat Memuaskan (istimewa) dalam Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat I angkatan XLIX tahun 2021, yang dilaksanakan Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN RI).


Dari perjalanan hidupnya yang panjang dan matang di beragam “medan juang”, hingga akhirnya merambah beberapa posisi di Organisasi Perangkat Daerah Kota Batam, membuat Jefridin tampil dengan pribadi yang komplet.


Ini semua adalah bukti nyata bahwa dengan kerja cerdas, ikhlas, tuntas ditambah tekad kuat, dan pengabdian yang tulus, semua mimpi dapat diraih.


Patut dan wajar jika Jefridin menjadi inspirasi dan panutan bagi generasi muda untuk terus berkarya dan memberikan kontribusi terbaik bagi bangsa dan negara. *


Editor: PS
Artikel: Dikutip dari berbagai sumber.
Advertisement

  • Mengenal Sosok Jefridin Hamid, Berawal dari Seorang Guru Nyambi Tukang Ojek

Berita Lainnya

- Advertisement -

Ads x